Home » Strategi-bisnis » Terapkan Kunci Sukses Bisnis Angkringan Ramai Pembeli

Terapkan Kunci Sukses Bisnis Angkringan Ramai Pembeli

Terapkan Kunci Sukses Bisnis Angkringan Ramai Pembeli

Pengusaha kuliner yang baru melirik peluang usaha angkringan ataupun pengusaha yang sudah membuka bisnis ini perlu tahu kunci sukses bisnis angkringan. Tentunya kunci inilah yang membuat satu angkringan lebih laris dari yang lainnya. 

Meski terdapat banyak konsep angkringan yang bisa membedakan usaha satu dan lainnya, namun pastikan usahamu menerapkan kunci ini.

Kunci Sukses Bisnis Angkringan

Lokasi Strategis

Suksesnya bisnis angkringan juga bergantung dengan faktor lokasi sebagaimana bisnis lainnya. Ini karena lokasi strategis bukan hanya sekedar ramai melainkan berada tepat di daerah target konsumennya. Saat mencari dan menentukan lokasi strategis perhatikan daya beli pembeli yang ada di daerah tersebut.

Seperti di daerah sekitar kampus dengan target konsumennya adalah mahasiswa, daya belinya tentu akan berbeda dengan jalan raya depan komplek. Meski usaha di sekitar kampus perlu memasang harga yang bersahabat dengan mahasiswa.

Namun akan jauh menguntungkan daripada di jalanan depan komplek yang hanya memiliki satu karakter pembeli potensial. Semakin bervariasi karakter pembeli potensialnya, semakin pula besar potensi daya belinya.  

Memasak Gorengan Langsung di Tempat

Kunci sukses bisnis angkringan ini jangan disepelekan. Pasalnya di cuaca malam yang dingin, menyantap makanan dan minuman hangat jauh lebih nikmat bagi pembeli. Terutama gorengan yang tidak garing ketika lama di udara, cita rasanya kan berkurang. 

Gorengan juga menu yang murah, pembeli tidak sulit mengeluarkan uangnya untuk menyantap lebih banyak gorengan hangat karena ketagihan. Itu sebabnya gorengan juga berkontribusi cukup banyak pada pemasukan angkringan.  

Penjual yang Interaktif

Mengingat banyak pembeli yang datang tidak sekedar untuk makan, melainkan juga bercengkrama. Ini menjadi kesempatan baik untuk membangun koneksi dengan pelanggan. 

Pastikan melakukan interaksi bukan sekedar untuk proses jual-beli. Bangun koneksi dengan komunikasi dengan topik di luar berjualan. Interaksi yang menyertakan humor atau story telling juga bisa mengambil hati pelanggan yang datang.

Kunci ini telah diterapkan banyak usaha angkringan di jogja. Bagi beberapa pembeli di sana, meskipun cita rasa suatu angkringan standar namun jika penjualnya interaktif maka mereka akan datang lagi. 

Tidak jarang pembeli menghabiskan waktu untuk mengobrol lebih lama dari pada makan. Sebab angkringan sendiri dipilih sebagai tempat makan sekaligus nongkrong pembeli.

Memberikan Pelayanan Refill Gratis

Refill selalu jadi strategi ampuh untuk membuat pelanggan terkesan dengan usaha kulinermu. Sediakan menu atau minuman yang bisa diminta secara gratis. Contohnya air mineral, atau teh bahkan sambal.

Selain sate, makanan yang jadi ciri khas angkringan adalah nasi kucing. Sambal sangatlah cocok untuk nasi dan lauk angkringan yang relatif manis. Memberi refill sambal tentu akan lebih menarik pelanggan. 

Sediakan Menu yang Beragam

Kunci sukses bisnis angkringan juga tergantung dari keberagaman menunya. Sediakan variasi nasi bungkus selain nasi kucing tempe dan ikan teri. Contohnya menyediakan nasi goreng sambal ijo atau nasi goreng sosis. 

Jangan lupa sate yang bervariasi, karena semakin banyak pilihan sate semakin banyak selera pelanggan yang terpenuhi.

Meski identik dengan nasi kucing berikut sate-satenya. Buatlah variasi lauk atau uborampe yang lengkap. Contohnya tempe mendoan, ayam bacem, lodeh, tumis-tumisan, urap dan lainnya.

Jangan lupa sediakan kerupuk dan gorengan dan sambal yang bervariasi. Jika angkringanmu menggunakan konsep modern, sesuaikan juga menu lauknya. 

Pasang Harga Sate Jangan Lebih dari Lima Ribu Rupiah

Menu sate tidak hanya cocok jadi lauk tapi juga jadi camilan. Bahkan sate yang dibeli untuk camilan saja bisa lebih banyak dari jumlah nasi. Karena itu jangan mengecewakan pelanggan dengan harga sate yang tidak terjangkau. 

Ingatlah bahwa angkringan juga terkenal dengan harganya yang miring, untuk itu harga variasi menu sate usahakan selalu dibawah lima ribu rupiah.

Parkiran Luas dan Gratis

Lahan parkir sangat krusial untuk menampung jumlah pelanggan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, angkringan adalah tempat nongkrong para pembeli. Kebanyakan pelanggan akan datang dengan motor.

Pada jam-jam padat, selain tempat duduk, lahan parkir pun akan penuh. Sehingga butuh lahan parkir motor yang luas. Sementara berikan pelayanan parkir gratis agar pelanggan semakin tertarik untuk datang kembali.

Manajemen Operasional yang Rapi

Kunci sukses terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah membuat manajemen operasional angkringan yang rapi atau tersistematis. Manajemen ini mencakup keuangan, pelayanan, sistem restock bahan, shift karyawan, dan teknis lain yang berhubungan dengan menjalani usaha setiap hari. 

Jika manajemen operasional berantakan, tidak hanya akan memberikan kerugian finansial namun juga mengganggu kesehatan para karyawan.

Dari kedelapan kunci tersebut, yang mana yang sudah dimiliki? Aplikasikan kunci-kunci yang belum ada di angkringanmu dan lihatlah perubahannya. Selain itu jangan lupa untuk selalu belajar mengembangkan usaha langsung dari kebutuhan pembeli di lapangan. Sebab karakteristik pelanggan berbeda-beda, dan kamu akan menemukan strategi baru membuat usahamu lebih ramai.

Jika kamu baru ingin memulai usaha angkringan, pastikan menerapkan kedelapan kunci sukses bisnis angkringan di atas. Perbanyak pula survei lapangan untuk membandingkan rahasia usaha angkringan lain untuk memikat pembeli. Terakhir, perhatikan tren kuliner saat ini juga membantu kamu membuat konsep bisnis angkringan yang up to date.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis angkringan kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Terapkan Kunci Sukses Bisnis Angkringan Ramai Pembeli

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​