Home » Strategi-bisnis » Menentukan Budget Promosi Dalam Bisnis Madu, Begini Caranya

Menentukan Budget Promosi Dalam Bisnis Madu, Begini Caranya

Begini Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Madu

Seiring berkembangnya bisnis madu di Indonesia, minat masyarakat terhadap bisnis ini pun semakin meningkat. Bisnis madu memberikan keuntungan yang menjanjikan lantaran masih banyaknya konsumen yang percaya pada khasiat yang terkandung dalam madu. Bagi pengusaha yang tertarik untuk mengembangkan bisnis madu, ada beberapa upaya yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah cara menentukan budget promosi untuk bisnis yang akan kamu buat. 

Dalam memulai bisnis, hal paling utama adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah madu produksi kamu akan laku di pasaran. Selain itu, riset pasar memberikan informasi strategi promosi yang kompetitor kamu lakukan. 

Cara Menentukan Budget Promosi

Dalam berbisnis, promosi adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk mendatangkan konsumen atau pembeli. Selain itu, promosi juga dilakukan untuk menciptakan brand awareness sehingga konsumen mengenali produk yang kamu jual. Dalam bisnis madu pun tidak ada bedanya. kamu perlu melakukan strategi promosi untuk mengenalkan produk kamu menarik pembeli. Sebelum memulai promosi bisnis, tentukan terlebih dahulu budgeting promosi. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ini langkah-langkah pentingnya.

Buat Listing Dana yang Dimiliki

Daftar ini akan memberikan gambaran yang jelas strategi promosi apa yang bisa dilakukan. Susun daftar dana dengan rinci, misalnya jika kamu ingin melakukan promosi digital lewat media sosial, tuliskan platform apa yang akan digunakan. Tulis beserta rincian biayanya.

Jika kamu lebih memilih cara promosi konvensional, tulisan secara rinci apa saja yang akan dibuat, misalnya poster, spanduk, pamflet dan lain sebagainya. Jika kamu memerlukan desain, cantumkan berapa biaya desain yang diperlukan.

Pertimbangkan Anggaran yang Dimiliki

Untuk menjalankan promosi bisnis madu, anggaran adalah hal yang sangat penting dalam operasional perusahaan. Dengan adanya anggaran, marketing bisa mengembangkan produk agar mencapai target penjualan. Selain itu, marketing juga bisa merencanakan strategi promosi yang bisa dijalankan.

Hitung anggaran yang dimiliki agar bisa memulai strategi memasarkan madu. Dalam memutuskan strategi promosi, sebaiknya melibatkan eksekutif dan marketing sehingga dapat menentukan budgeting promosi yang disetujui semua pihak. Dengan begitu kegiatan promosi madu yang jadi produk utama kamu tidak akan terkendala apa pun.

Catat Biaya Operasional kamu

Sebuah perusahaan perlu tahu persis berapa banyak biaya yang dikeluarkan dan didapatkan dari bisnis yang dijalankan, termasuk biaya pengeluaran untuk keperluan promosi bisnis. Pasalnya bisnis adalah tentang pencatatan dan pembukuan yang rapi. Ketika sebuah bisnis memiliki pembukuan yang rapi dan terperinci, pemilik perusahaan akan mudah dalam mengecek kondisi perusahaan.

Itulah sebabnya perlu sekali mencatat semua biaya operasional yang dikeluarkan untuk keperluan promosi. Buat catatan dalam bentuk spreadsheet atau pembukuan lainya dan input semua biaya operasional saat ini dan biaya yang kemungkinan akan dikeluarkan nanti.

Biaya promosi biasa saja termasuk pembuatan hosting situs, outsourcing konten, dan semua bentuk promosi berbayar yang dijalankan untuk bisnis madu kamu. Data ini akan memberikan gambaran nyata dalam budgeting promosi bisnis madu kamu.

Tentukan Tujuan Promosi

Seperti yang kita ketahui, beberapa tujuan dilakukannya promosi bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan, sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan. Dengan melakukan promosi, pemilik bisnis juga bisa mengikat konsumen atau pembeli.

Promosi juga bisa membantu menjaga kestabilan penjualan. Ketika bisnis madu kamu sedang turun, promosi harus digencarkan untuk menjaring pembeli. Dan jika dilakukan dengan rutin, konsumen akan terus teringat-ingat pada produk madu yang dijual kamu. Inilah yang menyebabkan stabilnya bisnis kamu.

Buat Rencana Promosi yang Jelas

Setelah mengetahui tujuan dari promosi yang kamu lakukan, tentukan rencana dan bentuk promosi yang akan dilakukan.

Menyoal rencana promosi, kamu bisa melakukan secara offline dan online. Bentuk-bentuk promosi offline bisa dilakukan dengan membuat brosur, spanduk, lalu memasangnya di tempat-tempat strategis.

Sementara itu, bentuk promosi online bisa dilakukan dengan melakukan kampanye lewat iklan media sosial berbayar, lewat konten artikel yang mengulas informasi produk madu kamu, testimoni pelanggan, atau lewat foto dan video yang diunggah di media sosial atau platform lainnya.

Ini adalah bagian yang menyenangkan untuk rencana pemasaran madu. Pada langkah ini kamu seharusnya sudah memiliki pengetahuan yang memadai mengenai bisnis madu sehingga tahu ke mana bisnis kamu melangkah.

kamu bisa memanfaatkan pengetahuan kamu soal madu untuk membuat konten-konten menarik. Di era digital seperti sekarang ini, promosi lewat media sosial termasuk rencana promosi yang efektif dalam memasarkan produk. Mengingat semakin banyaknya platform dan pengguna, jangkauan promosi pun semakin luas.  

Promosi Tidak Harus Mahal

Dalam memilih bentuk promosi, sebenarnya tidak harus mahal. Yang pasti sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan efektif dalam meningkatkan penjualan madu. Namun, jangan pula pelit dalam memberikan budgeting promosi madu sehingga mempersulit langkah dalam mempromosikan produk.

Dan, perlu diketahui bahwa mempelajari cara menentukan budget promosi juga sangat penting sebagai bekal dalam berbisnis madu. Pengetahuan ini akan berguna di masa depan.

Kesimpulan

Cara menentukan budget promosi dalam bisnis madu di atas merupakan sebuah ilmu marketing yang akan berguna di masa depan. Meskipun tidak semua rencana promosi berhasil, tapi kamu sudah punya bekal ilmu dalam berbisnis sehingga makin jeli dalam menentukan langkah-langkah yang bisa membawa perusahaan dan bisnis madu kamu lebih berkembang.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Menentukan Budget Promosi Dalam Bisnis Madu, Begini Caranya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​