Manfaat dan Keuntungan Digital Marketing untuk Bisnis Kopi

Manfaat dan Keuntungan Digital Marketing untuk Bisnis Kopi

Kini, dunia telah memasuki era dunia digital yang sudah pasti mengambil alih setiap aspek kegiatan bisnis, tak terkecuali bisnis kopi. Hal ini juga menyebabkan daya saing antar bisnis kopi terus meningkat. Karena semua serba digital, penting bagi kamu untuk menggali manfaat dan keuntungan digital marketing untuk bisnis kopi.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kopi

Apakah kamu sedang memiliki bisnis kopi dengan konsep yang unik, lokasi yang strategis, dan basis pelanggan tetap, tetapi penjualannya stagnan? Jika iya, cobalah untuk memaksimalkan manfaat dari digital marketing bisnis kopi kamu untuk menarik pelanggan baru dan mendorong mereka untuk kembali berikut ini:

Meningkatkan Citra dan Kredibilitas Coffee Shop

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pebisnis kopi adalah tidak mengembangkan brand-nya. Padahal, brand membantu menjaga identitas bisnis kopi kamu dan juga memberikan gambaran kepada calon pelanggan tentang kualitas dan jenis minuman kopi yang kamu sajikan. 

Tak hanya untuk mengkomunikasikan nilai dan karakter bisnis kopi kamu, brand juga membuat coffee shop kamu lebih menonjol dari pesaing. Demi meningkatkan brand bisnis kopi yang kuat dan mudah diingat, digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif dan pasti akan menarik lebih banyak pelanggan.

Apakah kamu ingin membangun brand bisnis kopi yang unik dan energik di industri minuman kafein atau mengasosiasikan brand kamu dengan secangkir kopi yang nyaman dan aman untuk keluarga? Atau apakah kamu ingin menjadikan brand bisnis kamu perspektif kelas atas yang elegan? 

Apapun itu, pastikan brand bisnis kopi kamu dapat dengan mudah dikenali. Lalu, ekspresikan karakter dan citra tersebut itu di website coffee shop kamu, media sosial, kemasan yang unik, dan iklan yang menarik.

Menjadikan Bisnis Kopi Kamu Terlihat Lebih Profesional

Kebanyakan konsumen di era digital beranggapan bahwa bisnis yang belum memiliki website atau akun media sosial khusus, maka bisnis tersebut dapat dikatakan belum profesional, begitu juga dengan bisnis kopi. 

Maka dari itulah, penting untuk kamu menggunakan salah satu metode digital marketing, yakni social media marketing untuk bisnis kopi kamu. Entah itu bisnis kopi yang sudah lama berjalan atau masih tergolong baru. 

Banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan menerapkan social media marketing atau membuat website khusus coffee shop. Kamu bisa lebih gencar mempromosikan produk minuman kopi kamu via media daring sekaligus meningkatkan visualisasi produk kamu untuk meyakinkan pelanggan. 

Sudah banyak bisnis kopi yang memanfaatkan platform media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, dan lain-lain) serta website dan sukses meningkatkan minat beli.

Menghemat Biaya, Waktu, dan Tenaga

Manfaat dan keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan digital marketing untuk bisnis kopi kamu adalah bisa menghemat lebih banyak biaya, waktu, dan tenaga daripada strategi pemasaran lainnya. 

Mulai dari menjangkau konsumen yang lebih luas, mengenalkan produk kopi, memberikan pelayanan kepada publik, dan lain-lain. Bisa kamu lakukan dengan mudah, cepat, dan budget yang bisa disesuaikan. 

Misalnya saja, jika kamu menggunakan teknik Facebook Ads sebagai bagian digital marketing bisnis kopi. Kamu cukup memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti Facebook Analytics, Audiens Insight, hingga Campaign Budget Optimization. 

Dengan fitur-fitur tersebut, kamu bisa melihat informasi tentang demografi pengguna, kinerja iklan bisnis kopi yang sudah kamu buat, hingga, mengoptimalisasi iklan tersebut agar tujuan kamu tercapai, tapi dengan biaya yang affordable.

Bayangkan saja, kisaran biaya untuk memasang iklan di Facebook mulai dari Rp10.000,00-Rp30.000,00 per hari. Beda halnya dengan strategi marketing coffee shop secara kovensional yang jangkauan promosinya terbatas dan perlu mengeluarkan dana dan tenaga yang lebih besar, serta memakan waktu yang lebih lama.

Nah, itu hanya salah satu contoh salah satu metode digital marketing menggunakan Facebook Ads. Masih banyak metode lain yang bisa kamu pelajari, seperti Instagram Ads, Influencer Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan sebagainya untuk menghemat biaya, waktu, dan tenaga dalam mempromosikan bisnis kopi kamu.

Mempermudah Evaluasi Bisnis Kopi

Yang tak kalah penting, digital marketing bisa menguntungkan kamu dalam proses evaluasi bisnis yang lebih mudah. Sebagai contoh, kamu bisa memantau peringkat organik bisnis kopi kamu secara umum melalui Google My Business, melihat tingkat keterlibatan audiens melalui interaksi di media sosial, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menghubungkan website coffee shop kamu ke Google Analytics untuk melihat jumlah bounce rate. Mendapatkan feedback dari pelanggan melalui survey online juga bisa kamu lakukan dengan mudah untuk bisa mengetahui persepsi pelanggan tentang kekuatan dan kelemahan bisnis kopi kamu.

Meningkatkan Profit Bisnis Kopi

Adanya fitur transaksi online juga merupakan salah satu manfaat dan keuntungan digital marketing untuk bisnis kopi. Misalnya saja, Facebook Marketplace, TikTok Shop, platform e-commerce, dan lain-lain. 

Terlebih lagi, saat ini sebagian masyarakat berada di rumah dan lebih suka memanfaatkan platform digital untuk bertransaksi, termasuk membeli kopi.

Adanya pergeseran tren ini, tak heran jika banyak pebisnis kopi yang mulai gencar memanfaatkan digital marketing. Sebut saja bisnis Kopi Kenangan yang memangkas 100% biaya marketing offline-nya guna mendongkrak pemasaran secara online. Berkat aksinya ini, mereka berhasil meningkatkan penjualan hingga 80%.

Yuk, Rasakan Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kopi Kamu!

Demikianlah manfaat dan keuntungan digital marketing untuk bisnis kopi yang bisa kamu rasakan, jika menerapkan dan memaksimalkannya. Setelah mengetahui manfaatnya, jangan ragu untuk belajar dan belajar lagi cara mempraktekkan digital marketing melalui berbagai platform dan teknik.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
Berlangganan
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.