Home » Strategi-bisnis » Sosial Media yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Kuemu!

Sosial Media yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Kuemu!

Sosial Media yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Bisnis Kuemu!

Bisnis yang tidak akan kehilangan pamornya adalah bisnis yang berkaitan dengan kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang tidak kalah menjanjikan adalah bisnis kue. Namun dikarenakan persaingan yang terbilang ketat, kamu perlu menggunakan strategi marketing yang baik. Kamu harus mengetahui juga sosial media yang perlu dimanfaatkan dalam bisnis kue kamu.

Artikel ini akan membahas tentang macam-macam jenis sosial media yang perlu dimanfaatkan dalam bisnis di bidang kuliner terutama bisnis kue serta tips penggunaan sosial media yang tepat agar dapat membuat bisnis kue milikmu mencapai audiens yang lebih besar.

Sosial media bisa digunakan untuk beragam macam kepentingan mulai dari penggunaan pribadi hingga ke ranah bisnis. Selain pemanfaatannya yang bisa untuk beragam kepentingan, seiring perkembangan zaman dan teknologi, sosial media semakin banyak jenisnya dan masing-masing semakin berkembang menjadi lebih baik. 

Sosial Media yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Kue

Sebuah bisnis tidak akan bisa lepas dari peran promosinya. Promosi yang dilakukan secara gencar-gencaran dapat membuat masyarakat luas akan melirik produk dari bisnis yang sedang kamu rintis. Salah satu cara promosi yang bisa dilakukan di masa sekarang yang serba digital ini, yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

Sosial media memiliki banyak jenis dengan manfaat dan tujuan yang dimiliki oleh masing-masing sesuai dengan target pasarnya. Jejaring sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan bisnis kue adalah sebagai berikut.

WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu sosial media yang banyak berperan dalam dunia bisnis. Dikatakan demikian dengan alasan bahwa aplikasi messenger tersebut memiliki fitur atau layanan berupa profil bisnis. Dengan adanya fitur tersebut maka akan sangat membantumu dalam mengurus bisnis kue yang sedang kamu rintis.

Fitur yang bisa kamu manfaatkan dengan mengaktifkan profil WhatsApp bisnis, di antaranya yaitu: membalas pesan otomatis dari pelanggan, membuat katalog terkait produk berupa kue, adanya statistik dari status pesan broadcast, serta memberi label kepada pelanggan.

Instagram

Salah satu sosial media dengan pengguna banyak dan bisa dimanfaatkan untuk menggencarkan promosi bisnis kuemu adalah Instagram. Dengan sosial media ini, kamu akan diberikan kesempatan lebih besar untuk memperlihatkan kue sebagai produk bisnismu dari segi visual. Kamu akan bisa memanfaatkan fitur mulai dari menunggah foto/video di linimasa, Instagram stories, hingga reels.

Tidak hanya itu, Instagram juga menyediakan fitur berupa pemasangan iklan dengan target yang bisa kamu atur, yang dinamai dengan fitur Instagram Ads. Fitur ini berbentuk iklan yang akan muncul dalam bentuk unggahan di linimasa atau Instagram Stories.

Facebook

Kepopuleran Facebook bisa kamu manfaatkan untuk keperluan bisnis. Dengan sosial media Facebook ini, kamu bisa mendapatkan engagement serta traffic website yang tinggi untuk bisnis kuemu. Kamu hanya perlu membuat laman Facebook akun bisnismu dan mengisinya dengan konten menarik, seperti kue-kue dengan desain unik dan sebagainya.

Selain itu, sama dengan Instagram, Facebook pun menyediakan fitur promosi bisnis dalam bentuk iklan. Facebook Ads bisa kamu manfaatkan untuk memperkenalkan bisnis kuemu ke jangkauan yang lebih besar.

Tiktok

Sosial media baru yang sedang booming dan banyak digemari oleh anak muda zaman sekarang adalah Tiktok. Dengan tampilan video, kamu bisa mempromosikan bisnis kuemu dengan cara membuat konten yang menarik perhatian publik, seperti misalnya mendekorasi kue hingga memberikan konten tutorial mudah.

Tips Sosial Media Agar Bisnis Kue Kamu Semakin Dikenal

Setelah mengetahui apa saja sosial media yang perlu dimanfaatkan dalam bisnis kue, penjelasan berikutnya beralih kepada tips pemanfaatan sosial media agar bisnismu semakin dikenal. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut.

Pilih Nama Akun yang Unik

Supaya bisnismu dapat dilirik, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat nama akun sosial media yang unik sesuai dengan nama bisnismu. Pilih nama yang menggambarkan identitas atau ciri dari bisnis kuemu agar lebih menarik.

Pemilihan Gambar

Tidak harus memiliki kemampuan dalam fotografi, namun kamu perlu untuk mengunggah foto kue yang menggiurkan agar menarik minat pengguna sosial media untuk membeli.

Penulisan Caption

Caption atau takarir di sosial media memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mengundang pengguna sosial media tertarik dengan bisnis kuemu. Caption memiliki tujuannya masing-masing, apabila unggahanmu bertujuan memberikan informasi makan gunakan bahasa yang informatif. Hal ini sama dengan apabila unggahan sosial media bisnismu bertujuan untuk menjual maka usahakan untuk menggunakan bahasa yang persuasif.

Penggunaan Hashtag

Penggunaan hashtag sangat membantu untuk membuat bisnis kuemu lebih dikenal banyak orang. Kamu bisa menggunakan hashtag mulai dari tingkatan luas hingga ke tingkatan sempit seperti nama dan slogan dari bisnis kuemu itu. contoh penggunaan hashtag untuk bisnis kue, yaitu #cake #yummycake #themostdeliciousfoodintown, dan sebagainya.

Buat Iklan

Beberapa sosial media di atas telah dijelaskan bahwa memiliki fitur pemasangan iklan. Supaya bisnis kuemu bisa menemukan pasar yang tepat, kamu bisa memanfaatkan fitur iklan ini.

Pembahasan terkait sosial media yang perlu dimanfaatkan dalam bisnis serta tips menggunakan sosial media di atas diharapkan dapat membantumu dalam merintis atau mengembangkan bisnis kuemu menjadi lebih besar lagi. semoga bermanfaat!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Sosial Media yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Kuemu!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​