Home » Strategi-bisnis » Cari Tahu Melakukan Branding Sustainable Dalam Bisnis Parcel

Cari Tahu Melakukan Branding Sustainable Dalam Bisnis Parcel

cari tahu melakukan branding sustainable dalam bisnis parcel

Saat ini kampanye go green tengah digalakkan oleh pemerintah dan banyak perusahaan. Bila kamu turut andil dalam branding sustainable untuk bisnis parcel yang tengah kamu bangun, ini bisa memberi keuntungan tersendiri. Sebab, target pasar akan meluas dan banyak orang yang semakin tertarik untuk memesan hampers atau parcel buatanmu dan dijadikan hadiah kepada kerabat atau orang yang mereka sayangi. 

Pahami Dulu Arti Dari Branding Sustainable

Dalam melakukan branding-sustainable, kamu perlu memahami dulu arti dan alasan dibaliknya. Sustainable brand atau merek yang berkelanjutan merupakan merek yang melihat lebih luas dari sekadar keuntungan semata, tetapi juga memandang nilai-nilai lain yang bermanfaat untuk masyarakat seperti dampak lingkungan. 

Brand bisnis parcel yang kamu bangun yang nantinya akan menghubungkan kamu dengan konsumen. Apa yang menjadi identitas brand, itulah identitas perusahaan kamu di mata konsumen. Maka, kamu bisa membuat sesuatu yang menarik dan berbeda dari kompetitor. Mulai dari logo, pemilihan bahan-bahan produk, hingga tagline

Tujuannya, tentu agar orang lebih mudah mengenali brand kamu, kemudian membeli produk yang kamu buat. Terlebih ketika kamu mendukung banyak kampanye isu lingkungan, konsumen pun akan langsung ingat dengan brand milikmu begitu mereka terlibat dalam kegiatan berbau lingkungan. 

Ketika kamu sudah berhasil menerapkan branding-sustainable, maka konsumen tidak hanya sekadar membeli kemudian melupakan di esok hari. Mereka bisa saja menjadikannya sebagai toko favorit untuk memesan hampers, parcel, atau bingkisan hadiah untuk para kerabat dan keluarga. 

Tips Membuat Brand Bisnis Parcel Lebih Sustainable

Untuk bisa meningkatkan penjualan dan menerapkan sustainable marketing, kamu perlu mengetahui tips strategi dalam branding sustainable. Di antaranya: 

Putuskan Apa yang Ingin Kamu Perjuangkan

Brand yang berfokus pada sustainable marketing akan mempunyai peluang tinggi dalam membangun basis pelanggan setia dan selalu mendukung bisnis atau produk yang kamu luncurkan. Mereka akan menjadi orang nomor satu yang mencoba produk kamu dan memberikan review demi kemajuan bersama. 

Agar bisa meraih hati para pelanggan setia tersebut, kamu perlu berkomitmen. Tunjukkan apa saja yang ingin kamu perjuangkan dan lakukan kampanye itu secara berkelanjutan. Yakinkan para konsumen jika kamu pun ikut berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan dunia yang berkaitan dengan isu lingkungan. 

Semakin spesifik serta nyata sustainable goal yang ingin kamu tuju, maka akan semakin baik. Kamu perlu menunjukkan itu dalam produk dan layanan yang kamu tawarkan kepada konsumen. Misal dari sisi pemilihan bahan-bahan pembuatan parcel, bahan untuk pengemasan hampers, serta pelayanan yang ramah lingkungan

Terbuka dengan Konsumen

Agar merek kamu lebih berkelanjutan, maka kamu harus terbuka atau transparan dengan konsumen. Jujur dengan semua stakeholders yang terlibat. Sebab, dengan transparansi kamu akan mendapatkan kepercayaan mereka dan mampu meyakinkan mereka jika tujuan kamu dan mereka adalah sama. 

Menjadi transparansi bukan berarti kamu membuka hal-hal yang menjadi rahasia perusahaan ke publik. Tetapi, kamu bisa memilih mana informasi yang layak untuk kamu bagikan kepada konsumen dan mana yang harus kamu simpan. 

Dalam hal ini, kamu bisa membagikan tata cara pembuatan hampers atau parcel dan cara menghiasnya kepada publik, bahan apa saja yang digunakan dan memastikan jika bahan itu ramah lingkungan. Kamu pun bisa mendemokan jika bahan packaging yang digunakan masih bisa didaur ulang atau digunakan kembali oleh konsumen untuk tempat penyimpanan. 

Misal, kamu menggunakan kotak karton untuk kemasan hampers lebaran yang berisi kue-kue kering di dalamnya. Toples kue kering bisa kamu gunakan kembali untuk menyimpan makanan lainnya. Kamu bisa pakai kotak karton untuk menyimpan barang-barang tertentu yang tidak terpakai lagi.

Mulailah Dari Hal-Hal Kecil

Dalam proses branding-sustainable, kamu bisa mengambil langkah dari hal yang paling kecil terlebih dahulu. Contoh kecil tapi nyata, mengganti pengemasan menggunakan kertas karton yang lebih ramah lingkungan dan bisa daur ulang atau kamu manfaatkan kembali untuk penyimpanan barang lainnya. 

Hal lain, kamu bisa menggunakan toples kayu untuk penyimpanan hampers makanan, membuat paket parcel berisi peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan, atau menggunakan kantong belanja yang reusable untuk delivery dalam kota. 

Pada intinya, jangan terlalu berambisi dengan langsung melakukan hal besar. Kamu bisa memulai dari dalam dulu, menunjukkan kepada konsumen jika kamu terlibat dalam kampanye merek berkelanjutan. Kemudian, perlahan mengikuti kampanye di luar yang berkaitan dengan isu lingkungan, go green, atau hal-hal sejenisnya yang bermanfaat untuk lingkungan sosial. 

Pertimbangkan untuk Mendonasikan Sebagian Keuntungan

Cara lain yang paling mudah dan menjadi bukti nyata kepada konsumen jika kamu terlibat dalam program merek berkelanjutan adalah dengan mendonasikan sebagian keuntungan kepada yayasan atau organisasi NGO yang terlibat dalam isu lingkungan hidup. 

Kamu bisa menginformasikan kepada konsumen jika sekitar 5% atau 10% dari keuntungan yang diperoleh setiap bulannya akan didonasikan untuk program-program go green. Kamu pun bisa membuka donasi terbuka untuk para konsumen yang ingin mengikuti program tersebut. 

Cara lainnya, kamu membuka kampanye terbuka bersama pelanggan setia. Misal melakukan perbaikan lingkungan dengan menanam pohon bersama, membuka donasi air bersih, membuat program daur ulang sampah kertas, dan sebagainya. 

Itulah strategi yang bisa kamu lakukan dalam branding sustainable untuk mengembangkan bisnis parcel yang dibangun. Lakukan dengan hati yang tulus, maka keuntungan pun akan kamu peroleh. Bukan hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dalam mendapatkan pelanggan setia.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis parcel kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cari Tahu Melakukan Branding Sustainable Dalam Bisnis Parcel

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​