Home » Strategi-bisnis » Cara Mudah Mengatur Stok Bahan Baku Bisnis Boneka

Cara Mudah Mengatur Stok Bahan Baku Bisnis Boneka

Cara Mudah Mengatur Stok Bahan Baku Bisnis Boneka

Dalam bisnis, bahan baku merupakan hal penting yang ketersediaanya harus selalu ada. Inilah mengapa menjadi penting untuk bisa mengatur stok bahan baku dalam bisnis boneka.

Ada dua hal penting yang menjadi alasan mengapa pengaturan bahan baku ini perlu dilakukan dengan cermat. Pertama, agar bahan baku ini terus ada yang akan berkaitan dengan keberlangsungan produksi. Kedua, untuk menjaga kualitas bahan baku tetap baik yang berkaitan dengan bahan baku sesuai kebutuhan.

Cara Mengatur Stok Bahan Baku Bisnis Boneka

Pada bisnis boneka, ada banyak bahan baku yang tentunya perlu kamu siapkan. Salah satu contohnya adalah kain. Penggunaan kain dalam bisnis boneka juga beragam, misalnya Flannel, Yelvo, Nylex, dan lainnya. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur stok bahan baku bisnis boneka, antara lain:

Pemisahan Jenis Bahan Baku

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengaturan bahan baku dalam bisnis boneka adalah dengan memisahkan jenis bahan baku tersebut. Nantinya, hal ini juga akan berkaitan dengan cara penyimpanan dan cara menjaga kualitasnya.

Misalnya, kamu perlu memisahkan mana bahan baku yang sekali pakai, misalnya kain atau dacron dan mana bahan baku yang bisa dipakai berkali-kali, misalnya lem. Kamu juga perlu memisahkan mana bahan baku yang cepat habis dan tidak.

Cara paling mudah untuk memisahkan bahan baku adalah dikelompokan berdasarkan jenisnya. Lalu, nantinya kamu bisa memisahkannya lagi berdasarkan fungsi, waktu pakai, ketahanan, dan lainnya.

Penggunaan Database

Setelah memisahkan dan mengelompokan bahan baku, maka untuk mempermudah pengelolaannya, kamu juga bisa menggunakan database atau sistem komputerisasi atau software pengelolaan stok. Ada banyak keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan cara ini.

Misalnya, kamu bisa melihat mana barang yang akan segera habis dan mana bahan baku yang stoknya masih cukup banyak. Penggunaan database juga bisa berguna untuk melihat berapa lama rata-rata bahan baku tersebut habis.

Penggunaan database sebagai cara mengatur stok bahan baku dalam bisnis boneka berguna untuk menghindari human error. Dalam skala bisnis yang besar, tentu akan sulit untuk mencatat semua pergerakan bahan baku dalam waktu yang cepat dan jumlah banyak.

Rekomendasi software yang bisa kamu gunakan, yaitu Mekari Jurnal, Ecount, Odoo, majoo, dan sebagainya.

Buatlah Perencanaan

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatur bahan baku dalam bisnis boneka adalah dengan melakukan perencanaan atau forecasting. Perencanaan ini nantinya akan sangat berhubungan dengan data.

Salah satu tujuan dari perencanaan ini adalah memastikan bahan baku selalu tersedia, namun tidak menumpuk secara berlebihan. Tentu saja, masalah perencanaan ini juga nantinya berkaitan dengan kualitas produksi.

Misalnya, dalam 1 hari, bisnis kamu bisa memproduksi 100 boneka. Maka, nantinya kamu akan menghitung berapa bahan baku yang diperlukan setiap harinya, setiap minggunya, atau setiap bulannya.

Kamu juga akan memperhitungkan berapa kapasitas gudang, sulit atau tidaknya pemesanan, harga beli dalam skala tertentu, dan lainnya. Inilah hal yang nantinya akan kamu lakukan ketika melakukan perencanaan stok bahan baku.

Menyesuaikan dengan Kapasitas Produksi dan Pasar

Berkaitan dengan perencanaan, cara mengatur stok bahan baku bisnis boneka lainnya juga adalah dengan menyesuaikan kapasitas kerja dan juga produksi. Hal ini bisa terjadi, jika ternyata kapasitas produksi kurang atau melebihi target.

Jika ternyata kapasitas produksi menurun, maka sangat mungkin terjadi penumpukan bahan baku di gudang. Maka, kamu perlu memastikan jika bahan baku tersebut tidak rusak. Kamu juga perlu melakukan perencanaan ulang untuk stok bahan baku tersebut.

Sebaliknya, jika ternyata produksi meningkat, maka otomatis kamu juga membutuhkan lebih banyak bahan baku. Di sini kamu juga perlu memastikan jika stoknya tetap tersedia dengan baik.

Dalam kondisi produksi yang naik, sirkulasi bahan baku juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah efisiensi penggunaan bahan baku. Selain itu, kamu juga perlu memastikan restock bahan baku berjalan dengan waktu yang tepat.

Pengecekan Berkala

Hal terakhir yang juga penting untuk kamu lakukan ketika mengatur bahan baku dalam bisnis boneka adalah melakukan pengecekan. Tujuan utamanya tentu saja untuk melihat kualitas dari bahan baku tersebut.

Selain itu, masalah pengecekan ini juga akan berguna untuk melihat jumlah dari bahan baku itu sendiri. Hal ini bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara untuk melakukan pengecekan ulang, antara data yang ada dengan kondisi yang sebenarnya.

Pengecekan ini sendiri bisa kamu lakukan dalam beberapa hal. Misalnya, ketika barang produksi tersebut baru datang. Kamu bisa melihat apakah kualitasnya sudah sesuai atau belum.

Kamu juga bisa melihat bahan baku yang masih disimpan dan siap digunakan. Dalam proses ini juga kamu bisa melihat apakah bahan baku tersebut masih layak untuk digunakan atau sudah rusak.

Yuk, Atur Stok Bahan Baku Bisnis Boneka dengan Tepat!

Sebenarnya, saat ini sendiri proses pengaturan stok bahan baku dalam bisnis boneka ini sudah cukup mudah. Penggunaan database menjadi salah satu alternatif untuk setidaknya melihat stok dan sirkulasi dari penggunaan bahan baku tersebut. Selamat mencoba!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mudah Mengatur Stok Bahan Baku Bisnis Boneka

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​