Home » Strategi-bisnis » Cara Mulai Bisnis Otomotif Agar Sukses dan Menguntungkan!

Cara Mulai Bisnis Otomotif Agar Sukses dan Menguntungkan!

Cara Mulai Bisnis Otomotif Agar Sukses dan Menguntungkan!

Kamu yang ingin memulai bisnis otomotif atau bengkel tentu merasa bingung harus mulai dari mana. Cara mulai bisnis otomotif adalah hal yang wajib kamu ketahui dan kuasai agar dapat membangun sebuah bisnis otomotif yang sukses dan menguntungkan.

Dapat kamu ketahui bahwa bisnis otomotif merupakan bisnis bak jamur di musim hujan alias banyak sekali. Banyak sekali bengkel atau bisnis otomotif mobil maupun motor yang bertebaran dan hal ini menjadi tantangan utama yang wajib kamu persiapkan dan hadapi.

Mengapa Harus Memulai Bisnis Otomotif?

Pertanyaan pertama yang wajib kamu jawab dan pikirkan sebelum memulai sebuah bisnis otomotif adalah mengapa harus memulai bisnis ini? Hal tersebut karena kebutuhan komoditas kendaraan bermotor selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Nantinya akan berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat terhadap bengkel atau bisnis otomotif. Karena hampir pasti setiap kendaraan bermotor memiliki permasalahannya masing-masing yang masyarakat umum tidak dapat mengatasinya sendiri.

Hal ini menjadi peluang besar, terlebih jika kamu yang memiliki keahlian di dalam bidang otomotif. Maka dari itu, simak cara memulai bisnis otomotif bagi kamu yang berminat untuk menempuh jalan salah satu bisnis menjanjikan ini.

Cara Mulai Bisnis Otomotif Motor dan Mobil Untuk Pemula

Ketika memulai bisnis otomotif, banyak sekali hal yang wajib kamu ketahui dan perhatikan. Namun, tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara memulai bisnis otomotif pemula yang mudah diterapkan. Simak di bawah ini penjelasannya:

Menyiapkan Modal dan Lahan Bisnis

Memulai bisnis apa saja, termasuk bisnis otomotif tentu wajib dipersiapkan modal dan lahan bisnisnya. Beberapa bisnis otomotif membutuhkan biaya modal minimal Rp 20 juta untuk memulai. Selain itu, kamu juga wajib menyiapkan lokasi dan lahan untuk memulai bisnis ini.

Untuk menentukan lahan dan lokasi bisnis ini, wajib memilih lokasi yang strategis. Misal, di pinggir jalan utama di pusat kota dan ramai kendaraan bermotor. Hal ini menjadi aspek penting agar bisnis otomotif atau bengkel kamu dapat berkembang pesat dan sukses.

Mempersiapkan Biaya Operasional

Cara mulai bisnis otomotif kedua adalah mempersiapkan biaya operasional, yang mana hal ini berkaitan dengan biaya karyawan, supply spare part dan lain sebagainya. Aspek biaya operasional juga wajib kamu perhatikan agar operasi teknis bisnis kamu berkembang pesat.

Ketika mempersiapkan biaya operasional, kamu wajib untuk melakukan pembukuan yang jelas agar uang yang masuk dan keluar dapat lebih teratur. Biaya operasional ini juga berkaitan dengan upah montir yang wajib kamu perhatikan. 

Mencari Supplier Sparepart Terbaik

Mencari supplier spare part terbaik menjadi aspek vital yang wajib kamu penuhi ketika memulai bisnis otomotif. Karena ketika berbicara untuk membangun bisnis otomotif, kamu tidak hanya terfokus pada proses perbaikan kendaraan bermotor oleh montir saja.

Kamu juga perlu mempersiapkan berbagai spare part motor dan mobil dengan harga kompetitif dan lengkap. Selain itu, kamu juga dapat menjual aksesoris kendaraan seperti helm, jaket dan sebagainya. 

Karena semakin lengkap dan murah spare part serta aksesoris bisnis otomotif kamu, akan semakin banyak pelanggan yang berdatangan.

Merekrut Montir Berkualitas

Cara keempat yang perlu kamu lakukan ketika memulai bisnis otomotif adalah merekrut montir yang berkualitas. Hal ini menjadi penting ketika bisnis otomotif kamu berfokus pada perbaikan kendaraan bermotor.

Kamu dapat mulai merekrut montir yang bekerja dengan cepat serta sudah ahli pada bidangnya. Hal penting yang wajib dimiliki oleh seorang montir berkualitas adalah kemampuan menganalisa kerusakan dan cepat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Melakukan Promosi Bisnis dengan Efektif

Selanjutnya, adalah aspek promosi yang mana kamu juga wajib untuk melakukan promosi bisnis otomotif kamu secara menarik dan efektif. Kamu dapat menggunakan platform digital seperti Instagram, Facebook, website dan sejenisnya.

Sebenarnya, kamu dapat melakukan promosi via mulut ke mulut asalkan memiliki relasi atau networking yang kamu bangun. Karena bisnis otomotif ini cenderung banyak sekali peminat dan pasarnya. Kesuksesan bisnis otomotif kamu ditentukan dengan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Mencari Relasi dari Komunitas Otomotif

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan ketika memulai bisnis otomotif adalah membangun relasi dengan komunitas motor atau mobil. Di Indonesia, banyak sekali komunitas berbasis motor dan mobil, yang mana keberadaannya dapat kamu manfaatkan untuk membangun relasi atau networking.

Hal ini yang dapat mempengaruhi bisnis otomotif kamu agar dapat berkembang dan terkenal melalui promosi mulut ke mulut. Selain itu, aspek relasi dan networking ini pula yang dapat kamu gunakan sebagai bahan promosi gratis yang akan membuat bisnis otomotif kamu sukses.

Jadi, Apakah Kamu Berminat Untuk Memulai Bisnis Otomotif?

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mulai bisnis otomotif bagi kamu yang berminat untuk membangun sebuah bisnis berbasis kendaraan motor dan mobil. Hal yang perlu kamu ketahui bahwa memulai bisnis otomotif tidaklah sulit, karena komoditas kebutuhannya sangat tinggi di Indonesia.

Walaupun begitu, kamu wajib membangun sebuah bisnis otomotif yang unik dan memberikan kesan yang baik di mata pelanggan. Misal, kamu dapat menguatkan pada aspek pelayanan dan kelengkapan spare part otomotif. Semoga sukses!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mulai Bisnis Otomotif Agar Sukses dan Menguntungkan!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​