Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Boneka, Harus Kamu Terapkan!

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Boneka, Harus Kamu Terapkan!

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Boneka, Harus Kamu Terapkan!

Tidak hanya anak kecil, orang dewasa sekalipun banyak yang masih mengoleksi berbagai macam boneka. Inilah yang membuat bisnis boneka merupakan salah satu usaha dengan peluang yang menjanjikan. Jika kamu ingin menjalankan bisnis ini, kamu tidak perlu takut tidak mendapatkan peminat. Namun, apa kunci sukses bisnis boneka? 

Kunci Sukses Bisnis Boneka

Setiap bisnis pasti memiliki strategi yang berbeda-beda, sebagai upaya untuk sukses. Namun, jika kamu ingin atau sedang merintis bisnis boneka saat ini, kunci sukses berikut dapat kamu coba terapkan:

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial memiliki manfaat yang sangat signifikan untuk bisnis. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar menggunakannya untuk mengembangkan bisnis. Melalui media sosial, kamu bisa melakukan pemasaran dengan membuat berbagai konten yang menarik perhatian banyak orang.

Contohnya, kamu dapat membuat konten yang memperlihatkan berbagai jenis produk boneka yang kamu jual. Sehingga, konsumen bisa mengenali bagaimana wujud produk yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa membuat konten behind the scene, seperti video tentang proses pembuatan produk. 

Konten seperti ini akan membuat bisnis lebih transparan, sehingga membuat konsumen percaya bahwa kamu memperhatikan kualitas dari produk yang kamu jual. Melalui media sosial, kamu juga bisa menggencarkan kegiatan promosi untuk semakin menarik minat audiens membeli produk. 

Misalnya, dengan memberikan potongan harga, giveaway, dan masih banyak lagi. Contoh akun bisnis boneka yang bisa menjadi inspirasi adalah Hookco dan Istana Boneka.

Manfaatkan juga fitur iklan di media sosial, sehingga kamu bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih luas. Contoh media sosial yang bisa kamu gunakan adalah Instagram dan TikTok. 

Instagram Ads sendiri membutuhkan biaya mulai dari Rp10.000,00 per hari. Sedangkan TikTok Ads membutuhkan biaya mulai dari Rp3.000,00 per 1.000 penayangan iklan. 

Selalu Berusaha Ciptakan Inovasi 

Bisnis boneka memiliki banyak kompetitor, sehingga persaingan bisnis juga sangat ketat. Karena itu, salah satu kunci sukses bisnis boneka adalah dengan selalu berusaha untuk menciptakan inovasi. Ide baru yang segar tentu akan lebih banyak menarik perhatian konsumen.

Inovasi yang kamu ciptakan harus mampu membuat boneka terlihat lebih unik dan spesial di mata konsumen. Misalnya, selain menjual boneka, kamu juga menyediakan berbagai baju yang bisa digunakan oleh boneka tersebut. Baju yang kamu buat tentu bisa sangat beragam, sehingga konsumen bisa menyesuaikannya sesuai selera.

Inovasi lain yang bisa kamu buat, contohnya adalah dengan membuat boneka yang memiliki berbagai karakter berbeda dan bukan hanya berkarakter hewan. Contohnya, boneka berbentuk manusia dengan penampilan yang layaknya putri, anak sekolah, dan lain sebagainya.

Agar produk yang dijual semakin unik, kamu juga bisa membuat boneka dengan custom suara. Jadi, setiap pembeli bisa merekam suara mereka dan nantinya rekaman suara tersebut akan dimasukkan ke dalam boneka. Boneka seperti ini pasti banyak dicari untuk dijadikan sebuah kado yang berkesan. 

Selalu Ikuti Tren

Selain melakukan inovasi, mengikuti tren yang tengah berkembang juga sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Agar bisnis boneka semakin sukses, coba cari tahu apa yang tengah ramai diperbincangkan saat ini. Lakukan riset mengenai jenis boneka atau karakter seperti apa yang tengah mencuri perhatian masyarakat.

Misalnya, belakangan ini boneka rajut dari benang atau crochet doll tengah menjadi tren dan mulai memiliki banyak penggemar. Maka, kamu bisa mencoba untuk membuat produk menggunakan benang rajut. 

Sedangkan tren untuk karakter sebuah boneka, umumnya berasal dari berbagai film animasi atau karakter dalam sebuah drama. Karena itu, kamu bisa melihat film animasi atau drama apa yang masih hangat dan tengah menarik perhatian. 

Contohnya adalah karakter film animasi terbaru Disney, yaitu Turning Red. Sedangkan untuk drama, kamu bisa mengambil karakter dari drama Korea yang tengah menjamur. Misalnya adalah drama populer Extraordinary Attorney Woo yang terkenal dengan protagonis wanita berambut pendek dan ikan pausnya yang ikonik. 

Dengan membuat berbagai karakter tersebut, kamu pasti akan menarik banyak minat konsumen. Khususnya konsumen yang merupakan penggemar dari film dan drama tersebut. 

Berikan Layanan dan Produk Terbaik

Kunci sukses bisnis boneka terakhir adalah dengan memberikan layanan dan produk terbaik untuk konsumen. Perhatikan ketika kamu melakukan komunikasi dengan konsumen. Misalnya, ketika konsumen datang ke toko fisik, usahakan untuk selalu bersikap ramah dan sabar saat melayani mereka.

Semakin baik pelayanan yang kamu berikan, semakin besar peluang konsumen untuk membeli produk. Selain layanan, kualitas produk juga wajib kamu perhatikan. Contohnya, kamu membuat boneka untuk seorang bayi, tapi kamu justru memilih bahan dengan kualitas yang kasar dan tidak aman untuk kulit si kecil.

Akibatnya, konsumen akan kecewa dan kehilangan kepercayaan, serta tidak ingin kembali untuk membeli produkmu lagi. Karena itu, utamakan untuk menggunakan bahan dengan kualitas yang baik. Misalnya, ketika kamu membuat crochet doll, maka gunakan benang rajut dari katun yang lembut dan aman untuk kulit. 

Kamu Siap Menerapkan Kunci Sukses Bisnis Boneka?

Itulah kunci sukses bisnis boneka yang penting untuk kamu perhatikan. Ketika merintis bisnis boneka, kamu harus memiliki persiapan yang cukup dan matang. Karena jika tidak, maka kamu akan kesulitan untuk bisa berkembang dan bersaing dengan kompetitor yang ada. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Boneka, Harus Kamu Terapkan!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​