Home » Strategi-bisnis » Gunakan Tips Ini Agar Brand Pakaian Semakin Dikenal!

Gunakan Tips Ini Agar Brand Pakaian Semakin Dikenal!

Gunakan Tips Ini Agar Brand Pakaian Semakin Dikenal!

Memiliki bisnis di bidang pakaian merupakan salah satu potensi yang sangat menjanjikan. Karena kebutuhan pakaian akan selalu ada dan dibutuhkan semua kalangan umur. Namun, karena banyaknya kompetitor, terkadang pebisnis pakaian kesulitan untuk membuat brand pakaian semakin dikenal. Lalu, bagaimana caranya?

Cara Ampuh Mengenalkan Brand Pakaian 

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengenalkan bisnis pakaian ke masyarakat luas. Umumnya adalah dengan menggunakan berbagai platform digital. Berikut cara dan tips mengenalkan bisnis pakaian ke banyak orang yang bisa kamu coba:

Menggunakan Layanan Iklan Berbayar

Layanan iklan berbayar merupakan layanan iklan yang disediakan oleh platform internet dan media sosial untuk membantu pelaku usaha mengenalkan produknya. Iklan berbayar akan membantu produk kamu dilihat oleh banyak orang dan meningkatkan brand awareness.

Beberapa platform internet dan sosial media yang menyediakan layanan iklan, antara lain Google, Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, Shopee, dan Twitter. Bukan hanya sekedar iklan, di sini kamu dapat mengatur sendiri jangkauan audiens kamu, seperti target usia, daerah, gender, hingga ketertarikan.

Tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar, kamu dapat memulai beriklan dengan biaya Rp50.000,00 saja per hari. Kamu sudah dapat menjangkau 1.000 hingga 2.000 audiens tertarget. Layanan ini terbukti mampu menaikkan omset banyak pelaku bisnis, khususnya bisnis pakaian.

Untuk mempelajari berbagai layanan tersebut lebih lanjut, kamu dapat menonton tutorial video yang tersedia di Youtube. Salah satunya video berikut ini.

Endorsement Publik Figur atau Selebgram

Endorsement merupakan sebuah layanan dalam bentuk kerja sama dengan artis atau publik figur yang memiliki jumlah pengikut banyak untuk mengenalkan suatu produk bisnis di akun sosial media mereka. 

Saat ini, jasa endorsment merupakan jasa yang paling sering beberapa pelaku usaha gunakan untuk beriklan. Jasa Endorsement terutama untuk membuat brand pakaian semakin dikenal masyarakat luas.

Namun, dalam melakukan kerja sama kamu harus melihat target pasar dan menyesuaikannya dengan publik figur. Berikut adalah beberapa publik figur dengan jumlah followers ratusan ribu hingga jutaan dan segmentasi pengikutnya:

  • Dwi Handayani, 2,1 juta followers untuk pakaian wanita hijab
  • Hamidach Rachmayanti 1,4 juta followers untuk pakaian wanita hijab
  • Fadil Jaidi 7,8 juta followers untuk pakaian laki-laki 
  • Aghnia Punjabi 1,3 juta followers untuk pakaian wanita hijab
  • Keanu Agl 5 juta followers untuk pakaian laki laki
  • Nanda Arsyinta 2,5 juta followers untuk pakaian wanita non-hijab
  • Rachel Vennya 6,9 juta followers untuk pakaian wanita non-hijab
  • Fujianti Tri Utami 11,8 juta followers untuk pakaian wanita non-hijab
  • Marco Ivanos 337 ribu followers untuk pakaian laki laki 
  • Ibrahim Risyad 292 ribu followers untuk pakaian laki laki
  • Shireen Aqila 857 ribu followers untuk pakaian balita
  • Moonella Sunshine Jo 1,1 juta followers untuk pakaian anak anak

Biaya endorsement sangat beragam. Umumnya membutuhkan biaya mulai Rp2.000.000,00. Untuk mengetahui biaya tersebut, kamu dapat mengontak email atau nomor manager yang tertera pada bio profil akun selebgram masing masing.

Kolaborasi dengan Selebgram 

Selain melakukan endorsement dengan selebgram, kamu juga dapat melakukan kerja sama dalam bentuk kolaborasi. Bedanya, jika endorsement hanya terbatas pada 1-3 postingan konten, kolaborasi memungkinkan produk kamu mendapatkan promosi lebih banyak. 

Umumnya, pada pelaksanaan kerjasama dalam bentuk kolaborasi, pihak selebgram mendapat kewenangan untuk ikut merancang produk pakaian bersama dengan bisnis. Selain itu, biaya kerjasama yang lebih mahal daripada endorsement biasa.

Namun, feedback yang akan diterima sangatlah memuaskan. Sudah banyak bisnis baju yang berhasil menambah followers dan omset hingga 10 kali lipat. Beberapa contohnya adalah JinisoxFuji, DiariooxDwihanda, dan Barli AsmaraxHamidah Rachmayanti.

Aktif Membuat Konten di Sosial Media

Selain aktif melakukan promosi, tentunya kamu juga perlu aktif untuk membuat konten di sosial media. Konten sosial media akan membantu kamu mendapatkan engagement, sehingga produk brand pakaian milikmu semakin dikenal oleh banyak orang. Konten sosial media juga membantu peningkatan penjualan produk.

Ada banyak sosial media yang dapat kamu jadikan sebagai akun bisnis, antara lain adalah Instagram, Tiktok, Twitter, hingga Facebook. Namun, membuat konten tidak bisa sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips membuat konten:

  • Buat konten secara konsisten, misalnya 2 hari sekali atau 1 hari, dua kali unggahan. 
  • Buat konten yang segar dan mengikuti tren konten yang sedang viral.
  • Gunakan pencahayaan dan pengambilan gambar yang maksimal. Kamu bisa menggunakan kamera HP hingga kamera DSLR.
  • Edit konten dengan tampilan yang menarik. Kamu bisa menggunakan aplikasi editing VN Video, Canva, atau Capcut. 

Untuk mempelajari lebih lanjut terkait, kamu dapat mengikuti pelatihan online content creator yang disediakan Skill Academy.

Yuk, Buat Brand Pakaian Semakin Dikenal Banyak Orang!

Berikut tadi adalah ulasan mengenai tips agar brand pakaian semakin dikenal oleh banyak orang. Dalam mengenalkan suatu brand kepada target pasar atau masyarakat luas, pasti terdapat berbagai tantangan besar. Oleh karena itu, jangan lelah dan terus berusaha mengenalkan brand pakaianmu, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Gunakan Tips Ini Agar Brand Pakaian Semakin Dikenal!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​