Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Core Value dan Added Value Bisnis Parcel

Cara Menentukan Core Value dan Added Value Bisnis Parcel

pelajari cara menentukan core value dan added value bisnis parcel

Core value sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan parcel atau hampers adalah keyakinan, prinsip dasar yang nantinya akan dipegang teguh selama bisnis berjalan. Core value akan bisa mempengaruhi added value dari perusahaan. Maka, keduanya harus saling beriringan. Nah, di sinilah kamu akan mempelajari cara menentukan core value dan added value dalam bisnis parcel. 

Kenali Dulu Apa Itu Core Value dan Added Value

Ketika membangun sebuah brand baru, penting buat kamu untuk menetapkan terlebih dahulu core value dan added value. Pasalnya, keduanya akan menjadi nilai utama dari brand kamu, yang nantinya akan menjadi acuan dalam aktivitas perusahaan mulai dari promosi, iklan, hingga branding

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menentukan core value dan added value, mari ketahui dulu apa arti dari masing-masing. 

Core Value

Arti dari core value ialah suatu prinsip atau nilai utama yang akan menjadi pondasi dalam bisnis parcel/hampers. Dari core value, akan lahir sebuah visi dan misi perusahaan. Maka, kamu harus menekankan ini pada semua karyawan agar menghargai, menjunjung tinggi, serta menjalankan nilai-nilai yang tercantum dalam core value

Core value juga merupakan nilai otentik milik perusahaanmu. Sebab, tidak mungkin kamu akan menyontek core value perusahaan lain. Oleh karena itu, ketika membuat core value, kamu perlu melihat apa yang menjadi prinsip dasar perusahaan, tujuan perusahaan, lantas identitas dari perusahaan itu sendiri. 

Added Value

Bila core value adalah inti dasar perusahaan, maka added value ialah support-nya. Bisa dikatakan added value secara umum adalah istilah yang mengacu pada nilai tambah dari suatu brand atau produk tertentu. Ini bisa mengacu pada layanan, produk, atau bahkan brand itu sendiri. 

Selain itu, added value juga bisa didefinisikan untuk produk atau fitur baru yang belum ada di kompetitor. Layaknya ide baru yang bisa mengalahkan para pesaing dan memenangi pasar

Tujuan dari added value, tentu untuk memperoleh keuntungan. Dalam hal ini, profit tidak harus dalam bentuk uang. Bisa dalam hal lain, misal nama brand parcel kamu semakin dikenal banyak orang, banyak review positif yang diterima setelah adanya added value

Cara Menentukan Core Value dan Added Value

Menentukan core value maupun added value memang tidak mudah. Butuh proses panjang yang harus kamu lewati dan tidak harus sekali jadi. Pasti akan membutuhkan beberapa kali perubahan hingga menemukan nilai yang sudah tepat, sesuai identitas dan tujuan bisnis parcel yang tengah kamu jalani. Maka, cara untuk menentukan core value dan added value adalah: 

Putuskan Dulu Siapa yang Bertanggung Jawab

Langkah pertama, kamu harus menentukan dulu siapa yang akan memimpin proses pembuatan core value dan added value ini. Pastikan orang tersebut mampu bertanggung jawab secara individu maupun team

Namun, kamu harus bersepakat kepada penanggung jawab pembuat core value dan added value untuk selalu menjaga akuntabilitas, fokus pada nilai-nilai utama perusahaan, dan mampu melepaskan nilai aspirasional. Pasalnya, meskipun sepele tetapi sulit untuk kita melepaskan diri dari hal-hal yang ingin kita capai sebagai individu. Maka, pastikan penanggung jawab ini fokus pada nilai-nilai perusahaan. 

Pastikan Semua Berkomitmen

Core value dan added value yang dibuat tidak akan pernah berfungsi tanpa adanya komitmen dari semua stakeholders dalam perusahaan. Maka, kamu harus memastikan semua yang bekerja di perusahaan berkomitmen untuk menghargai, menjunjung tinggi, serta menjalankan nilai-nilai yang tercantum dalam core value maupun added value yang sudah disepakati bersama. 

Buat Draft Terlebih Dahulu

Minta semua anggota yang terlibat dalam pembuatan core value dan added value untuk menuliskan apa saja yang terlintas dalam benak mereka mengenai core value dan added value. Kumpulkan dan catat terlebih dahulu. Kemudian, penanggung jawab akan memilih mana yang sekiranya sesuai dengan identitas dan tujuan perusahaan. Lakukan pemilihan dan diskusikan dengan anggota tim yang terlibat hingga menemukan nilai terbaik.

Pertimbangkan Pengalaman Perusahaan

Agar mendapatkan core value dan added value terbaik, kamu bisa mengulang kembali momen terbaik maupun menyakitkan selama mendirikan bisnis parcel ini. Misal ketika pertama kali kamu membuka bisnis ini, ingatlah tujuan apa yang ingin kamu capai. Bisa juga, kamu menceritakan kepada anggota team saat bisnis ini berada di titik terendahnya. 

Dari pengalaman itu, pasti akan ada nilai-nilai yang bisa dimasukkan dalam core value maupun added value. Misal integritas dan komitmen untuk melayani konsumen dengan baik dan memuaskan, menjaga kualitas mereka agar momen menyakitkan itu tidak terulang kembali. 

Tambahkan Layanan yang Memuaskan Konsumen

Add value tidak bisa lepas dari layanan atau produk yang nantinya akan konsumen terima. Maka, pasal yang berhubungan dengan pelayanan bisa ditambahkan ke dalam pembuatan core value dan added value

Kamu bisa menambahkan tentang pemilihan kualitas bahan premium untuk setiap packaging parcel atau hampers yang dipesan oleh konsumen, memberikan layanan gratis ongkos kirim untuk wilayah tertentu, atau adanya penghargaan khusus bagi para pelanggan setia

Bila kamu sudah tahu cara menentukan core value dan added value, maka kini saatnya untuk mempraktikkannya langsung. Pastikan sesuai dengan identitas dari brand parcel yang kamu buat, ya.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis parcel kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Core Value dan Added Value Bisnis Parcel

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​