Home » Strategi-bisnis » 5 Strategi Branding yang Tepat untuk Bisnis Laundry

5 Strategi Branding yang Tepat untuk Bisnis Laundry

5 Strategi Branding yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Apa saja strategi branding yang bisa digunakan untuk meningkatkan value pada sebuah bisnis laundry?

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis secara sederhana, tentu kamu tidak perlu repot-repot meluangkan waktu & tenaga untuk memikirkan persoalan brand.

Namun, jika kamu ingin bisnismu tumbuh & berkembang, bahkan hingga memiliki beberapa cabang, maka kamu perlu memperhatikan strategi branding dari bisnis tersebut.

Hal ini berlaku pada semua jenis bisnis, termasuk pada bisnis laundry.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa mempersiapkan strategi branding yang dapat meningkatkan value bisnis laundry di mata para konsumen?


5 Strategi Branding yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis laundry, kombinasi strategi branding & pemasaran merupakan pilihan strategi yang cukup tepat.

Pasalnya, bisnis laundry milikmu pasti memiliki kompetitor lain yang juga melakukan hal serupa.

Tanpa kombinasi strategi yang pakem, tentu bisnismu akan tertinggal, dan sulit untuk berkembang ke depannya.

Nah, berikut adalah beberapa strategi branding yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan value bisnis di mata konsumen.

Silakan disimak!


1. Nama brand bisnis yang unik

Hal pertama yang perlu kamu lihat & evaluasi adalah nama dari bisnis laundry milikmu.

Apakah nama yang dipilih sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan?

Apa nama brand tersebut cukup unik, dan mudah diingat?

Nama brand yang kamu pilihlah haruslah sesuai, relevan, unik, dan mudah dikenali serta diingat oleh konsumen.

Misalnya, untuk bisnis laundry, kamu bisa menggunakan nama seperti “Toko Serba Bersih”, “Cuci Bersih”, “Cuci Cepat”, “Cuciyan Laundry”, dan lain sebagainya.

Kamu bisa lihat dari contoh, semua nama tersebut memiliki keterkaitan dengan bidang bisnis laundry. Nama-nama tersebut juga menampilkan keunikan masing-masing.

Nama yang unik hampir pasti akan selalu diingat oleh orang-orang.

Tidak hanya itu, nama yang kamu pilih juga akan memiliki pengaruh langsung terhadap strategi pemasaran dan copywriting yang akan dilakukan nantinya.

Jadi, pertimbangkan secara matang pemilihan nama brand di awal, ya.


2. Identitas visual yang relevan

Pada dasarnya, orang-orang akan lebih tertarik serta fokus pada bentuk visual terlebih dahulu.

Maka dari itu, aspek visual ini perlu kamu perhatikan juga.

Identitas visual meliputi logo, warna, dan tipografi dari brand bisnis laundry milikmu.

Sesuaikanlah desain logo dengan nama brand yang kamu telah pilih di awal.

Tidak perlu terlalu banyak aksesori atau ornamen pada logo, cukup tampilkan logo yang rapi & estetik saja.

Pemilihan warna & bentuk huruf juga perlu kamu pertimbangkan.

Pada bisnis laundry, mungkin kamu bisa memilih kombinasi warna yang melambangkan kebersihan, kecepatan, dan kerapian seperti putih & biru, serta bisa ditambahkan juga elemen lain dengan warna abu-abu, atau yang lebih mencolok seperti merah & kuning.


3. Optimalisasi media sosial

Cara berikutnya adalah membuat brand bisnis laundry menjadi aktif di media sosial.

Gunakanlah berbagai media sosial yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok.

Setelah itu, kamu bisa menyusun agenda konten, dan mulai aktif mengunggah berbagai konten yang berkaitan dengan brand bisnis laundry milikmu di sana.

Supaya lebih fokus, ada baiknya juga jika kamu menugaskan seseorang yang bisa mengelola semua akun bisnis tersebut secara profesional.

Selain untuk mengunggah konten (foto & video), kamu pun dapat beriklan & berkomunikasi dua arah dengan para pengguna platform lainnya melalui media sosial tersebut.

Semakin aktif kamu mengunggah konten, serta semakin banyak pengguna yang berinteraksi dengan akunmu, maka akan semakin disebar pula konten-konten tersebut oleh setiap platform.

Alhasil, brand bisnis laundry milikmu akan lebih luas dalam menjangkau pengguna media sosial, serta semakin mudah dikenali.


4. Penyesuaian brand dengan website

Situs resmi bisnismu, atau landing page (jika ada) juga harus didesain sesuai dengan tema brand yang kamu usung.

Mulai dari pemilihan warna, peletakan logo, serta pemilihan jenis huruf; semua sebaiknya disesuaikan dengan desain brand yang kamu telah tentukan sebelumnya.

Jika kamu kurang menguasai bidang ini, ada baiknya kamu menyewa jasa seorang website developer, untuk membantumu membuat website yang sesuai dengan brand, sekaligus responsif, dan mudah diakses oleh siapa saja.


5. Penyesuaian promo & potongan harga

Cara terakhir yang bisa melengkapi strategi branding dari bisnis laundry milikmu adalah menyesuaikan program promo & potongan harga dengan identitas brand.

Sebagai contoh, bisnis laundry milikmu memiliki target konsumen pekerja kantoran & mahasiswa. Maka, kamu perlu memberikan bentuk promo yang sesuai dengan kebutuhan kelompok konsumen tersebut.

Jika yang disasar adalah kelompok pekerja kantoran yang selalu sibuk, maka kamu bisa memberikan promo layanan delivery gratis untuk menarik minat mereka.

Lalu, pastikan juga media yang kamu gunakan untuk berpromosi tersebut adalah media yang juga banyak digunakan oleh para konsumen.

Hal ini bertujuan agar semua promo & informasi yang bisnismu rilis bisa segera menjangkau kelompok konsumen tersebut.

Semakin relevan penawaran yang kamu buat dengan kebutuhan konsumen, maka akan semakin cepat pula brand milikmu dikenali oleh mereka.

Dengan banyaknya kemudahan serta value yang ditawarkan, bukan tidak mungkin mereka akan segera berubah menjadi konsumen setia.


Siap Melaksanakan Strategi Branding untuk Bisnis Laundry?

Itulah cara-cara jitu yang bisa kamu lakukan dalam melaksanakan strategi branding pada bisnis laundry.

Mulai dari menentukan nama dan logo brand, menggunakan media sosial & website untuk menjangkau lebih banyak konsumen, serta menyesuaikan program promo dengan identitas brand yang relevan dengan mayoritas konsumen.

Dengan begitu, brand bisnis laundry milikmu tentu akan identik dengan value yang bermanfaat bagi banyak konsumen.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Strategi Branding yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​