Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Agar Usaha Tetap Maju di Tengah Banyaknya Kompetitor

5 Cara Agar Usaha Tetap Maju di Tengah Banyaknya Kompetitor

Cara agar usaha tetap maju di tengah banyaknya kompetitor bisnis interior

Pasar bisnis desain interior semakin ketat, seiring banyaknya konsumen yang membutuhkan jasa mereka dalam merancang maupun menata layout interior ruangan. Sangat menguntungkan tetapi juga banyak pesaing yang terjun di dalamnya. Maka, pastikan kamu melakukan 5 cara agar usaha tetap maju di tengah banyaknya kompetitor ini untuk memastikan bisnis tidak tumbang di tengah jalan. 

Cara Agar Usaha Tetap Maju Ditengah Banyaknya Kompetitor

Tidak mudah dalam berbisnis di bidang yang memiliki banyak pesaing, seperti di bidang desain interior ini. Namun, kamu akan tetap bisa bertahan bahkan terus maju mengalahkan kompetitor lainnya dengan melakukan cara-cara ini. 

Ambil Pendekatan Agresif dalam Pemasaran 

Seiring pertumbuhan industri desain interior, kamu perlu mengambil pendekatan yang lebih agresif untuk memasarkan layanan maupun produk yang kamu miliki. Pilih beberapa channel yang sekiranya tepat untuk menjadi media pemasaran. Bila kamu merasa media sosial justru merugikan dan hanya memiliki konten-konten yang basi, maka segera hentikan. 

Ganti dengan cara lainnya seperti menggunakan visualisasi 3D atau video yang menunjukkan langsung layanan dan hasilnya. Bisnis akan terlihat lebih menarik di mata calon konsumen dan membuat mereka lebih mungkin untuk memilih perusahaan kamu daripada pesaing.

Jual Dirimu Bukan Jiwamu

Beberapa orang berpikir bahwa untuk menjadi pemilik bisnis desain interior dengan gelar sarjana, kamu harus mempertaruhkan siapa kamu sebenarnya. Pada kenyataannya segala sesuatu tentang kepercayaan diri itu penting bahwa kamu adalah seorang desainer yang baik yang menyediakan layanan desain interior.

Bisnis ini adalah tentang pendapatan. Sebenarnya, kamu 75% seorang salesman, dan sisanya berkaitan dengan gaya dalam ruangan. Miliki kepercayaan pada diri sendiri. Yakinlah dengan desain yang kamu buat. Jangan ragu untuk memasukkan pelanggan potensial ke laman portofolio untuk meyakinkan para calon konsumen lain. 

Tingkatkan Portofolio Digital

Berapa banyak situs desain yang sudah kamu kunjungi tanpa ada gambar portofolio di dalamnya? Lebih buruk lagi, foto-foto mereka sudah kedaluwarsa, yang diambil dari beberapa tahun silam. 

Sulit dari pandangan klien untuk memutuskan apakah estetika dan kepribadian seorang desainer sejalan dengan mereka. Klien potensial akan melewati kamu jika hanya ada sedikit yang bisa dilihat atau apa yang kamu tampilkan terlihat basi.

Pastikan kamu atau perusahaan memiliki portofolio digital yang fresh setiap kali ada klien-klien baru. Pasalnya, bisnis desain interior akan lebih meyakinkan bila memiliki banyak hasil karya yang sudah dikerjakan. Dari sana, calon konsumen akan bisa melihat gaya desain ruang kamu dan penataannya. 

Tunjukkan Gaya Khas/Estetika Desain Kamu

Sebagian besar pelaku di bidang desain interior menggunakan konsep yang umum dan sudah banyak dipakai orang-orang, lantaran tidak ada yang memperhatikan secara detail. Namun, itu justru akan terlihat monoton dan tidak menarik bagi calon klien yang menyukai seni dan detail. 

Maka, untuk bisa menembus pasar, kamu perlu menunjukkan gaya khas atau estetika dari desain kamu sendiri. Tonjolkan keunikan dari desain dan pastikan itu berbeda dari yang lain atau bahkan belum ada di pasaran. Hindari konsep yang sama bila ingin bertahan di tengah persaingan yang ketat. 

Cara agar usaha tetap maju di tengah banyaknya kompetitor adalah memastikan setiap konsumen yang menggunakan layanan desain interior kamu memiliki desain yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan mereka. 

Cukup masukkan karya yang sudah jadi dalam portofolio untuk referensi calon klien berikutnya. Namun, kamu tetap harus memberikan perubahan dan keunikan yang berbeda dari desain sebelumnya. 

Gunakan Pengalaman Pelanggan dalam Menikmati Layanan 

Mungkin kamu dapat melihat sendiri seberapa loyal pelanggan produk Apple ketika sudah memakainya. Mereka akan terus melakukan pembelian ulang lantaran sudah merasakan sendiri seperti apa rasanya menggunakan produk-produk buatan Apple. Akan sangat sulit untuk lepas. Sebab, kamu akan terus membandingkan dan kembali lagi ke produk bergambar apel ini. 

Begitupun dengan bisnis desain interior kamu. Berikan customer experience yang luar biasa pada konsumen. Gunakan itu untuk mendekati mereka dan memasukkan mereka dalam komunitas yang akan terus menggunakan jasa-jasa kamu. 

Pastikan kamu memberikan perjalanan yang luar biasa kepada konsumen dalam proses desain dan penataan ruang favorit mereka. Gunakan material terbaik dan selalu dengarkan apa yang menjadi masukan serta keinginan mereka. Diskusikan bila ada yang belum sesuai. Berikan pelayanan yang ekstra. 

Dari sana, mereka akan menaikkan kepercayaan pada bisnis kamu dan akan menggunakannya lagi di lain waktu. Bahkan, tidak jarang mereka justru menjadi media yang tepat untuk mempromosikan layanan desain interior kamu. 

Lima cara agar usaha tetap maju di tengah banyaknya kompetitor sudah dijelaskan. Kini, saatnya kamu mengimplementasikannya secara langsung di lapangan. Sesuaikan tiap cara dengan kebutuhan perusahaan. 

Selalu lakukan analisis setelah menerapkan satu cara, agar kamu bisa mengetahui lebih cepat apa yang menjadi kekurangan dari strategi tersebut. kamu pun jadi lebih cepat memperbaikinya. Bisnis interior kamu akan berkembang semakin pesat.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis desain interior kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Agar Usaha Tetap Maju di Tengah Banyaknya Kompetitor

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​