Home » Strategi-bisnis » Tips Membuat Slogan Menarik untuk Bisnis Pakaian

Tips Membuat Slogan Menarik untuk Bisnis Pakaian

Tips Membuat Slogan Menarik untuk Bisnis Pakaian

Salah satu strategi marketing pada bisnis pakaian adalah menguatkan brand awareness. Kamu dapat melakukannya dengan memilih slogan menarik, sehingga masyarakat luas dapat merasa familiar dengan bisnis pakaian milikmu. Inilah beberapa tips membuat slogan yang menarik perhatian banyak orang.

Tips Membuat Slogan Bisnis Pakaian yang Menarik

Slogan adalah kalimat pendek beberapa baris yang mudah diingat. Tentunya, slogan ini memiliki peran untuk menyampaikan kesan unik tentang suatu bisnis dengan cara menarik. Sehingga, banyak orang merasa terdorong untuk mencoba membeli produk yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Berikut tips yang bisa kamu coba:

Tidak Perlu Menulis Slogan yang Terlalu Panjang

Slogan biasanya dibuat ke dalam sebuah iklan, baik itu berbentuk sebuah narasi atau tulisan. Namun, karena tujuan utama slogan hanyalah untuk membuat orang tertarik, maka kamu tidak perlu menulis slogan yang terlalu panjang dan bertele-tele. 

Normalnya, slogan hanya memiliki panjang maksimal 2 baris dengan 170 kata saja. Lebih dari situ, slogan dianggap kurang menarik perhatian para calon pembeli.

Harus Berirama atau Unik

Buatlah slogan bisnis pakaian menarik dengan kata-kata unik. Caranya, kamu dapat mencari kosa-kata yang memiliki akhiran irama yang cocok. Sama seperti pantun, kamu dapat membuat slogan dengan dua struktur, yaitu lampiran dan isi. Kalimat pertama pada slogan adalah “lampiran” dan kalimat kedua adalah isi yang bersifat ajakan.

Contohnya, “Kepingin kencan, namun lemari kosong? Kami solusinya! Gaya oke, dompet aman tidak melompong!”.

Mainkan Intonasi dalam Pengucapannya

Banyak usaha bisnis fashion yang sudah terkenal di dunia memiliki slogan yang benar-benar pendek, yaitu tidak lebih dari lima kata. Jika kesulitan dalam slogan panjang yang unik dan berirama, kamu dapat memakai tipe slogan yang seperti ini.

Yang perlu kamu lakukan adalah mencari intonasi pengucapan yang semenarik dan sefamiliar mungkin. Contoh bisnis fashion dengan slogan yang memiliki intonasi unik adalah Nike dengan slogan “Just Do It” nya, atau ada juga Adidas dengan slogan “Impossible is Nothing”.

Keunggulan Produk Pada Bisnis Kamu

Tips selanjutnya dalam memilih slogan yang menarik dan cocok denganmu adalah kamu dapat menekankan keunggulan pada produk bisnis pakaian kamu. Keunggulan inilah yang akan kamu jual untuk membuat para calon customer tertarik membeli produk fashionmu dibanding produk pesaing.

Cara menentukannya adalah tentukan terlebih dahulu kesan, motto, atau jenis fashion yang ingin kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual produk baju formal yang terlihat classy, kamu dapat membuat slogan seperti “Classy in and out” atau “Wear Classy, Look Expensive”.

Tekankan Visi, Misi, atau Komitmen Bisnis

Slogan yang berisi penekanan komitmen bisnis juga sering terjadi pada dunia fashion. Untuk melakukannya, analisis terlebih dahulu apa komitmen bisnis yang kamu miliki. Apakah kamu mengedepankan pelayanan para pelanggan, pemberian reward, dan lain-lain.

Contohnya, kamu adalah perusahaan bisnis fashion yang memiliki komitmen dalam mengedepankan pelayanan ekstra kepada pelanggan. Maka, slogan yang cocok adalah “Kualitas bahan premium, karena kenyamananmu adalah yang utama.”

Masukkan Kalimat Slang atau Humor

Kamu juga dapat membuat slogan yang menarik dan iconic untuk bisnis pakaian dengan menambahkan humor ke dalamnya. Kesan humor yang dapat dipakai dan dibicarakan oleh banyak orang akan semakin mempercepat strategi marketing.

Namun, kekurangan dari slogan humor seperti ini adalah kamu perlu menggantinya secara berkala. Jadi, tidak cocok untuk dijadikan slogan utama yang dimiliki oleh suatu merek pakaian.

Untuk kamu yang ingin memakai slogan tipe ini, kamu perlu menganalisa apa yang sedang booming atau viral pada media sosial. Hal ini dilakukan agar humor yang kamu bubuhkan ke dalam sebuah slogan gampang diterima di tengah masyarakat.

Contoh dari slogan humoris adalah “Hidup terlalu pendek untuk memakai baju itu-itu saja!” atau “Jika pakaian adalah hari, maka kami adalah hari Minggu!”.

Pakai Jasa Pembuatan Tagline atau Pekerjaankan Tim Kreatif

Membuat tagline memang terkadang sulit. Tidak sedikit orang yang menyerah untuk memikirkan dan membuat tagline yang cocok untuk bisnis mereka dan pada akhirnya mereka tidak membuat tagline dalam konten iklan mereka. Hal ini tentu akan mengurangi tingkat keberhasilan brand awareness di kalangan masyarakat.

Nah, untuk kamu yang bingung atau susah dalam mencari tagline yang cocok untuk bisnis fashion milikmu, kamu dapat mempekerjakan tim kreatif yang pasti memiliki ide-ide kreatif.

Kamu dapat memilih karyawan yang memang sudah berpengalaman untuk memberikan ide-ide kreatif. Rata-rata gaji untuk seorang tim kreatif adalah sekitar Rp3.500.000,00 sampai Rp5.000.000,00 per bulan.

Atau selain tim kreatif, kamu dapat memakai jasa pembuatan tagline yang tersebar di internet, contohnya Brandnesia. Untuk harga, kamu dapat langsung menghubungi dan berkonsultasi dengan jasa tersebut melalui Whatsapp mereka.

Gunakan Tagline Generator

Selain menyewa jasa orang lain, kamu dapat mencari tagline yang cocok dan menarik untuk bisnis pakaian dengan menggunakan tagline generator. Generator ini berbentuk sebuah website yang dapat kamu akses, seperti Zyro dan Design Hill.

Slogan yang Baik adalah Slogan yang Memberi Kesan Familiar

Itulah 8 tips membuat slogan yang menarik untuk bisnis pakaian kamu. Tentunya, perlu kamu ingat, mencari slogan harus dilakukan dengan sabar. Terkadang perlu beberapa kali kesempatan untuk mencari slogan yang dapat menarik banyak pembeli, namun ada juga slogan yang hanya membutuhkan sekali kesempatan saja.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pakaian kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Membuat Slogan Menarik untuk Bisnis Pakaian

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​