Home » Strategi-bisnis » 2 Kisah Sukses Pemilik Brand Bisnis Desain Interior

2 Kisah Sukses Pemilik Brand Bisnis Desain Interior

2 Kisah Sukses Pemilik Brand Bisnis Desain Interior

Simak kisah sukses dari para pemilik brand ternama bisnis desain interior yang bermanfaat untuk kamu ketahui.

Memulai dan mengembangkan usaha merupakan hal yang sangat menantang, tidak terkecuali pada bidang bisnis desain interior.

Banyak orang yang memiliki bakat dalam bidang desain interior, namun ragu untuk mengembangkannya.

Simak kisah sukses 2 pebisnis interior ini agar menjadi inspirasi!


Dimas Harry Priawan (Dekoruma)

Dimas merupakan salah satu founder dari start-up bisnis desain interior terbesar di Indonesia, yaitu Dekoruma.

Berdiri di tahun 2015, Dekoruma menjadi platform pertama yang menyediakan jasa pemesanan furnitur dan desain interior secara online.

Berikut adalah beberapa kiat sukses dari Dimas:

1. Berangkat dari permasalahan pribadi

Dimas memulai bisnis interior miliknya karena permasalahan yang ia alami.

Sebelumnya, ia tinggal di Singapura dan mendapatkan rumah yang lengkap dengan seluruh interiornya. Namun, ketika kembali pulang ke Indonesia, ia tidak dapat menjumpai hal itu.

Dimas bersama istri harus membeli sendiri berbagai macam furnitur interior di rumah barunya. Dimas menilai hal yang merepotkan ini juga banyak orang alami.

Oleh karena itu, ia berinisiatif untuk mengembangkan bisnis dalam sebuah website yang memudahkan orang untuk membeli dan mendesain furnitur.

2. Berani bekerja sama dengan banyak vendor

Dimas memulai bisnisnya dengan bekerja sama dengan berbagai vendor furnitur.

Tidak hanya 1 atau 2 vendor saja, namun lebih dari 5 vendor. Termasuk di dalamnya vendor kursi, vas bunga, lampu hias, hingga peralatan dapur. Ia memilih vendor yang memiliki kualitas produk unggul.

Awalnya, ia mengalami kesulitan untuk melakukan kerja sama dengan vendor. Hal ini terjadi karena konsep bisnis interior baru yang ia mulai belum banyak orang-orang gunakan. Namun, ia terus bekerja keras.

3. Memanfaatkan peluang & menyediakan solusi

Salah satu kunci dari kesuksesan bisnis adalah pandai memanfaatkan peluang dan menyediakan solusi.

Dimas memiliki kepandaian untuk memanfaatkan keduanya. Ia melihat peluang di bisnis interior cukup besar, karena setiap sektor bangunan mulai dari rumah, kantor, hingga rumah makan membutuhkan furnitur interior.

Namun, banyak orang yang merasa mencari furnitur adalah hal yang memakan banyak waktu. Oleh karena itu, Dimas menyediakan platform Dekoruma yang membantu klien mendesain ruangan sesuai dengan keinginan.

Tak hanya itu, Dekoruma juga membantu merealisasikan kebutuhan tersebut.

4. Memiliki goals serta visi-misi yang jelas

Sama seperti pemilik bisnis lainnya, memiliki goals serta visi-misi yang jelas adalah kunci dari sebuah bisnis agar berkembang.

Dekoruma memiliki visi yang jelas sebagai penyedia jasa desain interior dan home living yang terpercaya untuk berbagai konsumen.

Dari visi tersebut, Dimas memiliki goals agar dapat melebarkan pasar bisnis interior miliknya hingga ke seluruh Indonesia.


Galih Surya Irawan (Apiik Interior and Home Decor)

Galih merupakan seorang pemilik bisnis desain interior asal Jawa Tengah.

Ia sukses mengembangkan bisnis interiornya dalam usia muda. Berawal dari membantu teman untuk mendesain rumah, kini ia sudah memiliki banyak klien dari berbagai sektor bisnis.

Lalu, apa saja kiat sukses Galih dalam berbisnis?

1. Memiliki keberanian untuk memulai bisnis

Hal pertama yang wajib para pemilik bisnis miliki adalah keberanian untuk memulai bisnis itu sendiri.

Menurut Galih, jika bisnis yang ingin kamu jalankan hanyalah sebuah rencana tanpa aksi, maka sama saja dengan tidak ada keinginan memulai bisnis. Mulailah bisnis yang kamu rencanakan walau dalam skala kecil.

Kebanyakan orang, ragu untuk memulai bisnis dalam bidang desain interior karena takut tidak bisa memiliki banyak klien.

Padahal, nyatanya banyak cara-cara jitu dalam mencari klien yang dapat kamu pelajari secara gratis.

2. Pandai menjalin relasi

Bisnis yang Galih jalankan bukanlah bisnis yang giat melakukan promosi melalui platform media sosial seperti kebanyakan bisnis lainnya.

Ia mengandalkan promosi dari orang ke orang (word of mouth) untuk memajukan bisnis desain interior yang ia miliki. Cara tersebut ternyata cukup efektif untuk mendapatkan banyak orderan.

Oleh karena itu, menjalin relasi sangatlah penting dalam bisnis desain interior karena relasi bisa menjadi tempat untuk promosi secara gratis.

Untuk itu, kualitas produk yang bisnisnya buat haruslah selalu unggul, agar klien puas dan menyarankan rekannya untuk menggunakan jasa serupa.

3. Mengusung kustomisasi desain sebagai keunikan bisnis

Satu hal lagi yang Galih usung sebagai salah satu identitas dan keunikan bisnisnya adalah sistem custom desain.

Custom desain memungkinkan para klien untuk memesan produk atau desain sesuai dengan keinginan mereka, baik dari segi dimensi, warna, hingga model.

Galih akan membantu mendesain produk interior, dan klien bisa dengan leluasa mengubahnya jika tidak cocok dengan keinginan.

Hal inilah yang membuat para klien bisnis interior milik Galih terus berdatangan. Namun, Galih masih memiliki mimpi untuk bisa memproduksi produk interior secara massal.


Ada Kisah & Kiat Sukses yang Bisa Kamu Contoh?

Itulah beberapa kisah dan kiat-kiat sukses dari dua pemilik bisnis desain interior yang sudah cukup sukses di Indonesia.

Memulai bisnis merupakan suatu tantangan besar. Namun, dengan menjadi pemilik bisnis dapat mengantarkan kamu ke titik mandiri finansial.

Jadi, selalu semangat dan pantang menyerah untuk memulai bisnis, ya!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
2 Kisah Sukses Pemilik Brand Bisnis Desain Interior

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​