Home » Strategi-bisnis » Pelajaran Penting Agar Sukses Menjalankan Bisnis Boneka

Pelajaran Penting Agar Sukses Menjalankan Bisnis Boneka

Pelajaran Penting Agar Sukses Menjalankan Bisnis Boneka

Bisnis boneka adalah salah satu bisnis mainan yang menjanjikan. Variasi boneka yang dijual di pasaran saat ini menjadi peluang yang bagus bagi para pemilik bisnis boneka. Oleh karena itu, untuk bisa bersaing dengan bisnis boneka yang lain, kamu harus mempelajari berbagai pelajaran berikut ini agar sukses menjalankan bisnis boneka.

Pelajaran Wajib Dalam Bisnis Boneka

Jika kamu memiliki bisnis penjualan atau bahkan produksi boneka, berikut adalah pelajaran yang harus kamu pelajari, agar sukses dalam menjalankan bisnis boneka kamu:

Perkembangan Tren Boneka

Perkembangan tren boneka saat ini sudah menjadi seperti bisnis pakaian yang selalu berubah mengikuti fenomena dan permintaan pasar. Kamu pasti pernah mendengar beberapa tren boneka yang sempat booming. Seperti tren boneka Barbie, boneka karakter Line, 8 karakter boneka BT21, serta beberapa boneka karakter kartun lainnya.

Untuk membuat bisnis boneka yang sukses, kamu juga harus mampu mengikuti perkembangan tren dan permintaan pasar yang selalu dinamis. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa terus mengikuti perkembangan tren boneka adalah melalui riset pasar secara berkala.

Kamu bisa melakukan riset dengan cara menganalisis acara TV atau kartun apa yang saat ini sedang diminati dan permainan atau game apa yang sedang banyak dimainkan, Kamu juga bisa mencari tahu hal-hal apa saja yang sedang populer saat ini dan bisa dibuat menjadi boneka.

Ekspansi Pasar Secara Kontinu

Sebagian besar bisnis boneka memiliki target pasar anak-anak. Namun, meskipun begitu, anak laki-laki dan anak perempuan memiliki selera boneka yang berbeda. Anak laki-laki biasanya lebih menyukai boneka dengan karakter yang lebih maskulin, seperti action figure dan karakter kartun super hero.

Sementara itu, anak perempuan lebih menyukai boneka dengan karakter yang lebih feminin, seperti Barbie, teddy bear, dan karakter kartun lucu lainnya. Perbedaan selera antara anak laki-laki dan perempuan tersebut adalah pelajaran penting yang harus kamu pahami sebagai bentuk perbedaan selera pasar bisnis boneka.

Jika selama ini kamu hanya menjual boneka dengan karakter yang feminin, kini kamu bisa mengembangkannya dengan mulai menjual boneka dengan karakter maskulin. Hal ini merupakan langkah pengembangan target pasar untuk menjangkau segmentasi pasar anak laki-laki.

Selain anak-anak, para remaja bahkan orang dewasa juga banyak yang menyukai dan mengoleksi boneka. Namun, berbeda dengan anak-anak, koleksi boneka para remaja dan orang biasa biasanya lebih khusus dan segmented.

Para remaja dan orang dewasa yang menyukai film atau karakter super hero biasanya hanya akan mengoleksi boneka atau action figure super hero saja. Begitu pula dengan remaja yang menyukai kartun Doraemon, biasanya hanya akan mengoleksi boneka dengan karakter Doraemon saja.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengembangkan segmentasi pasar untuk bisnis boneka, kamu sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu kepada calon konsumen kamu.

Sistem Penjualan Reseller

Mengutip dari cerita Anang Sudjana tentang kesuksesannya dalam membangun bisnis boneka, salah satunya adalah karena menggunakan sistem penjualan reseller. Anang Sudjana memiliki lebih dari 100 jaringan mitra penjualan boneka yang tersebar di berbagai daerah.

Agar bisnis boneka kamu sukses dan bisa dikenal lebih luas di pasaran, kamu juga bisa menggunakan sistem penjualan mitra atau reseller tersebut. Caranya, kamu bisa membuka dan menawarkan jasa penjualan sebagai reseller ke beberapa orang. 

Kamu bisa memberikan diskon atau potongan harga khusus untuk setiap pembelian boneka yang dilakukan oleh mitra kamu. Kamu juga dapat menentukan harga penjualan minimal yang dapat dilakukan oleh para mitra kamu, agar iklim persaingan bisnis berjalan dengan sehat.

Untuk menjaga hubungan dan komunikasi kamu dengan para mitra reseller tersebut, kamu bisa memberikan bonus, seperti bonus tahunan kepada mitra dengan penjualan terbanyak.

Inovasi Buat Produk Sendiri 

Beberapa orang yang menjalankan bisnis boneka telah meraup keuntungan, karena berhasil dalam pelajaran mengembangkan produknya sendiri. Seperti halnya pebisnis boneka Anang Sudjana yang berhasil mengembangkan boneka dengan mereknya sendiri, yaitu Hayashi Toys.

Memiliki boneka dengan merek kamu sendiri akan membuat bisnis boneka kamu memiliki brand recall dan brand activation tersendiri. Untuk meningkatkan nilai bisnis dan nilai jualnya, kamu bisa menggunakan barang-barang bekas ramah lingkungan dalam proses produksi boneka tersebut.

Dengan menggunakan barang-barang bekas untuk merek boneka kamu, maka kamu bisa menggunakan kampanye “boneka sayang lingkungan” untuk meningkatkan nilai jualnya.

Pemasaran yang Inovatif dan Kreatif

Salah satu bentuk pemasaran yang inovatif, kreatif, dan tidak asing bagi banyak orang adalah pemasaran melalui media sosial. Jumlah pengguna media sosial yang besar hingga mencapai 288 juta pengguna menjadi peluang pemasaran tersendiri untuk bisnis boneka.

Penggunaan platform media sosial juga harus kamu sesuaikan dengan target pasar yang ingin kamu capai. Jika kamu memiliki target pasar anak-anak, sebaiknya gunakan platform YouTube sebagai media pemasaran. Karena anak-anak lebih sering mengakses YouTube daripada media sosial lain, seperti Facebook dan Instagram.

Kamu bisa membuat film dengan storyline atau cerita yang atraktif melalui karakter boneka yang kamu jual untuk menarik perhatian dan minat anak-anak. 

Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan beberapa nilai edukasi positif, seperti toleransi, saling menghormati, tolong-menolong dan lain-lain untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen pada bisnis boneka kamu.

Ayo Terus Belajar Untuk Kembangkan Bisnis Boneka!

Kamu bisa mempelajari beberapa pelajaran tersebut untuk meningkatkan nilai dan penjualan bisnis boneka kamu. Jadi tunggu apa lagi? Ayo terus belajar agar bisnis boneka kamu semakin sukses!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis boneka kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Pelajaran Penting Agar Sukses Menjalankan Bisnis Boneka

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​