Home » Strategi-bisnis » Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Baru Bisnis Boneka

Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Baru Bisnis Boneka

Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Baru Bisnis Boneka

Tidak hanya anak-anak, ternyata segmen pasar bisnis boneka lebih luas dari itu, loh. Banyak juga orang dewasa yang menyukai atau membutuhkan boneka. Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang sedang menggeluti usaha ini. Maka kamu perlu tahu faktor pemilihan lokasi yang penting untuk membuka cabang bisnis boneka kamu.

Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Bisnis Boneka

Untuk mencapai kesuksesan, pemilihan lokasi untuk toko boneka harus dipertimbangkan secara matang, agar mendapat lokasi dengan peluang pasar terbaik. Nah, berikut ini faktor yang penting untuk kamu identifikasi dan evaluasi dalam pemilihan lokasi baru untuk bisnis boneka:

Jenis Barang yang Dijual

Setiap bisnis ritel yang sukses pasti memiliki keunggulan kompetitifnya masing-masing. Entah itu dari jenis produk yang dijual, harga, keahlian promosi, dan sebagainya. Tapi, keunggulan tersebut tidak akan menonjol jika pemiliknya tidak tahu faktor memilih lokasi cabang bisnis boneka yang tepat.

Salah satu keunggulan bisnis boneka dalam industri bisnis ritel adalah jenis barang yang dijual merupakan barang khusus. Maksudnya, boneka merupakan barang yang khusus untuk memenuhi kebutuhan yang lebih unik daripada barang umum, seperti sembako untuk keperluan sehari-hari.

Konsumen umumnya tidak akan keberatan pergi ke luar dari area tempat tinggalnya untuk membeli barang jenis ini, karena mereka sulit membeli boneka di toko pengecer atau warung terdekat. Tidak seperti produk-produk umum yang mungkin konsumen cenderung untuk belanja ke toko terdekat dengan tempat tinggalnya.

Jadi, kamu bisa pilih lokasi usaha di dekat pusat perbelanjaan, taman hiburan, di dalam mall, pusat oleh-oleh, tempat wisata, dan lain sebagainya tergantung jenis boneka yang kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual boneka berbahan flanel dan rasfur, maka membuka cabang di dalam mall atau pusat oleh-oleh bisa jadi ide yang bagus.

Selain ramai dan strategis, kamu bisa menaikkan margin keuntungan. Hal ini sukses dilakukan oleh Zhovy Toys.

Aksesibilitas

Lokasi mana pun yang kamu pilih untuk membuka cabang toko boneka baru, harus mudah diakses. Cari tempat usaha yang dekat dengan satu atau lebih jalan utama dan mudah dilalui oleh transportasi umum (jika memungkinkan). 

Pastikan juga lokasi yang kamu pilih memiliki etalase atau jendela display yang lebar untuk memajang koleksi boneka terbaik kamu! Dengan begitu, perhatian konsumen yang lewat bisa terpancing dan menimbulkan impulse buying, sehingga tertarik untuk berkunjung.

Selain akses mudah, pertimbangkan seberapa mudah toko boneka kamu terlihat dari jalan. Cobalah untuk memilih lokasi yang dekat dengan toko lain atau tempat yang sering ramai pengunjung, misalnya mall, bank, cafe, toko kelontong, dan lain sebagainya.

Pesaing

Faktor lain dalam pemilihan lokasi yang tepat untuk cabang bisnis boneka adalah pesaing. Periksa kompatibilitas dengan toko-toko terdekat saat survey lokasi. Lokasi bisnis yang ideal, umumnya berada dekat toko dengan audiens target serupa yang menjual produk atau layanan yang melengkapi apa yang kamu tawarkan.

Dalam hal ini, jika kamu merupakan pebisnis boneka yang akan membuka cabang, lokasi yang bagus adalah yang berdekatan dengan toko mainan atau toko aksesoris. Hindari membuka toko di dekat persaingan langsung, yaitu dengan toko boneka lain yang mereknya lebih mapan.

Karena jika demikian, kamu tidak hanya harus berbagi pasar, tapi juga harus memiliki keunggulan kompetitif untuk menarik pelanggan.

Area Parkir

Ketersediaan tempat parkir pada toko boneka juga merupakan faktor penting yang harus kamu pertimbangkan dalam pemilihan lokasi bisnis boneka. Bayangkan saja, jika kamu berada di posisi pelanggan, pasti akan cenderung melewatkan toko, karena kesulitan menemukan tempat parkir. 

Nah, jangan sampai ini terjadi di toko boneka kamu. Setidaknya, pilih tempat usaha yang menyediakan lahan parkir dengan rasio ukuran 3:1, atau 3 meter persegi ruang parkir untuk 1 meter persegi luas toko. 

Sebagai contoh, jika luas ruko yang kamu sewa memiliki luas 45 meter persegi, maka setidaknya harus memiliki luas lahan 135 meter persegi untuk parkir. Dengan spesifikasi ini, biaya sewanya berkisar Rp15.000.000,00–Rp40.000.000,00 per tahun.

Biaya

Di luar faktor lokasi cabang baru bisnis boneka di atas, pertimbangkan juga biaya sewa ruko, karena dapat mempengaruhi besar kecilnya laba yang akan kamu peroleh di masa depan. Cari tahu berapa biaya yang kamu perlukan untuk perawatan hingga keamanan. 

Jika lokasinya jauh, berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk distribusi dan memasarkan produk boneka kamu. Cari tahu juga apakah lokasi tersebut sudah siap untuk buka toko atau apakah masih butuh perbaikan yang signifikan? 

Biaya pemeliharaan bangunan ruko setiap daerah berbeda-beda. Namun, biasanya butuh sekitar 2% dari biaya sewa. Jadi, jika harga sewa ruko kamu Rp15.000.000,00, maka biaya perawatannya kurang lebih sebesar Rp300.000,00 per tahun.

Yuk, Pertimbangkan Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Bisnis Boneka!

Nah, demikianlah penjelasan tentang faktor pemilihan lokasi yang penting untuk kamu pertimbangkan saat membuka toko cabang baru bisnis boneka. Pemilihan lokasi memang sudah menjadi hal paling riskan dalam bisnis, karena memakan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jangan sampai salah pilih lokasi, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Baru Bisnis Boneka

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​