Home » Strategi-bisnis » Perhatikan Tips Membuat Slogan Bisnis Parcel yang Menarik

Perhatikan Tips Membuat Slogan Bisnis Parcel yang Menarik

perhatikan tips membuat slogan bisnis parcel yang menarik

Bisnis yang sukses adalah yang mampu berkembang dan mengikuti perubahaan. Dalam hal ini, bukan hanya teknologi maupun produknya yang berubah, tetapi juga slogan yang nantinya akan dipakai oleh tim pemasaran selama berpromosi. Maka, kamu perlu memperhatikan tips membuat slogan bisnis parcel yang menarik dan mudah diingat

Agar slogan menarik, kamu perlu mempelajari tentang cara-cara pembuatannya. Melalui ulasan ini, kamu akan mengetahui segala hal tentang slogan mulai dari arti, jenis, hingga tips pembuatannya. Simak, ya. 

Tips Membuat Slogan Bisnis Parcel

Namun, sebelum fokus ke tata cara pembuatan slogan, kamu perlu mengetahui dulu arti dari slogan itu apa. Pada dasarnya slogan ialah frasa singkat yang akan merangkum esensi dari suatu brand secara ringkas. Slogan akan dapat membangkitkan emosi konsumen terkait brand kamu. Jadi, slogan bukan hanya sekadar alat promosi, tetapi bisa menjadi kekuatan untuk memenangkan persaingan dengan para kompetitor. 

Secara umum, slogan terdiri dari maksimal lima suku kata. Sebab, slogan harus singkat, padat, dan konsumen mudah mengingatnya. Namun, harus bisa mencerminkan sifat atau identitas dari brand parcel yang tengah kamu bangun. 

Kenali Jenis-jenis Slogan

Ada banyak tipe slogan yang perlu kamu ketahui untuk bisa membuatnya berbeda dengan brand perusahaan lain. Di antara jenisnya adalah: 

Slogan Iklan

Slogan ini digunakan untuk mempromosikan suatu produk, layanan, atau bahkan program milik perusahaan kepada target audiens. Misal, kamu tengah membuat produk hampers khusus kado lahiran, maka bisa membuat slogan khusus untuk produk tersebut. Contoh slogannya: nikmati kebahagiaan kecilmu

Slogan Bisnis

Slogan ini ditujukan untuk pengenalan brand kepada target audiens. Kamu bisa membicarakan tentang produk, layanan, atau bahkan identitas brand itu sendiri. 

Slogan Kreatif

Slogan ini dibuat untuk bisa membantu brand terlihat lebih menonjol di antara para kompetitor. Maka, slogan ini harus unik, kreatif, spesifik, dan target audiens mudah mengerti sehingga pesannya dapat tersampaikan. Slogan pun lebih mudah konsumen ingat. 

Slogan Deskriptif

Selanjutnya, slogan deskriptif menggambarkan tentang apa saja yang bisa kamu berikan atau tawarkan kepada target audiens. Ketika menggunakan slogan deskriptif, harus singkat, padat, dan mudah untuk diingat oleh konsumen. Contoh: untukmu yang berharga. Slogan ini bisa kamu maksudkan untuk para pengantin yang menerima hampers buatanmu dari para rekan atau kerabat mereka. 

Slogan Emotif

Emotif memasukkan unsur emosional ke dalamnya agar lebih mudah tersampaikan kepada target audiens. Dalam slogan ini juga tercantum apa saja produk atau layanan yang kamu sediakan untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka. Seperti, kegembiraan, koneksi, hingga relaksasi. 

Slogan Persuasif 

Slogan ini digunakan untuk meyakinkan target audiens jika brand parcel kamu menyediakan segala kebutuhan mereka dan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan yang mereka hadapi ketika harus mencari hampers untuk dijadikan hadiah. 

Pahami Perbedaan Slogan dan Tagline

Ada banyak orang yang masih mengira jika slogan dan tagline adalah hal yang sama. Asumsi ini tidak tepat. Sebab, keduanya memiliki tujuan yang berbeda. 

Slogan lebih sering digunakan untuk proses promosi atau pengenalan brand sementara. Umumnya dalam jangka pendek selama kampanye pembukaan toko agar brand bisnis parcel kamu dikenal banyak orang.  

Tagline sering digambarkan sebagai motto sebuah brand yang dapat digunakan selama masa promosi atau di luar promosi. Biasanya, tagline akan melekat dalam brand atau produk tersebut dan ketika orang mendengarnya akan langsung mengenali jika itu adalah tagline milik brand parcel kamu. 

Cara Membuat Slogan yang Menarik

Bila kamu berhasil membuat slogan yang menarik dan sempurna, maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan bisa dalam banyak hal, bisa berupa uang dengan banyaknya pemesanan parcel atau hampers yang datang terus menerus atau dengan dikenalnya brand yang kamu bangun. 

Nah, berikut tips membuat slogan bisnis parcel untuk kamu. 

Gunakan Ritme dan Sajak yang Tepat

Slogan yang sempurna adalah slogan yang enak untuk konsumen baca dan dengar. Maka, kamu bisa memberikan ritme dan sajak yang tepat. Tujuannya, agar konsumen mudah mengenali dan mengingat slogan. 

Tetap Sederhana

Dalam benak, mungkin banyak kalimat berseliweran selama proses pembuatan slogan. Namun, kamu bisa mendatanya dulu kemudian meringkasnya menjadi sesuatu yang sederhana dan yang mudah pengucapan.

Ingatlah untuk membuat slogan yang singkat, padat, dan sederhana. Slogan tidak boleh lebih dari lima kata agar mudah pengucapan. Jadi, meskipun konsumen berada di tempat ramai atau di jalan, begitu membaca atau mendengar slogan brand bisnis parcel kamu, mereka akan langsung tahu jika itu adalah merek bisnismu

Menjelaskan Tentang Komitmen Perusahaan

Dalam pembuatan slogan, kamu harus memasukkan komitmen perusahaan ke dalamnya. Dalam hal ini tentang pelayanan serta kualitas produk yang akan konsumen terima. 

Nah, itulah tips membuat slogan bisnis parcel yang bisa kamu pelajari. Pastikan mengetahui dulu konsep slogan sebelum membuatnya. Bila bingung dan kesusahan, kamu bisa meminta bantuan dari tim ahli dalam pembuatannya. Jangan ragu untuk membuat slogan yang unik dan berbeda, karena bisa jadi itu bisa merepresentasikan bisnis kamu dengan baik di mata audiens dan konsumen.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Perhatikan Tips Membuat Slogan Bisnis Parcel yang Menarik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​