5 Bentuk Sustainability Branding di Bisnis Pakaian Anak

Bagaimana cara yang tepat untuk membentuk sustainability branding pada bisnis pakaian anak?

Sekarang ini, sebuah brand bisnis tidaklah cukup jika hanya mempunyai produk yang berkualitas, serta marketing yang tepat saran.

Namun, brand juga harus mempunyai perhatian pada lingkungan sekitarnya. Salah satunya dengan sustainability branding.

Pada dasarnya, sustainability branding adalah praktik bisnis serta konsep yang mulai banyak orang kenali dan lakukan pada bisnis mereka.

Sustainability branding merupakan konsep bisnis yang mempunyai kepedulian pada lingkungan, serta aspek sosial. 

Dalam hal ini, pemilik bisnis bukan hanya berfokus pada produk maupun jasa yang mereka hasilkan, tetapi juga mempertimbangkan dampak yang bisnis mereka timbulkan untuk lingkungan serta untuk manusia.

Dalam praktiknya, sustainability branding ini menggunakan konsep sosial, lingkungan serta ekonomi. 


5 Bentuk Sustainability Branding di Bisnis Pakaian Anak

Bagi kamu sebagai seorang pemilik bisnis pakaian anak, sustainability branding bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu segera terapkan.

Bila kamu bingung, seperti apa bentuk atau konsep bisnis sustainability branding dalam bisnis pakaian anak, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Silakan disimak!


1. Gunakan material dari bahan alami

Langkah yang pertama untuk menggunakan konsep sustainability branding ini adalah memperhatikan bahan material pada produk pakaian anak tersebut.

Perlu kamu ketahui, sustainability branding menggunakan material dari bahan alam, serta tidak menggunakan bahan kimia yang bisa merusak alam. 

Contohnya, kamu menggunakan bahan pakaian anak seperti katun dan linen, dibandingkan dengan membuat pakaian anak yang berasal dari spandex atau nylon dengan bahan dasar plastik. 


2. Mempunyai eco label

Bukan hanya memperhatikan masalah material produk, sustainability branding dalam bisnis pakaian anak juga sebaiknya memiliki eco label.

Eco label ini kamu gunakan sebagai penanda apabila produk yang kamu miliki tidak akan memberikan dampak buruk untuk lingkungan. 

Selain itu, kamu juga bisa memberikan pengetahuan bila produk pakaian anak yang kamu jual bertujuan untuk menginspirasi orang tua pada pilihan fashion buah hatinya. 

Bukan hanya itu, kamu juga dapat memberi pengetahuan bila sebagian profit yang bisnismu dapatkan akan kamu donasikan yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan. 


3. Mengurangi emisi karbon

Kemudian, sustainability branding ini bisa juga kamu lakukan dengan membeli bahan material secara lokal; mulai dari material produk, kemasan, hingga kebutuhan promosi. 

Semua kebutuhan tersebut menggunakan brand dari dalam negeri. Contohnya untuk kebutuhan promosi, kamu menggunakan marketing agency yang berasal dari Indonesia, kemudian bahan katun hingga kemasannya, kamu bisa bekerja sama dengan produsen Indonesia. 

Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi jumlah emisi karbon yang bisa merusak lingkungan serta kehidupan manusia. 


4. Mempunyai kemasan ramah lingkungan

Karena sudah merancang produk yang sustainable, jangan lupa juga untuk memperhatikan kemasan.

Kemasan yang kamu gunakan untuk mengemas produk harus kemasan yang ramah lingkungan, serta tidak memberi dampak buruk untuk tubuh manusia. 

Contohnya saja, kamu menghindari kemasan yang berasal dari bahan plastik, dan memilih kemasan dengan menggunakan bahan kertas. 


5. Mempunyai pengelolaan sampah yang baik

Sustainability branding bukan hanya memperhatikan produknya saja, tetapi proses produksinya.

Ketika ingin menggunakan konsep sustainability branding, kamu harus mempunyai cara tersendiri untuk pengelolaan sampah yang sesuai dengan peraturan setempat.

Contohnya saja seperti sampah hasil produksi pakaian anak, bisa kamu serahkan ke bank sampah, atau melakukan kerja sama dengan pengrajin sampah, sehingga nantinya sampah yang bisnismu hasilkan dari proses produksi menjadi hal yang bermanfaat, dan tidak seluruhnya menjadi 100% limbah.


4 Manfaat Sustainability Branding bagi Bisnis Pakaian Anak

Tentunya ada beberapa manfaat yang bisnismu bisa dapatkan dari penerapan konsep sustainability branding.

Berikut beberapa di antaranya:


1. Seimbang dalam menjaga alam serta mengembangkan bisnis

Ketika membangun bisnis, kamu tentu memerlukan berbagai macam koneksi, termasuk koneksi bisnis serta lingkungan.

Jangan sampai, bisnis yang kamu miliki memberi dampak buruk untuk lingkungan dan merugikan masyarakat sekitar. 


2. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness merupakan kemampuan konsumen untuk mengingat atau mengenali sebuah merek; baik dari nama, gambar, logo dan lainnya.

Dengan brand awareness ini, kepercayaan konsumen menjadi semakin bertambah, dan mendorong mereka menjadi konsumen loyal. 

Bila bisnis pakaian anak yang kamu miliki menggunakan sustainability branding, yang masih jarang bisnis lain gunakan, tentu saja hal ini akan memberikan kelebihan tersendiri.


3. Menjaga hubungan baik dengan konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sustainability branding ini bisa membantu menyeimbangkan kehidupan manusia, lingkungan, serta bisnis itu sendiri.

Masyarakat nantinya menjadi konsumen yang menggunakan produk pakaian anak yang kamu jual. 

Sehingga, akan terjalin hubungan yang baik antara pemilik bisnis serta konsumen. Kamu juga dapat mengedukasi serta memberi informasi pada konsumen mengenai upaya ramah lingkungan yang sedang kamu lakukan. 


4. Mengurangi potensi dampak limbah untuk lingkungan

Sustainability branding dapat mencegah terjadinya hal buruk pada lingkungan sekitar.

Konsep ini bukan hanya fokus pada produk maupun keuntungan bisnis, tetapi juga mempertimbangkan dampak buruk untuk lingkungan. 

Contohnya saja seperti dengan menggunakan bahan katun untuk membuat pakaian anak, dibandingkan dengan membuat pakaian dengan menggunakan bahan nylon


Yuk, Terapkan Sustainability Branding pada Bisnis Pakaian Anak!

Itulah beberapa penjelasan konsep dan manfaat dari sustainability branding pada bisnis pakaian anak yang sedang kamu rintis.

Mulai dari sekarang, tidak ada salahnya kamu menggunakan konsep ini dalam bisnis pakaian anak. Konsep ini dapat kamu lakukan untuk menyeimbangkan kehidupan manusia dan lingkungan.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.