Home » Strategi-bisnis » Strategi Branding untuk Meningkatkan Value Bisnis Parcel

Strategi Branding untuk Meningkatkan Value Bisnis Parcel

Strategi Branding untuk Meningkatkan Value Bisnis Parcel

Bisnis parcel sampai sekarang terlihat masih menunjukkan peluang yang cukup menjanjikan. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah pesaingnya cukup banyak. Demi menghadapi persaingan bisnis yang ketat ini, cobalah menerapkan strategi branding untuk meningkatkan value bisnis parcel tersebut. Jika strategi yang dijalankan tepat maka bisnismu pasti bisa bertahan walaupun saingannya banyak. 

Strategi Branding untuk Meningkatkan Value Bisnis Parcel

Pada dasarnya branding memang merupakan langkah tepat untuk membantu bisnismu lebih dikenal banyak orang. Ini juga menjadi strategi terbaik untuk meningkatkan reputasi bisnis. Itulah mengapa ilmu branding ini penting untuk dipahami oleh para pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa strategi branding untuk meningkatkan value bisnis parcel yang dapat kamu lakukan demi kebaikan bisnismu sendiri: 

Manfaatkan Interaksi Media Sosial

Penggunaan media digital benar-benar efektif membantu bisnismu berkembang lebih besar. Jadi jangan pernah ragu untuk menggunakan media sosial. Manfaatkan media ini untuk berinteraksi lebih dekat lagi dengan para konsumen atau target pasarmu. Jangan hanya menggunakan media sosial untuk promosi satu arah dan tidak mengajak target pasarmu berinteraksi. 

Banyak sekali cara interaksi yang bisa kamu lakukan lewat media sosial. Cara paling mudah adalah lewat posting-an yang mengundang komentar. Misalnya, kamu mengunggah sebuah konten dan mengajak followers untuk memberi tanggapan di kolom komentar. Gunakan juga fitur Instastory dan Reels untuk berkomunikasi serta membangun hubungan baik dengan target pasar. 

Ubah Bentuk Packaging

Cobalah untuk mengubah bentuk packaging demi meningkatkan branding produk dan bisnis yang kamu tawarkan kepada konsumen. Apalagi produk yang kamu jual adalah parsel dimana butuh kemasan yang cantik dan menarik. Sebenarnya jenis bisnis ini sangat mudah untuk dikreasikan dari segi packaging atau kemasan karena memang tidak ada aturan pasti yang mengaturnya. 

Buatlah desain kemasan parsel yang jauh lebih inovatif dan kreatif. Boleh saja mencari inspirasi dari bisnis parcel lainnya namun pastikan untuk tidak plagiat dan cukup menjadikannya sebagai inspirasi saja. Ada pula ide menarik yang bisa kamu coba yaitu menghadirkan desain atau bentuk kemasan parcel khusus pada periode waktu tertentu sehingga membuat orang penasaran. 

Lakukan Kolaborasi

Strategi branding untuk meningkatkan value bisnis berikutnya adalah kolaborasi. Ini menjadi salah satu strategi yang cukup banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis apalagi di zaman digital seperti sekarang. Kolaborasi menjadi salah satu cara efektif untuk menjangkau lebih banyak target konsumen. Ini juga akan menjadi cara tepat untuk meningkatkan value bisnismu. 

Bagaimana caranya berkolaborasi? Tentukan dulu dengan siapa kamu akan berkolaborasi, apakah dengan brand lain atau dengan influencer? Kemudian tentukan secara spesifik siapa pihak yang akan kamu ajak dalam program kolaborasi tersebut. Jika sudah tahu siapa orangnya maka kamu bisa mulai menyusun konsep kolaborasinya seperti apa. 

Bangun Official Website

Penting sekali bagi sebuah bisnis di zaman sekarang untuk memiliki official website. Ini merupakan platform yang akan membantu bisnismu berkembang lebih jauh dan memiliki value yang lebih tinggi di mata masyarakat. Jika kamu belum punya website bisnis maka segera buatlah dan jika kamu sudah memilikinya maka perbaiki dengan tampilan yang jauh lebih menarik. 

Website ini akan menjadi media bagi bisnismu untuk menjangkau target konsumen yang lebih jauh dan lebih luas. Gunakan juga website ini untuk mempromosikan bisnis dan berkomunikasi dengan konsumen. Jangan lupa, berikan tautan atau link menuju website ini di media sosial yang kamu gunakan supaya lebih mudah bagi konsumen untuk berkunjung. 

Tambahkan Inovasi Produk

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah menambahkan inovasi pada produk. Jika kamu sudah memiliki beberapa varian paket parcel, maka cobalah untuk menambahkan inovasi ke dalamnya. Orang-orang lebih suka adanya inovasi pada sebuah produk karena membuat mereka tidak merasa bosan. Apalagi jika inovasi tersebut cukup menarik dan kreatif

Supaya bisa menghadirkan inovasi yang kreatif maka kamu harus mencari banyak referensi terlebih dahulu. Referensi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber baik itu kamu lihat secara langsung maupun melalui media digital. Pastikan untuk tidak meniru referensi yang sudah kamu peroleh, cukup dijadikan sebagai inspirasi saja. 

Tingkatkan Value Bisnismu Sekarang Juga!

Jangan menunggu terlalu lama dan segera eksekusi ide untuk meningkatkan value bisnismu sekarang juga. Peningkatan branding memang menjadi strategi yang sangat efektif untuk memperkuat posisi bisnismu di mata konsumen. Apalagi di tengah bisnis parcel yang persaingannya cukup ramai ini. 

Dalam hal ini kamu juga sangat disarankan untuk memperhatikan atau belajar dari kompetitor. Jadikan kompetitor sebagai acuan untuk meningkatkan branding bisnis lebih baik lagi. Selama kamu tidak melakukan plagiat maka sah-sah saja untuk mencari referensi dari berbagai sumber bahkan dari kompetitor sekalipun. 

Terapkan semua strategi branding untuk meningkatkan value bisnis yang sudah dibahas satu per satu tadi. Jangan lupa sesuaikan juga jenis strategi yang akan kamu jalankan dengan kondisi bisnismu saat ini supaya bisa berjalan lebih efektif. Pastikan bahwa strategi meningkatkan branding tersebut sudah sesuai dengan kondisi bisnis serta tujuan yang ingin kamu capai di masa depan.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Branding untuk Meningkatkan Value Bisnis Parcel

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​