Home » Strategi-bisnis » Cara Kembangkan Cabang Bisnis Otomotif Agar Sukses

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Otomotif Agar Sukses

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Otomotif Agar Sukses

Jika bisnis otomotif kamu sudah berkembang, tentu ada keinginan untuk membuka cabang, bukan? Nah, kamu wajib tahu cara kembangkan cabang bisnis otomotif agar progres bisnis kamu meningkat tajam sekaligus memperluas pasar.

Bisnis otomotif merupakan bisnis yang memiliki pasar yang cukup banyak, sehingga jika kamu sudah sukses mendirikan sebuah bisnis mobil pada suatu tempat. Maka sudah saatnya kamu mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas.

Pentingnya Mengembangkan Cabang Bisnis Otomotif

Perlu kamu ketahui bahwa mengembangkan cabang sebuah bisnis sangat penting apabila bisnis kamu sudah berkembang pesat. Banyak manfaat ketika seorang pebisnis mengembangkan cabang bisnisnya.

Manfaat tersebut antara lain adalah memperluas pasar, menambah profit bisnis dan sebagainya, yang mana merupakan manfaat yang positif dan potensial. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu agar mengetahui berbagai cara untuk mengembangkan sebuah cabang bisnis otomotif ini.

Terlebih, bisnis otomotif merupakan bisnis yang komoditas kebutuhan masyarakatnya banyak sekali. Namun, tidak serta merta akan berdampak besar pada profit kamu, sehingga diperlukan trik dan cara yang strategis agar pengembangan cabang bisnis bidang ini lebih tepat sasaran.

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Otomotif Secara Jitu

Jika kamu sudah mengetahui berbagai alasan penting mengapa harus membuka cabang bisnis otomotif ketika bisnis kamu sukses. Maka selanjutnya adalah mengetahui dan menerapkan bagaimana cara mengembangkannya.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya mengembangkan cabang sebuah bisnis tidak jauh berbeda dengan ketika kamu membangun sebuah bisnis di awal. Agar lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

Mempersiapkan Modal Tersendiri

Cara pertama yang dapat kamu terapkan adalah mempersiapkan budget atau modal tersendiri. Artinya, kamu sudah memiliki modal tersendiri yang tidak memengaruhi biaya operasional bisnis otomotif milik kamu yang lainnya.

Untuk aspek modal ini, kamu wajib mempersiapkan dan menghitung secara rinci karena jika tidak sesuai dengan kemampuan maka pembangunan cabang bisnis kamu dapat gagal. Kamu juga dapat memastikan bahwa persiapan modal ini tidak mengganggu biaya-biaya operasional lainnya.

Melihat Potensi Pasar di Tempat Baru

Sebelum membuka cabang baru, di dalam bisnis otomotif kamu juga wajib melihat potensi pasar kembali. Hal ini berkaitan dengan daya kebutuhan masyarakat, tersedianya kendaraan bermotor dan sebagainya. Kamu wajib perhatikan hal ini, terlebih jika kamu mulai menentukan lokasi pembangunan bisnis baru.

Hal ini dapat kamu lakukan dengan bertanya dan mencari informasi dari berbagai relasi atau networking yang kamu miliki. Riset potensi pasar secara menyeluruh akan membuat proses pembukaan cabang bisnis kamu lebih siap dan matang.

Memilih Lokasi dan Lahan Strategis

Cara kembangkan cabang bisnis otomotif berikutnya adalah memilih lokasi dan lahan bisnis yang strategis. Hal ini sangat penting, melihat kelancaran bisnis otomotif kamu sangat erat kaitannya dengan kondisi lingkungan yang ramai penduduk dan penggunaan kendaraan.

Kamu dapat memilih lokasi di pinggir jalan atau dekat dengan pusat kota. Alasannya, lokasi tersebut akan menjadi jalan utama banyaknya lalu lalang kendaraan bermotor, yang mana nanti akan berpengaruh terhadap meningkatkan pelanggan yang datang ke toko atau bisnis otomotif kamu.

Melihat Jumlah Penggunaan Kendaraan

Memerhatikan jumlah pengguna kendaraan pada wilayah tertentu dapat menjadi salah satu cara jitu ketika ingin mengembangkan sebuah cabang bisnis otomotif baru. Kamu dapat melakukan riset yang mana salah satu aspek yang diteliti adalah berapa banyak kendaraan yang ada di wilayah tersebut.

Semakin banyak kendaraan yang ada di wilayah tersebut maka semakin berpotensi untuk dapat berkembang bisnis kamu. Biasanya, indikator wilayah dengan jumlah kendaraan terbanyak adalah pusat kota atau jalan besar antar kota.

Merekrut Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Cara kelima adalah merekrut karyawan atau staff yang berkualitas, mulai dari montir, admin kasir dan lain-lain. Sumber daya manusia yang berkualitas akan memengaruhi perkembangan cabang bisnis kamu kearah yang lebih baik dengan profit yang meningkat.

Khususnya staff montir, yang mana pada bisnis otomotif menjadi aspek krusial. Jika kamu memiliki montir dengan kualitas top, maka dijamin pelanggan akan terus mengunjungi bengkel atau toko otomotif milik  kamu.

Melakukan Evaluasi Rutin

Terakhir, melakukan evaluasi rutin yang mana artinya ketika kamu sudah membuka cabang bisnis otomotif baru kamu wajib melakukan evaluasi 3 atau 6 bulan pertama. Hal ini dapat membantu kamu dalam memikirkan strategi bisnis ke depannya.

Karena tentunya ketika di tempat baru, performa bisnis tidak sebaik awal-awal bisnis kamu berkembang. Perlu adanya adjustment atau penyesuaian terlebih dahulu, mulai dari tempat, kompetitor, tanggapan pelanggan dan sebagainya.

Kamu Sudah Siap Membuka Cabang Bisnis Otomotif Baru?

Kesimpulannya, itulah cara kembangkan cabang bisnis otomotif baru yang dapat kamu terapkan jika berencana mengembangkan bisnis ini. Kamu wajib memerhatikan berbagai aspek penunjangnya dan tidak luput untuk terus riset pasar dan kemampuan serta kebutuhan penduduk sekitar.

Selain itu, kamu juga dapat memikirkan faktor-faktor pendukung namun esensial seperti lahan strategis, relasi atau networking dan variasi barang yang akan kamu tawarkan. Jika kamu berhasil memenuhi aspek beserta faktor di atas, dijamin cabang bisnis otomotif kamu akan berkembang pesat. Semoga sukses mengembangkan cabang bisnis otomotif, ya!



Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis otomotif kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Kembangkan Cabang Bisnis Otomotif Agar Sukses

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​