Home » Strategi-bisnis » Memulai Bisnis Boneka dengan Cara Praktis Ini!

Memulai Bisnis Boneka dengan Cara Praktis Ini!

Ayo! Memulai Bisnis Boneka dengan Cara Praktis Ini!

Memulai bisnis boneka merupakan salah satu prospek yang sangat bagus untuk saat ini. Permintaan boneka selalu berdatangan tanpa memandang waktu. Banyak yang menjadikannya sebagai hadiah atau konsumsi pribadi. Lalu, bagaimana cara yang efektif dan praktis untuk membangun bisnis boneka?

Cara Mudah dan Praktis untuk Memulai Bisnis Boneka

Ada banyak cara bagi kamu untuk mulai mengembangkan bisnis boneka. Berikut ini adalah cara mudah dan praktis untuk memulai bisnis boneka:

Riset Supplier

Melakukan riset supplier merupakan hal yang penting untuk memulai menjalankan bisnis boneka. Bisnis boneka yang kamu jalankan bisa berupa bisnis berbasis produksi mandiri ataupun mengambil barang jadi secara grosir ke supplier. Jika kamu memproduksi boneka sendiri, maka kamu perlu meriset supplier bahan baku.

Dalam melakukan riset supplier grosir ataupun bahan baku, kamu perlu memperhatikan kualitas barang yang dihasilkan. Pastikan kualitas barang yang kamu dapatkan sesuai dengan target pasar yang telah ditetapkan. Selain itu, kamu perlu memastikan ketersediaan bahan atau barang selalu ada sepanjang tahun.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi supplier boneka atau bahan baku yang dapat kamu jadikan sebagai bahan riset: 

  • Pusat Grosir Boneka
  • Pabrik Boneka Seulgi
  • Boneka Custom
  • Bonekamu

Memastikan Kualitas Baik

Setelah melakukan riset supplier, selanjutnya kamu perlu memastikan kualitas boneka atau barang yang kamu beli tersebut baik. Hal ini dikarenakan, bisnis yang kamu jalankan sangat berorientasi pada produk yang dijual, yaitu boneka. Sehingga, performa bisnis akan banyak dinilai dari kualitas boneka tersebut.

Untuk memastikan suatu produk boneka memiliki kualitas yang baik, kamu perlu membuat sebuah sistem quality control. Kamu dapat mempelajari sistem quality control secara lebih lengkap di sini. Adapun poin penting yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan kontrol kualitas produk boneka, adalah:

  • Pastikan tidak ada jahitan benang yang terputus atau menjuntai keluar dari boneka.
  • Pastikan ornamen kecil boneka seperti mata, pita, dan kancing terpasang sempurna dan tidak terlepas.
  • Pastikan boneka dalam keadaan bersih dan tidak berdebu. Untuk menjaganya, sebaiknya kamu menyimpan boneka di dalam plastik.

Membuat Desain Boneka Sesuai Tren

Membuat produk sesuai dengan tren merupakan suatu hal yang perlu kamu lakukan ketika memulai bisnis boneka. Hal ini kamu lakukan untuk menambah daya tarik konsumen kepada bisnis boneka kamu. Konsumen akan cenderung memilih boneka yang sedang banyak diminati orang.

Berikut ini adalah beberapa karakter boneka yang banyak orang gandrungi:

  • Karakter BT21, yaitu Shooky, Mang, Cooky, Chimmy, Tata, RJ, Koya, dan Van.
  • Minions, yaitu Kevin, Stuart, Gru Muda, dan Margo.
  • Karakter Disney Frozen, yaitu Elsa, Anna, dan Olaf.
  • dan masih banyak lagi

Untuk membantumu dapat mengikuti tren karakter boneka yang sedang tren saat ini, kamu dapat memanfaatkan media sosial. Kamu dapat melakukan pencarian dengan menggunakan hashtag #karakterboneka, #cartoon, atau #viraldoll.

Memasarkan Boneka Melalui E-commerce

Saat ini, e-commerce merupakan tempat yang cocok untuk menjual boneka. Hal ini dikarenakan banyak pelanggan yang beralih dari pembelian offline ke pembelian online. Banyaknya promo dan diskon menarik, menjadi salah satu faktor yang menyebabkannya. 

Selain itu, dari sisi penjual, e-commerce sangat menguntungkan, karena penjual tidak perlu membayar uang sewa toko, seperti halnya offline store. Selain itu, terdapat juga fitur promosi yang memungkinkan produk mu dapat dilihat oleh lebih banyak audiens. Berikut merupakan e-commerce yang direkomendasikan untukmu:

  • Shopee 
  • Tokopedia
  • Alibaba Store 
  • Lazada 
  • Akulaku 
  • Blibli
  • Bukalapak

Untuk memulai berjualan di online store e-commerce, kamu perlu mempelajari ketentuan dan persyaratan yang bisa kamu baca di masing-masing website. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait cara dan tahapan untuk memulai e-commerce, kamu dapat menyimak video ini.

Melakukan Promosi yang Efektif

Promosi merupakan ujung tombak performa sebuah bisnis. Dengan melakukan promosi saat memulai bisnis boneka, maka brand kamu akan banyak dikenal orang, sehingga potensi pelanggan untuk bertambah akan semakin besar. Saat ini, banyak promosi yang dilakukan secara online dan terbukti efektif.

Berikut ini adalah beberapa cara promosi online yang dapat kamu terapkan dan lakukan:

  • Menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh platform sosial media dan e-commerce, seperti Google Ads, Instagram Ads, Shopee Ads, dan Tiktok Ads. Biaya promosi relatif terjangkau, mulai dari Rp20.000,00/ hari untuk 1.000 hingga 2.000 jangkauan.
  • Menggunakan jasa endorse selebgram terkenal, seperti Fadil Jaidi, Rachel Vennya, Keanu Agl, Dara Arafah, dan Dwi Handayani. Biaya promosi ini tergolong mahal, yakni mulai dari Rp2.000.00,00 per unggahan. Namun efektivitas penjualan akan meningkat drastis

Selain promosi online, kamu juga dapat melakukan promosi secara offline menggunakan brosur dan banner dengan biaya cetak mulai dari Rp100.000,00 per 200 lembar untuk brosur dan Rp14.000,00 per meter untuk banner

Yuk, Segera Kembangkan Bisnis Boneka Milikmu!

Sekian ulasan mengenai cara mudah dan praktis, serta tips untuk memulai bisnis boneka. Dalam memulai sebuah bisnis boneka, tentu banyak hal baru dan menantang untuk kamu pelajari, termasuk cara pengembangan bisnis boneka. Untuk itu, jangan patah semangat dan terus konsisten!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis boneka kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Memulai Bisnis Boneka dengan Cara Praktis Ini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​