Home » Strategi-bisnis » 3 Cara Menentukan Gaji Karyawan dalam Bisnis Cemilan

3 Cara Menentukan Gaji Karyawan dalam Bisnis Cemilan

3 Cara Menentukan Gaji Karyawan dalam Bisnis Cemilan

Sebagai seorang pemilik usaha yang mempunyai banyak karyawan, kamu pasti pernah bingung bagaimana cara menentukan gaji karyawan bisnis cemilan milikmu. Pasalnya, setiap posisi karyawan harus memiliki gaji yang sesuai dengan standar yang berlaku dan ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan beban kerja masing-masing orang. 

3 Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Cemilan

Gaji karyawan adalah satu hal wajib yang kamu pelajari saat membuka usaha. Karena setiap usaha tidak hanya mencari keuntungan, namun membuka lapangan pekerjaan. Gaji yang kamu berikan per periode kepada karyawan sangat penting untuk keberlangsungan hidup mereka. Berikut ini cara menentukannya:

Riset Gaji Rata-rata Karyawan Bisnis Cemilan

Urusan gaji para karyawan memang menjadi kebijakan dari setiap perusahaan bisnis yang bersangkutan. Namun, sebagai pebisnis yang baik, kamu dapat terlebih dahulu meriset berapa range gaji karyawan yang ada pada bisnis cemilan para kompetitormu.

Tentunya, ada beberapa alasan yang berpengaruh untuk menentukan range gaji setiap karyawan yang ada dalam bisnis cemilan, yaitu:

  • Nilai perusahaan
  • Rata-rata pendapatan perusahaan bisnis per periode tertentu
  • Branding perusahaan

Semakin besar nilai ketiga poin di atas pada sebuah perusahaan, maka akan semakin besar pula range gaji rata-rata karyawannya.

Contohnya, untuk bisnis cemilan yang sudah memiliki nama seperti PT Siantar Top, rata-rata gaji karyawannya adalah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 15 juta. Namun, untuk brand bisnis camilan yang masih baru dan merintis, biasanya rata-rata gaji karyawan adalah sekitar Rp 700 ribu sampai Rp 4 juta.

Berdasarkan Upah Minimum Provinsi

Kedua, kamu dapat menyesuaikannya dengan rata-rata UMP (Upah Minimum Provinsi) yang ada di domisili perusahaan bisnismu. Namun, ini juga berhubungan dengan cara pertama, kamu dapat menyesuaikan upah minimum provinsi dengan kemampuan rata-rata bisnis cemilan per periode.

Contohnya, untuk perusahaan bisnis camilan yang masih termasuk Usaha Kecil dan Mikro dengan pendapatan Rp 76 juta sampai Rp 1 miliar per tahun. Maka, gaji karyawannya paling sedikit adalah 50% dari nilai konsumsi yang berlaku di provinsi tersebut.

Misalnya, bisnis cemilan milikmu berdomisili di Jakarta dengan nilai upah minimal para pekerja (UMP) di tahun 2022 adalah sebesar Rp 4,64 juta per bulan. Maka, range minimal yang dapat kamu berikan untuk para karyawan bisnis cemilanmu adalah sebesar Rp 2,32 juta per bulannya.

Sebaliknya, jika perusahaanmu memiliki omset rata-rata Rp 350 juta sampai Rp 3 miliar per tahunnya. Kamu diharapkan dapat menggaji karyawanmu sesuai dengan UMP yang berlaku di domisili perusahaan.

Sesuaikan dengan Nilai Posisi dan Jabatan Karyawan

Selanjutnya, kamu dapat menyesuaikan gaji para karyawan dengan menganalisa nilai posisi dan jabatannya. Setiap karyawan pasti datang dari pengalaman dan skill yang berbeda-beda. Tentunya, hal itu dapat menunjang tingginya nominal gaji.

Untuk itu, sebagai pebisnis, kamu perlu mengetahui apa saja posisi dan jabatan yang kamu butuhkan dalam bisnis cemilan, contohnya:

Sales atau Content Creator

Pemilihan karyawan yang bertugas dalam menarik minat pembeli dapat kamu sesuaikan dengan strategi marketing yang ada dalam bisnis milikmu. 

Namun, jika kamu memiliki karyawan di bagian sales atau content creator. Gaji rata-rata yang dapat kamu tawarkan adalah Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta per bulan, tergantung pengalaman.

Desain Grafis

Untuk seorang desain grafis yang penuh dengan pengalaman dalam hal seni, kamu dapat menyediakan nominal gaji rata-rata yaitu Rp 10 juta sampai Rp 71 juta per tahun tergantung pengalamannya.

Copywriter

Seorang copywriter yang memiliki tanggung jawab dalam membangun branding, memiliki gaji normal di nominal Rp 250 ribu per jam untuk pemula atau Rp 15 juta per bulan untuk senior.

Koki

Dalam bisnis cemilan, kamu perlu karyawan dalam bidang dapur. Carilah yang memiliki latar belakang pendidikan yang tepat dan sudah bekerja minimal 2 tahun menjadi koki. Gaji yang dapat kamu sediakan adalah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 20 juta per bulan tergantung tanggung jawabnya.

Ahli Gizi

Seorang ahli gizi diperlukan untuk menilai, menganalisis dan menyesuaikan gizi yang ada dalam produk cemilan milikmu. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kepercayan dari para calon pembeli, karena bisnismu tidak hanya mementingkan rasa, namun kualitas gizinya.

Mempekerjakan seorang karyawan yang memiliki latar belakang dan pengalaman sebagai ahli gizi. Mengharuskan kamu menyiapkan nominal gaji sebesar Rp 3,5 juta sampai Rp 15 juta per bulan tergantung pengalamannya.

Staf Dapur

Koki dibantu oleh para staf dapur, sesuaikan jumlah para staf dapur yang ada dalam bisnismu untuk membantu mengurangi pengeluaran untuk karyawan. Seorang staff dapur memiliki gaji rata-rata Rp 4 juta per bulan.

Customer Service

Karyawan customer service penting, agar para pembelimu memiliki tempat ‘mengadu’. Untuk gaji seorang customer service, rata-rata nya adalah sebesar Rp 4 juta sampai Rp 8 juta per bulan.

Content Writer

Content writer berguna untuk menulis konten yang sesuai dan menarik, sebagai bagian dari marketing bisnis. Gaji seorang content writer sangat beragam, yaitu sekitar Rp 3 juta sampai Rp 7 juta per bulan.

Yuk, Tentukan Gaji Karyawan Bisnis Cemilan dengan Bijak!

Itulah 3 cara yang dapat kamu ikuti dalam menentukan gaji karyawan yang ada di bisnis cemilan milikmu. Tentunya, gaji adalah sebuah kebijakan perusahaan, jadi pertimbangkanlah matang-matang berapa gaji dan jumlah karyawan yang kamu butuhkan.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
3 Cara Menentukan Gaji Karyawan dalam Bisnis Cemilan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​