Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Bengkel

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Bengkel

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Bengkel

Sebagai pemilik bengkel, tentu menginginkan adanya perluasan usaha. Apalagi jika keberadaan bengkel saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun sebelumnya, pahami faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis bengkel. 

Sebab jika salah memilih lokasi usaha, bukannya semakin ramai sebaliknya bengkel kamu bisa sepi. Jadi, pilih lokasi yang strategis dan nyaman untuk perluas bisnis kamu.

Bagaimana caranya? Simak artikel lengkapnya berikut ini yuk!

Pahami Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Bengkel

Pilih Akses Jalan yang Mudah

Akses jalan menjadi hal pertama yang harus diperhatikan untuk menentukan lokasi bengkel. Pilihlah yang mudah dijangkau. Seperti jalan yang mulus alias tidak rusak dan bergelombang.

Tujuan dari datang ke bengkel adalah untuk memperbaiki kendaraan. Nah, apabila lokasi jalan susah dijangkau, maka bisa berakibat kendaraan semakin mengalami kendala. Pelanggan pun akan berpikir dua kali untuk datang ke bengkel kamu. 

Namun, hal ini bisa menjadi pengecualian apabila lokasi yang kamu pilih ramai masyarakat. Ditambah lagi keberadaan bengkel di tempat tersebut sangat minim atau bahkan tidak ada.

Kamu bisa mempertimbangkan hal tersebut untuk memperluas lokasi bengkel kamu. Tapi tetap harus teliti ya.

Perhatikan Luas Lokasi

Kamu harus mengetahui seberapa luas lokasi yang dibutuhkan untuk bengkel kamu. Caranya dengan melakukan survei singkat dan membandingkan bengkel sebelumnya. 

Kemudian coba buat sketsa kasar untuk bengkel kamu. Berapa luas tempat untuk memperbaiki motor, kasir, atau mess istirahat. 

Perhatikan pula potensi yang ada pada lokasi bengkel yang baru. Apabila tempatnya berpotensi ramai, maka sebaiknya pilih lokasi yang luas. Agar bisa menampung banyak kendaraan sekaligus.

Namun, apabila lokasi bengkel tidak terlalu ramai, luas bengkel sedang sudah mencukupi kebutuhan. Jadi bisa menghemat budget untuk pembangunan bengkel.

Pertimbangkan Faktor Keamanan

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis bengkel yang ketiga adalah faktor keamanan. Ya, sebab bengkel memiliki banyak sekali peralatan juga kendaraan yang harus “menginap” di bengkel tersebut. Maka jika lokasi bengkel kamu yang baru tidak aman, berbahaya bagi bengkel.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keamanan lokasi. Di antaranya:

Mencari tahu melalui catatan kepolisian

Biasanya polisi memetakan beberapa daerah rawan kriminalitas. Catatan ini bisa kamu dapatkan melalui website, atau menanyakan pada sentra pelayanan.

Menanyakan ke tetangga sekitar

Cara berikutnya adalah dengan menanyakan ke tetangga sekitar lokasi. Tapi, jangan mengaku akan membangun bengkel. Sebab terkadang ada beberapa tetangga yang tidak menyukai adanya penghuni baru.

Mencari tahu di internet

Kamu juga bisa melakukan pencarian di browser terkait calon lokasi usaha yang baru. Sebab ada beberapa lokasi yang biasanya diberitakan jika ada peristiwa tertentu.

Cari Lokasi Strategis

Penting untuk mencari lokasi strategis untuk perluasan bisnis. Maksud dari lokasi strategis adalah dengan memperhatikan kompetitor di sekitar kamu. Apakah lokasi tersebut sudah tersedia usaha bengkel atau belum? 

Semakin sedikit jumlah kompetitor, maka peluang bisnis juga semakin besar. Apalagi jika lokasi usaha tidak ada bengkel sama sekali. Maka peluang kamu juga semakin besar. Asalkan faktor-faktor lain juga menjadi pertimbangan.

Perhatikan Tingkat Keramaian

Kelima, faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis adalah tingkat keramaian dari sekitar tempat itu. Tempat yang ramai bisa memudahkan kamu mendapatkan pelanggan baru

Sebaiknya, pilih lokasi yang ramai lalu lalang kendaraan. Terlebih jika lokasinya tepat di samping jalan besar, yang menjadi akses kendaraan besar. Tempat keramaian lain misalnya saja di dekat pasar, atau pertokoan. Atau tempat lain yang ramai kendaraan atau permukiman penduduk.

Namun yang harus diperhatikan pula jika kamu memilih permukiman penduduk adalah faktor kebisingan. Bisnis bengkel biasanya akan menghasilkan suara ramai, baik dari kendaraan maupun pelanggannya. Maka, kamu harus berhati-hati apabila memilih tempat padat penduduk sebagai lokasi bisnis.

Pilih Lokasi Sesuai Target Pasar

Siapakah target pasar bengkel kamu? Apakah pengendara motor, mobil atau kendaraan besar? Apabila kamu sudah mengetahuinya, pilih lokasi yang dekat dengan target pasar kamu.

Misalnya saja bengkel motor. Kamu bisa memilih lokasi bengkel yang banyak lalu lalang kendaraan motor. Jalan kecil pun tidak jadi masalah asalkan banyak motor yang lewat.

Atau jika kamu membuka bengkel khusus kendaraan besar, maka bukalah di jalan nasional. Jalan ini lah yang sering dilalui oleh kendaraan dengan tonase besar seperti truk, pick up, bus dan lain sebagainya.

Nah,  apabila kamu membuka bengkel khusus kendaraan besar, luasan bengkel juga harus diperhatikan. Agar kendaraan besar tersebut bisa parkir atau menepi.

Sesuaikan dengan Budget

Terakhir adalah menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Jangan memaksakan diri memilih lokasi tertentu apabila tidak sesuai dengan budget kamu.

Cara yang tepat adalah dengan mempersiapkan dulu budget kamu. Baru kemudian mencari lokasi yang sesuai budget.

Dalam menentukan budget, jangan lupa untuk menghitung pula biaya untuk pembangunan bengkel, dan peralatannya. Supaya perhitungan kamu tepat sesuai dengan anggaran yang disediakan.

Itulah faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis bengkel kamu. Semoga rencana perluasan bisnis bisa berjalan dengan lancar ya. Agar usaha kamu semakin berkembang dan bisa memperluas lapangan pekerjaan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis otomotif kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Bengkel

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​