Home » Strategi-bisnis » Gunakan 4 Jenis Layanan Ini untuk Memajukan Bisnis Kopi!

Gunakan 4 Jenis Layanan Ini untuk Memajukan Bisnis Kopi!

Gunakan 4 Jenis Layanan Ini untuk Memajukan Bisnis Kopi

Bentuk layanan kepada pelanggan adalah salah satu hal yang dapat membangun identitas bisnis kopi. Dengan adanya pelayanan kepada pelanggan, bisnis kopi yang kamu jalankan akan memiliki ciri khas untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Jenis layanan seperti apa yang dapat memajukan bisnis kopi?

4 Jenis Layanan yang Diminati di Bisnis Kopi

Bagi kamu yang baru mau terjun ke dunia bisnis kopi dan bingung mau menerapkan layanan seperti apa. Berikut adalah ulasan terkait 4 jenis pelayanan dalam bisnis kopi yang pelanggan minati:

Table Service

Table service atau pelayanan meja adalah salah satu layanan yang banyak digunakan di restoran-restoran ternama. Jenis pelayanan ini memungkinkan kamu memperlakukan pelanggan secara spesial, pasalnya pelanggan hanya tinggal duduk di meja dan pelayan yang akan menghampiri.

Untuk dapat melakukan jenis pelayanan table service, tentunya kamu harus melakukan training pada karyawan. Selain itu, ada beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan untuk melakukan table service, yaitu:

  • Merespon cepat atas panggilan pelanggan. Biasanya pelanggan akan mengangkat tangan untuk memanggil pelayan.
  • Berikan buku menu dan tinggalkan pelanggan agar leluasa memilih menu yang akan di pesan.
  • Tulis pesanan pelanggan dan membacakan ulang pesanan untuk memastikan tidak ada kesalahan.
  • Sajikan pesanan sambil menyebutkan satu persatu nama menu yang disajikan.
  • Berikan pelayanan dengan ramah. 

Jika kamu ingin memiliki gambaran lebih jauh terkait sistem table service, kamu dapat melihat video berikut ini. 

Counter Service

Jenis layanan bisnis kopi selanjutnya adalah sistem counter service. Sistem ini telah banyak digunakan di beberapa coffee shop dan restoran ternama. Sistem counter service ini berprinsip pada pelayanan cepat, dimana pelanggan yang memesan menu akan menunggu di counter hingga menu selesai dibuat.

Banyak sekali keunggulan dari sistem ini, antara lain: lebih menghemat waktu pelayanan, sistem pemesanan lebih terorganisir, dan meningkatkan performa kerja barista serta pelayan. Adapun beberapa restoran terkenal yang menggunakan sistem ini adalah Starbucks, Kopi Kenangan, Fore Coffee dan Janji Jiwa.

Untuk melakukan sistem counter service, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan:

  • Sebelum membuka outlet, pastikan semua bahan dari semua menu sudah siap, sehingga pelanggan tidak menunggu terlalu lama.
  • Buat sistem dua baris, satu baris adalah antrian pemesanan, satu baris adalah antrian untuk mengambil pesanan.
  • Siapkan menu-menu yang cepat untuk disajikan, disarankan tidak membuat menu berat, seperti nasi, spaghetti, dan lainnya.  
  • Bagi tim menjadi tiga, yaitu tim kasir, tim barista, dan tim pelayanan pelanggan agar sistem kerja terorganisir.

Untuk mengerti lebih lanjut terkait sistem counter service, kamu dapat mempelajarinya di sini.

Delivery Service

Sistem selanjutnya yang kebanyakan coffee shop di Indonesia terapkan adalah delivery service atau layanan pesan antar. Layanan ini merupakan layanan tambahan di samping layanan utama. Layanan pesan antar memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara jarak jauh.

Pelanggan dapat memesan produk kopi kamu dari rumah dan kurir akan mengantar pesanan pelanggan. Namun, jangan ambil pusing untuk menyiapkan kurir dan lain sebagainya. Kini, kamu dapat menjamu pelanggan dengan layanan delivery service melalui aplikasi pesan antar, seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Adapun beberapa tips yang dapat kamu perhatikan untuk memulai layanan pesan antar adalah:

  • Berikan kemasan yang aman dan anti tumpah untuk minuman. Sebaiknya menggunakan sistem kemasan sealing cup.
  • Bedakan antrian pesanan delivery dan pesanan biasa, agar lebih terorganisir.
  • Sebaiknya, hindari makanan yang mudah rusak atau mencair untuk dijadikan menu delivery, seperti ice cream dan waffle.

Untuk mempelajari lebih lanjut terkait sistem pesan antar makanan di aplikasi pemesanan makanan, kamu dapat melihat video tutorial Go Food, Grab Food dan Shopee Food.  . 

Drive Thru Service

Drive Thru Service merupakan salah satu layanan unggulan yang berhasil membuat branding beberapa restoran dan coffee shop semakin naik, seperti Starbucks dan McDonalds. Sistem pelayanan drive thru ini akan memudahkan pelanggan untuk dapat memesan menu tanpa harus turun dari kendaraan.

Belakangan ini, sistem drive thru sangat banyak diminati, sehingga bisa dan berpotensi untuk kamu terapkan di bisnis kopi milikmu. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memulai layanan drive thru, yaitu:

  • Pastikan restoran kopimu memiliki halaman yang luas. Buat sistem drive thru yang mengelilingi restoran, sehingga harus ada halaman kosong selebar mobil di samping dan belakang restoran.
  • Menambah karyawan. Untuk melakukan layanan drive thru, kamu harus melakukan penambahan karyawan khusus untuk menerima pesanan drive thru dan sebagai kasir drive thru.
  • Menyediakan pesanan dengan cepat. Karena pelanggan memesan dari dalam kendaraan, pastikan kamu dapat menyajikan pesanan dengan cepat untuk menghindari antrian. Untuk lebih memahami sistem drive thru, kamu dapat mempelajarinya di sini

Konsep Layanan Seperti Apa yang Akan Kamu Gunakan?

Itulah ulasan terkait empat jenis layanan yang dapat kamu gunakan di bisnis kopi milikmu agar semakin berkembang. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan adalah bentuk loyalitas sebagai penggerak usaha. Untuk itu, apapun layanan yang dipilih, tetap utamakan kenyamanan pelanggan, ya! Selamat mencoba!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Gunakan 4 Jenis Layanan Ini untuk Memajukan Bisnis Kopi!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​