Home » Strategi-bisnis » Penasaran? Begini Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Boba

Penasaran? Begini Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Boba

Penasaran Begini Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Boba

Bagaimana cara menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) dalam sebuah bisnis minuman boba?

Apabila kamu tertarik untuk menjadi seorang pemilik bisnis, selain mempelajari secara praktikal tentang bisnis yang hendak kamu jalankan, kamu juga perlu untuk mempelajari hal-hal penting pendukung lainnya agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu hal yang bisa kamu pelajari, yaitu seperti cara menghitung HPP dalam bisnis.

Saat ini, bisnis yang sedang gandrung akibat antusias dan respon positif masyarakat adalah bisnis minuman boba. Bisnis ini biasanya menyediakan beragam pilihan menu, dengan boba sebagai topping utamanya.

Meskipun tengah marak dan banyak kompetitor, namun kamu bisa tetap merintis bisnis minuman boba ini dan mendapatkan keuntungan, apabila melakukan perhitungan atas segala sesuatunya dengan tepat.

Harga Pokok Penjualan atau HPP berguna untuk membantumu menentukan harga jual setelah menghitung harga keseluruhan pengeluaran yang kamu habiskan, untuk menghasilkan sebuah produk.

Lebih jelasnya, artikel ini akan membahas secara terperinci mengenai HPP dan manfaatnya dalam bisnis, pentingnya mengenal HPP, dan cara menghitung HPP dalam bisnis minuman boba. 


Manfaat Menghitung HPP untuk Bisnis

Menghitung HPP tentunya memiliki manfaat yang penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis.

Manfaat dari menghitung HPP, di antaranya, yaitu:

1. Membantu menentukan harga jual produk

Menghitung harga pokok penjualan berarti menghitung keseluruhan biaya yang bisnismu keluarkan untuk proses produksi.

Dengan begitu, kamu akan memiliki harga pokok penjualan sebagai harga acuan untuk menentukan harga jual dari produkmu.

Keputusan akhir dari penentuan harga jual tentu berada di kamu sebagai pemilik bisnis dengan memperhatikan keuntungan yang ingin kamu peroleh.

2. Mengetahui laba & rugi bisnis

Dengan menghitung harga penjualan pokok dan telah menentukan harga jual dari produk yang kamu jual, maka kamu akan bisa mengetahui laba yang kamu dapatkan apabila harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan HPP, serta berapa ruginya apabila harga jual yang kamu tentukan lebih rendah dari HPP.

3. Membantu mengelola keuangan bisnis

Manfaat berikutnya dari menghitung HPP, yaitu dapat membantumu mengelola keseluruhan keuangan yang terjadi dalam sebuah bisnis.


Pentingnya Mengenal HPP dalam Bisnis Minuman Boba

Mengenal harga pokok penjualan merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menentukan harga jual.

Bisnis minuman boba memang sudah menjamur, namun sudah pastikah harga setiap menu yang beredar telah sesuai dan memperhatikan aspek HPP?

Bagi pemilik bisnis minuman boba tingkat menengah hingga kecil mungkin akan merasa repot dan terbebani apabila harus menghitung HPP terlebih dahulu.

Namun, apabila menentukan harga jual dengan asal, bisa-bisa kamu malah mengalami kerugian.

Selain itu, apabila sudah memahami apa itu HPP dan cara menghitungnya, kamu juga sebaiknya tidak memberikan harga jual produk dengan harga yang melenceng jauh, sebab ada kemungkinan bisnismu jadi tidak bisa bersaing di pasar.

Maka dari itu baik, sebagai konsumen maupun sebagai pelaku bisnis, perlu untuk sama-sama mempelajari cara menghitung HPP, agar bisa mengetahui harga beli maupun harga jual yang tepat.


Menghitung HPP dalam Bisnis Minuman Boba

Untuk bisa mengetahui harga jual yang tepat dari sebuah produk, maka kamu perlu menghitung terlebih dahulu Harga Pokok Penjualan alias HPP-nya.

Di bawah ini adalah contoh perhitungan HPP untuk sebuah menu pada produk bisnis minuman boba.

Harga pokok penjualan satu minuman boba, untuk salah satu menu, yaitu menu Boba Milk Tea, perinciannya adalah sebagai berikut: 

Bahan dan Takarannya Harga
100 gr boba Rp5.000,00
2 sdm / 30 gr gula pasir  1 kg = Rp16.000,00;

maka 30 gr gula = Rp480,00 

1 kantong teh celup 1 kotak isi 50 kantong = Rp13.300,00;

maka 1 kantong = Rp266,00

Susu segar secukupnya (200 ml) 1 Liter = Rp25,000,00;

maka 200 ml = Rp5.000,00

Susu kental manis secukupnya (1 sachet) Rp750,00
1 gelas/cup Rp390,00
HPP Rp11.886,00

 

Masing-masing menu mungkin akan memiliki Harga Pokok Penjualan yang berbeda, karena bergantung pada bahan apa saja yang menu tersebut butuhkan, dan tingkat kualitas bahan untuk membuat menu tersebut.


Menentukan Harga Jual dari HPP Bisnis Minuman Boba

Setelah menghitung Harga Penjualan Pokok, maka kamu bisa dengan mudah menentukan harga jual yang kamu inginkan dari produk tersebut.

Kamu bisa menentukan harga jual berdasarkan hasil hitungan HPP di atas, serta dengan menambahkan margin keuntungan yang ingin kamu dapatkan dari produk tersebut.

Meskipun hak sepenuhnya dari penentuan harga jual adalah milikmu sebagai pemilik bisnis, namun kamu juga harus memperhatikan hasil akhir harga jual agar bisa tetap memiliki tempat bersaing dengan kompetitor di lapangan.

Usahakan tidak mengatur harga jual terlalu tinggi yang menyebabkan konsumen enggan untuk membeli, juga mengatur harga jual yang terlalu rendah sehingga mengakibatkan kerugian.

Kamu bisa menentukan margin keuntungan mulai dari sebesar 20% hingga 50% dari Harga Pokok Penjualan yang sudah kamu hitung. 

Contoh perhitungan harga jual dari menu Boba Milk Tea di atas, yaitu:

  • HPP Boba Milk Tea per gelas + margin keuntungan 30% = harga jual
  • Rp11.886,00 + (30% x Rp11.886) = harga jual
  • Rp11.886,00 + Rp3.566,00 = Rp15.452,00 yang bisa kamu bulatkan menjadi Rp15.500,00.

Dengan margin keuntungan 30%, kamu bisa menentukan harga jual akhir sebesar Rp15.500,00.

Harga ini masih cukup wajar, dan membuat bisnismu bisa tetap bersaing di pasaran.


Sudah Paham Cara Menghitung HPP di Bisnis Minuman Boba?

Penjelasan di atas telah memberikan informasi terkait manfaat menghitung HPP hingga penentuan harga jual dari sebuah produk boba.

Bagaimana? Sudah memahami cara menghitung HPP dalam bisnis boba ‘kan?

Yuk, segera terapkan dan hitung HPP yang tepat untuk bisnismu. Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Penasaran? Begini Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​