Home » Strategi-bisnis » Strategi Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Boneka

Strategi Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Boneka

Strategi Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Boneka

Bisnis boneka menjadi salah satu bisnis yang dapat memberikan keuntungan berlipat ganda. Namun, hal ini bisa terjadi jika kamu memiliki strategi yang tepat ketika mengembangkan cabang bisnis boneka.

Strategi Mengembangkan Cabang Bisnis Boneka

Ketika bisnis mulai naik dan banyak peminat, tentu sebagai owner kamu ingin membuka cabang bisnis yang baru. Oleh sebab itu, kamu harus tahu strategi seperti apa yang harus dilakukan. Berikut ini strategi yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan cabang bisnis boneka:

Pastikan Cabang Pusat Stabil

Untuk membangun cabang baru, jangan sampai kamu melupakan cabang pusat. Jika cabang pusat dalam keadaan yang baik, tentu ada kemungkinan cabang bisnis boneka baru milikmu akan mendulang kesuksesan.

Oleh sebab itu, sebelum membuka cabang baru, kamu harus mematangkan cabang pusat terlebih dahulu. Pastikan bahwa cabang pusat memang dalam kondisi yang benar-benar stabil. 

Seperti keuangan yang tercatat rapi, target omset selalu dapat terpenuhi, karyawan sudah menguasai bidang pekerjaannya, dan brand sudah memiliki konsumen setia.

Agar cabang pusat tetap dalam keadaan stabil, kamu harus melakukan strategi pemasaran yang benar. Dengan begitu, peminat bisnis bonekamu akan tetap tinggi. Misalnya, seperti promosi melalui media sosial, testimoni, dan lain sebagainya.

Untuk membuka cabang baru, kamu harus memperhatikan beberapa hal, antara lain biaya, waktu, dan perhatian. Inilah yang menyebabkan usaha bisa berjalan dengan baik dan stabil.

Selain itu, jika cabang pusat stabil, maka kamu bisa lebih fokus dalam menjalankan cabang baru. Jika kamu masih ingin memantau cabang pusat, maka tunjuklah seseorang yang terpercaya untuk memantaunya.

Ada Modal yang Cukup

Setelah kamu memastikan bahwa cabang pusat memiliki kondisi stabil, maka strategi mengembangkan cabang bisnis boneka selanjutnya adalah mempersiapkan modal yang lebih dari cukup. Karena membuka cabang baru sama seperti membuka bisnis baru.

Dimana kamu perlu mengeluarkan dana untuk biaya lokasi tempat, investasi, promosi, gaji karyawan, dan lain sebagainya. 

Ketika memilih membangun cabang baru, maka keuntungan tidak bisa diperoleh secara singkat. Relatifnya, kebanyakan cabang baru akan membuahkan hasil setelah beberapa bulan peresmian.

Agar persiapan semakin matang, maka kamu perlu modal yang cukup untuk menopang berjalannya bisnis tersebut. Namun, pastikan bahwa masalah modal di cabang baru tidak membawa dampak negatif untuk pusat.

Berapa modal membuka cabang baru untuk bisnis boneka? Kamu bisa menyiapkan modal mulai dari Rp5.000.000,00 hingga Rp2.000.000.000,00. Ini pun tergantung keperluan yang kamu butuhkan.

Riset Peluang Pasar

Agar pengeluaran modal tidak sia-sia, maka lakukan riset peluang pasar terlebih dahulu. Sehingga, kemungkinan mendapatkan keuntungan akan lebih besar.

Mulai dari lokasi, akses tempat, dan target pasar bisnismu. Karena ketiga hal ini akan saling terhubung satu sama lain. Dengan demikian, lebih baik kamu memiliki lokasi yang memang strategis dan baik itu prospek bisnis jangka panjang.

Untuk menentukan lokasi dengan prospek yang bagus, pilihlah lokasi yang mudah diakses oleh orang-orang. Tidak perlu memaksakan untuk membuka cabang hanya karena tempatnya bagus, namun akses kurang.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa target pasar milikmu memang berada di lokasi tersebut! Lakukanlah survei target pasar dan lokasi yang strategi untuk bisnis boneka milikmu!

Contohnya, target pasar kamu adalah anak-anak sekolah SD, maka kamu bisa membuka toko di dekat sekolah SD yang pastinya sering dilewati oleh target pasar setiap harinya.

Memiliki Sumber Daya Manusia yang Tepat

Ketika mengembangkan cabang bisnis baru, maka strategi yang kamu harus lakukan selanjutnya adalah mencari sumber daya manusia yang baru dan sesuai kapasitas keinginanmu. Biasanya, barang akan lebih cepat jadi dan berkualitas bagus ketika SDM yang dimiliki juga berkualitas.

Untuk melihat keahlian dari SDM baru, apakah mereka kompeten atau tidak. Maka kamu bisa menilainya berdasarkan kinerja mereka saat bekerja, tingkat kesalahan, dan kemampuan dalam menyesuaikan diri pada dunia kerja.

Sebelum membuat cabang baru, kamu harus mempersiapkan proses rekrut karyawan baru terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu bisa menemukan orang-orang yang tepat.

Namun, jika kamu belum menemukan karyawan dengan spesifikasi bisnismu, maka kamu bisa mempercayakan tanggung jawab cabang baru kepada karyawan lama. Mereka akan bertugas dalam mengelola cabang baru sampai kamu menemukan karyawan baru terpercaya.

Lakukan Promosi Produk

Cabang baru cenderung ramai, jika ada momen yang menarik perhatian orang-orang, contohnya seperti diskon atau giveaway. Agar cabang baru milikmu dapat ramai pembeli, maka mulailah promosi dengan cara yang tepat.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan cabang baru. Mulai dari promosi di cabang pusat, buat banner pemberitahuan tentang toko baru, atau mintalah kepada karyawan untuk memberikan info kepada pelanggan.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memanfaatkan media sosial untuk menjadi wadah pemasaran. Karena media sosial mudah diakses oleh banyak orang, baik kapanpun dan dimanapun. 

Bukan hanya itu saja, media sosial juga terbagi dalam berbagai platform. Masing-masing platform akan menyediakan jenis promosi, yakni antara gratis dan berbayar. Seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan media sosial sebagai wadah promosi, kamu bisa memberikan gambaran yang relatif untuk cabang baru. Misalnya, seperti konten promosi, stok barang, pelanggan loyal, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk memberikan promo khusus kepada pelanggan saat pembukaan cabang baru! Ini bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen secara signifikan.

Siap Mengembangkan Cabang Baru Bisnis Boneka?

Jika ingin membangun dan mengembangkan cabang baru untuk bisnis boneka, maka kamu harus paham tentang strategi dan pola pemasaran cabang sebelumnya. Agar cabang baru sama-sama menghasilkan keuntungan seperti cabang pusat.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Boneka

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​