Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Angkringan

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Angkringan

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Angkringan

Baik saat ingin membuka usaha angkringan, atau ketika ingin memperluas bisnis menjadi banyak cabang, faktor lokasi selalu jadi hal utama yang diperhatikan. Namun tentu tidak sekedar memilih tempat yang ramai untuk jadi tempat usaha angkringan. Banyak hal yang perlu dianalisis sebelum menentukan di mana lokasi yang strategis. 

Tidak sedikit yang mengira sudah membuka usaha angkringan di tempat yang tepat namun tidak mendapatkan pemasukan yang bagus. Maka dari itu, pemilik usaha angkringan harus mengerti faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis.

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis

Saat ingin mengembangkan bisnis, kamu pasti membutuhkan lokasi baru. Maka kamu perlu mempertimbangkan berbagai faktor agar nantinya tidak salah memilih lokasi dan bisnis tidka rugi. Simak apa saja faktor-faktor tersebut.

Dekat dengan Target Konsumen

Ada banyak jenis karakter konsumen dalam usaha angkringan. Banyak dari karakter konsumen tersebut yang menyesuaikan dengan identitas daerahnya. Contohnya daerah sekitar kampus akan dikelilingi oleh mahasiswa.

Begitu pula daerah wisata, pusat perbelanjaan, pasar, atau perkantoran, masing-masing memiliki karakter konsumen yang berbeda. Semakin banyak karakter konsumen yang berada disuatu daerah, biasanya bisa dilihat semakin padat daerah tersebut. Ini artinya, daya beli daerah tersebut juga besar.

Contohnya kamu menemukan jalanan yang berada di tengah antara wilayah perkantoran dan kampus, tentu omsetnya akan dua kali lipat lebih besar dari daerah yang hanya memiliki satu karakter konsumen. 

Pasar adalah tempat strategis yang paling populer untuk membuka usaha kuliner. Radius orang yang berjualan dari pasar bisa jauh hingga ke pemukiman warga. Kamu bisa memilih jalan menuju pasar dan dekat dengan pemukiman penduduk tersebut. 

Selain itu, jalan raya besar antar kota atau kabupaten juga punya potensi sebagai tempat strategis. Pasalnya banyak pengendara lewat dari berbagai arah, dan tidak jarang merupakan jalur pulang kantor pegawai dari kota satu ke kota lainnya. 

Ramai dengan Jenis Usaha Kuliner Lain

Salah satu cara yang sering dilakukan saat memilih lokasi strategis adalah dengan melihat daerah yang ramai usaha kulinernya. Contohnya saat menyusuri suatu jalan secara random, pemilik usaha menemukan jalanan yang banyak penjual makanan.

Saat melihat lokasi-lokasi yang ramai ini, perhatikan karakteristik konsumen di sekitarnya. Siapa yang sering berlalu lalang di daerah tersebut, apa yang dilakukan, berapa daya belinya. Sehingga pengusaha punya prediksi berapa harga yang dipasang, hingga omset yang akan didapatkan. 

Tidak jarang daerah yang terdapat banyak usaha kuliner malah bergantung pada konsumen yang membeli secara online. Maka dari itu, observasi lebih teliti karakteristik konsumen di daerah-daerah yang ramai penjual makanannya.

Jika  di daerah tersebut terdapat beberapa kompetitor, lakukanlah survei ke kompetitor tersebut. Meski kamu tidak perlu memilih tempat yang berdekatan dengan kompetitor. Namun dengan survei, kamu akan tahu dari mana datangnya pelanggan setia, apa motivasinya, terutama pelanggan yang datang dari jauh-jauh.

Sebab saat ini pemasaran digital memudahkan informasi mengenai tempat makan. Sehingga orang dari manapun bisa berkunjung. Dengan survei, kamu juga bisa mengetahui hal baru tentang kebutuhan konsumen yang bisa diterapkan di usahamu nanti.

Biaya Sewa yang Relatif Murah

Biaya sewa tempat adalah faktor yang membuat modal usaha angkringan bervariasi. Ini juga akan menjadi pengeluaran bulanan saat sudah menjalani usaha. Jangan sampai terbeban karena sewa tempat karena salah memilih lokasi. Jika sudah melihat potensi pembeli dan keramaian, pastikan kedua faktor tersebut selalu lebih besar dari biaya sewa. 

Modal usaha angkringan bervariasi mulai dari lima juta hingga sepuluh juta. Dengan rata-rata sewa tempat antara satu hingga dua juga. Gunakan rentang modal tersebut untuk mengukur apakah biaya sewa yang penjual tawarkan tinggi atau rendah. 

Tempatnya Bersih

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis berikutnya adalah kebersihan tempat. Kamu jangan menganggap enteng hal ini. Usaha angkringan dengan konsep tradisional akan mengandalkan karpet atau terpal sebagai alas untuk tempat makan para pengunjung. 

Selain itu, pembeli juga menghabiskan waktu lebih banyak di sana tidak hanya untuk makan namun juga bercengkrama. Hindari lokasi kotor seperti dekat dengan tempat sampah, kali, atau lubang-lubang yang akan tergenang saat hujan. 

Pilihlah lahan yang jelas kebersihannya, meskipun kamu memilih untuk berjualan di daerah pasar. Jangan terlalu dekat dengan pedagang sayur dan bahan mentah lain yang sering mengotori jalanan. Sebab kebersihan tidak hanya mempengaruhi kenyamanan pelanggan namun juga kualitas makanan yang dijual.

Aneka sate, nasi kucing, dan gorengan yang di sajikan terbuka akan mengundang banyak lalat jika tempat tesebut kotor. Jangan lupa tertib dalam membuang sampah-sampah sisa makanan pada tempatnya. Memperhatikan kebersihan juga berlaku untuk diterapkan oleh penjual angkringan ya.

Memiliki Lahan Parkir yang Luas

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang terakhir adalah tempat dengan parkiran yang luas. Faktor ini harus dipikirkan apalagi kamu mendapatkan tempat yang ramai dengan target pasar. Sudah pasti akan butuh lahan luas saat pengunjung sedang ramai. 

Parkiran sangat esensial untuk menampung pelanggan yang datang. Biasanya pembeli akan membawa motor dan menghabiskan waktu lama saat nongkrong. Akan merepotkan jika parkiran tidak bisa menampung pengunjung terutama di hari padat seperti sabtu dan minggu. 

Memilih lokasi usaha strategis juga perlu ilmu dan tidak bisa sembarang memilih. Pastikan tempat yang kamu pilih memenuhi kelima faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis di atas ya.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Angkringan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​