Home » Strategi-bisnis » Strategi Branding Bisnis Kosmetik untuk Tingkatkan Value

Strategi Branding Bisnis Kosmetik untuk Tingkatkan Value

Strategi Branding Bisnis Kosmetik untuk Tingkatkan Value

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan jika mengembangkan value brand dengan baik, salah satunya adalah peningkatan jumlah penjualan produk. Untuk kamu yang memiliki bisnis, khususnya bisnis kosmetik, kamu dapat meningkatkan value dengan branding secara offline maupun online.

Value bisnis adalah sesuatu yang dapat dijadikan alasan oleh orang untuk membeli suatu produk. Maka, subjek yang dipentingkan dalam peningkatan value ini adalah para calon pembeli. Nah, ada 4 jenis customer value yang ada, yaitu Social Value, Psychological Value, Monetary Value, dan Functional Value

Strategi Branding Bisnis Kosmetik Demi Tingkatkan Value

Cara untuk meningkatkan strategi branding yang tepat untuk kamu yang memiliki bisnis kosmetik adalah sebagai berikut:

Perbaiki Kualitas Produk

Cara pertama untuk meningkatkan branding value dari bisnis kosmetik yang kamu miliki tentunya berasal dari dalam. Kamu bisa memulainya dengan memperbaiki kualitas produk yang kamu punya. Ikutilah beberapa cara berikut ini:

  • Memiliki Nomor BPOM

Sebagai pebisnis kosmetik, jika kamu ingin produkmu dapat dipercayai, kamu harus mengantongi izin resmi dari pemerintah untuk mengedarkan produkmu.

Dengan izin ini, artinya produk yang kamu miliki bebas dari bahan yang berbahaya dan dilarang, seperti Hidrokuinon, Pewarna K3 & K10, Merkuri, dan Asam Retinoat.

  • Mencari Supplier yang Berkualitas

Kualitas bahan baku dalam kosmetik memang sangat menentukan hasil akhir dan harga dari produk itu sendiri. Banyak brand kosmetik yang memakai supplier seadanya dengan tujuan untuk menekan harga, namun kamu dapat menekan harga tanpa harus menurunkan kualitas.

Caranya, terlebih dahulu kamu harus mengetahui bagaimana caranya membedakan bahan baku yang berkualitas dan tidak. Untuk ini, kamu dapat merekrut karyawan dengan latar belakang yang sesuai, seperti Sarjana Farmasi dan Obat-Obatan.

Pastikan juga bahan baku yang kamu pakai sudah memenuhi food grade yang berlaku di international, contohnya dari AOS Products Private Limited

Sesuaikan Harga dengan Target Pasar

Walaupun harga menentukan kualitas, namun harga tidak selalu menentukan value yang kamu miliki dalam membuka usaha brand kosmetik. Kamu dapat meningkatkan value dengan cara yang lain, salah satunya adalah dengan memiliki target pasar.

Dalam mencapai kesuksesan usaha, kamu tidak bisa memiliki banyak target pasar. Maka dari itu, pilihlah target dan kesan yang ingin kamu ambil dari awal peluncuran brand. Contohnya, apakah brand kosmetik milikmu lebih mementingkan remaja atau rentang umur dewasa?

Dengan menentukan satu hal ini saja, kamu sudah dapat menentukan langkah selanjutnya, seperti:

  • Pemilihan Harga Produk

Produk untuk para remaja pastinya harus memiliki harga dan bahan yang cocok untuk kulit dalam masa pertumbuhan. Misalnya, foundation untuk para remaja tidak harus memiliki tingkat coverage yang tinggi. Namun, lebih fokuslah dalam melindungi kulit dari sinar matahari, karena aktivitas remaja yang banyak di luar.

Harga produk yang cocok untuk kantong remaja juga ada dalam rentang Rp15.000,00 sampai Rp80.000,00.

  • Pemilihan Kesan Produk

Kesan produk adalah bentuk packaging, warna, desain tulisan pada produk, dan sebagainya.

Tingkatkan Digital Marketing

Sebagai salah satu strategi branding bisnis yang paling sesuai saat ini, kamu juga dapat meningkatkan value brand kosmetik dengan meningkatkan pemasaran dalam bentuk digital atau online. 

Sebab, media online memiliki cangkupan yang lebih luas, sehingga sangat tepat untuk kamu yang ingin melebarkan “sayap” mencari pembeli baru. Ada beberapa tips bagi kamu yang ingin meningkatkan digital marketing, yaitu:

  • Optimasi SEO

Search Engine Optimization adalah salah satu teknik agar website atau situs online yang kamu miliki dapat lebih dahulu tampil pada halaman pencarian. Dengan mengoptimalkan ini, situs milikmu akan mendapat banyak engagement (views, komentar, likes, dan sebagainya).

Hal ini dapat kamu lakukan dengan memilih keyword yang tepat dan aktif dalam situs online bisnis kosmetik milikmu.

  • Memiliki Website Sendiri

Selain menambah profesionalitas kerja, kamu juga dapat menjadikan website tersebut menjadi situs jual beli. Sehingga, para pembeli gampang mendapat informasi terhadap produk kosmetik yang kamu jual.

  • Lakukan Iklan Berbayar Pada Media Sosial Populer

Media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube, dan Facebook adalah salah satu contoh penyedia fitur iklan berbayar. Dengan memakai fitur iklan pada aplikasi tersebut, akun milikmu dapat direkomendasikan oleh orang-orang yang memiliki minat di bidang kosmetik dan memiliki potensi untuk membeli produkmu.

Terima Saran dari Para Pembeli

Saran pembeli dapat kamu jadikan sebagai pembelajaran dan sebagai strategi marketing. Sebagai pebisnis kosmetik, kamu tentu tidak akan lepas dari kritik dan saran dari masyarakat yang telah mencoba produkmu. Jadikan itu pembelajaran agar para pembeli merasa “terlibat”.

Pembeli yang merasa terlibat ini akan meningkatkan respect terhadap brand kosmetik milikmu. Contoh, jika kamu dikritik berulang-ulang tentang penggunaan packaging yang kurang kokoh, kamu dapat menggantinya menjadi bahan yang lebih kokoh tanpa menambah modal yang terlalu besar.

Buatlah Strategi Branding yang Cocok untuk Produkmu!

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan value dari bisnis kosmetik milikmu dengan strategi branding yang tepat. Tentunya, strategi marketing yang cocok dapat kamu ketahui jika kamu sudah melakukan uji coba yang berulang-ulang. Jadi, jangan takut untuk mencoba hal baru, ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Branding Bisnis Kosmetik untuk Tingkatkan Value

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​