Home » Strategi-bisnis » Media Sosial yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Bisnis Pakaian

Media Sosial yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Bisnis Pakaian

Media Sosial yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Bisnis Pakaian

Media sosial adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Hampir semua pelaku usaha pakaian akan memanfaatkan cara pemasaran ini. Untuk menggunakan media sosial, ada yang gratis dan berbayar. Lalu, promosi media sosial bisnis pakaian seperti apa yang sering para pebisnis pakai?

Jenis Media Sosial untuk Promosi Produk Pakaian

Pemasaran produk melalui media sosial adalah salah satu strategi promosi yang banyak pelaku usaha gunakan dan sudah terbukti efektif. Jika kamu ingin melakukan pemasaran online, maka kamu bisa mencoba promosi media sosial berikut ini:

Facebooks Ads

Termasuk ke dalam negara dengan banyak pengguna Facebook, di Indonesia aplikasi satu ini sudah tidak asing. Inilah yang menyebabkan Facebook Ads dapat digunakan sebagai promosi media sosial dalam bisnis pakaian yang efektif.

Pengguna Facebook di Indonesia mencakup kelompok usia yang variasi dan dari berbagai lokasi yang beragam. Oleh sebab itu, demografi ini akan memudahkan kamu dalam menentukan target market yang lebih spesifik.

Keuntungan dari penggunaan Facebook Ads, iklan yang kamu buat tidak hanya muncul di aplikasi Facebook. Namun, bisa juga muncul di website lain yang memiliki kerjasama dengan Facebook.

Layanan promosi ini tidak gratis, artinya kamu harus membayar pemasangan iklan sesuai biaya yang sudah ditentukan pihak Facebook Ads. Lantas, berapa biaya pemasangan iklan di Facebook Ads? Tenang, harganya terbilang terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000,00 kamu sudah bisa memasang iklan promosi, loh!

Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu fitur yang dikelola langsung oleh Instagram. Dengan platform ini, kamu bisa memasang iklan produk pakaianmu dengan lebih mudah.

Biasanya, pemasangan iklan akan ditampilkan pada Instagram Stories atau Feed Instagram akun milikmu. Karena lebih dari 90 juta pengguna Instagram di Indonesia, membuat strategi marketing melalui Instagram Ads sangatlah efektif untuk meraup keuntungan.

Facebook dan Instagram berada dalam naungan satu perusahaan yang sama. Bahkan, dulu jika ingin memasang iklan di Instagram, maka pengguna harus memasang iklan melalui Facebook Ads terlebih dahulu.

Namun, seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih, pebisnis sudah bisa melakukan pemasaran online secara mudah. Kamu bisa memasang iklan langsung di aplikasi Instagram. Untuk biaya pemasangan iklan di Instagram Ads  juga terjangkau, yakni mulai dari Rp20.000.00.

Twitter Ads

Seperti platform advertising lainnya, Twitter Ads juga menyediakan fitur pemasangan iklan bagi penggunannya. Jika dilihat langsung dari situs resmi Twitter, Twitter Ads akan menampilkan iklan dengan tanda ikon “dipromosikan” atau “promoted” pada beranda timeline pengguna Twitter.

Menjadi salah satu promosi media sosial dalam bisnis pakaian yang efektif, membuat banyak perusahaan besar yang memakai Twitter Ads. Bahkan, platform ini juga menyediakan jenis iklan yang bervariasi. Mulai dari Promoted Trends, Promoted Tweets, dan Promoted Accounts. Jadi, referensi iklan tidak membosankan.

Jika kamu sudah menentukan target pasar, maka kamu juga bisa membuat campaign secara mandiri. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur promosi otomatis yang tersedia di Twitter. Dengan membayar biaya pemasangan Twitter Ads, mulai dari Rp51.000,00, kamu sudah bisa merasakan fitur iklan di aplikasi burung ini. 

Tiktok

Meskipun sebelumnya lebih dikenal sebagai aplikasi yang sering digunakan untuk berjoget penggunanya, namun kini Tiktok juga bisa digunakan sebagai platform jualan. 

Tiktok dijadikan sebagai media sosial yang efektif untuk menunjang promosi online. Selain menghasilkan keuntungan, aplikasi ini tidak memerlukan biaya pasang iklan.

Agar iklan bisnis pakaianmu bisa cepat menyaring target pasar, maka gunakanlah fitur For You Page (FYP). Fitur ini adalah fitur yang berfungsi untuk meningkatkan views video Tiktok dengan organik.

Dengan FYP, kamu akan menemukan target pasar yang relevan terhadap bisnismu. Untuk menggunakan FYP, kamu juga tidak perlu membayar. Namun, FYP sendiri itu tergantung bagaimana kamu membuat konten.

Bagaimana cara agar cepat FYP? Kamu bisa membuat konten yang menarik tentang pakaian, mengikuti hal yang sedang trend di Tiktok, pakai hashtag yang relevan, ikuti challenge yang terkenal, dan lain sebagainya.

Marketplace

Marketplace dikenal sebagai salah satu promosi media sosial dalam bisnis pakaian yang sering digunakan oleh banyak orang. Selain memberikan wadah jualan, platform ini juga berfungsi untuk membuat bisnismu semakin terkenal. Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai media promosi online yang relevan.

Untuk menggunakan marketplace, kamu tidak perlu membayar. Hanya cukup dengan katalog pakaian yang bagus, calon konsumen akan merasa tertarik. Pastikan kamu juga menambahkan deskripsi produk dengan detail, jadi pelanggan tidak akan kebingungan.

Jika ditelaah, marketplace memiliki konsep yang hampir mirip dengan pasar tradisional. Karena, perusahaan marketplace tidak akan bertanggung jawab tentang barang-barang yang dijual di dalamnya. Sebab, itu sudah menjadi urusan antara penjual dan pembeli.

Contoh media sosial yang memiliki tools marketplace adalah Facebook. Jadi, kamu bisa memasarkan produk kamu melalui platform tersebut.

Media Sosial Apa yang Akan Kamu Gunakan?

Nah, itulah promosi media sosial dalam bisnis pakaian yang bisa kamu coba. Jadi, media sosial mana yang akan kamu gunakan untuk promosi?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pakaian kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Media Sosial yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Bisnis Pakaian

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​