Home » Strategi-bisnis » Tips Inspirasi Tagline dari Brand Besar untuk Bisnis Parcel

Tips Inspirasi Tagline dari Brand Besar untuk Bisnis Parcel

Tips Inspirasi Tagline dari Brand Besar untuk Bisnis Parcel

Pada dasarnya, tagline mengandung nilai yang kuat dari sebuah brand bisnis, sebab dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Agar bisnis semakin terkenal, maka kamu bisa membuat tagline yang bersandingan dengan logo atau iklan promosi. Saat ini, cukup banyak inspirasi tagline dari brand besar yang bisa kamu jadikan contoh atau pelajaran dalam berbisnis. 

Contoh Inspirasi Tagline dari Brand Besar

Salah satu contoh tagline dari brand ternama yang menginspirasi, yaitu brand dari bisnis furniture yaitu olympic dengan taglinenya “Furniture Keluarga Indonesia”. Karena mereka tahu bahwa masyarakat Indonesia gemar memenuhi dan menghias rumah dengan produk-produk furniture, maka mereka membuat tagline seolah-olah mereka ada untuk para keluarga di Indonesia dan siap melengkapi keperluan produk furniture di rumah. 

Contoh lain inspirasi tagline dari brand besar, yaitu dari bisnis makanan KFC dengan taglinenya “Jagonya Ayam”. Tagline ini jelas menggambarkan layanan dan tujuan dari KFC, sehingga kesan pertama yang diterima oleh konsumen langsung nampak yaitu makan ayam.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Bisnis Parcel

Di Indonesia, budaya untuk saling memberi hadiah saat momen lebaran, wisuda, pernikahan, ulang tahun, dan aneka momen spesial lainnya sangat lazim dilakukan. Bahkan, seluruh negara menerapkan budaya ini. Maka, tak heran jika banyak pebisnis yang terjun dalam bidang jasa penjualan hadiah seperti ini. Salah satunya, penjualan parcel.

Begitu banyak produk yang dapat dijual dalam bentuk parcel. Mulai dari parcel buah, kue, alat ibadah, hijab, aneka camilan hingga parcel kebutuhan dapur. Selain berdasarkan produk, parcel juga dapat berupa hadiah dalam momen spesial di hari-hari besar seperti parcel lebaran.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis parcel, di antaranya:

  1. Pelajari strategi yang dijalankan oleh kompetitor. Cari kelebihan dan kekurangan kompetitor dan lengkapi kekurangan itu pada bisnis parcel kamu.
  2. Tentukan apa saja isi parcel yang akan kamu tawarkan dalam bisnismu. 
  3. Siapkan properti yang sesuai dengan tipe parcel yang akan kamu jual, misalnya menggunakan kemasan rotan atau yang lain. 
  4. Tak kalah penting, kamu perlu menentukan tema untuk setiap kemasan parcel yang akan kamu tawarkan. 
  5. Tentukan supplier untuk mengambil barang sebagai isi parcel yang kamu tawarkan.

Hal Penting Dalam Menentukan Tagline Bisnis Parcel

Tak hanya langkah-langkah dalam menjalankan bisnis parcel, kamu tentu membutuhkan strategi lain agar bisnismu semakin terkenal, yaitu strategi dalam pemasaran atau promosi. Maka, dalam hal promosi, kamu dapat memanfaatkan sebuah tagline yang menggambarkan bisnismu, mengandung nilai dan ciri khas, serta mampu memberi manfaat bagi konsumen.

Berdasarkan inspirasi tagline dari brand besar yang telah dicontohkan sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan tagline dalam bisnis parcel, yaitu:

Target Pasar atau Tujuan Brand

Seperti pada contoh tagline Olympic, cukup jelas bahwa target atau tujuan mereka adalah masyarakat indonesia yang telah berkeluarga. Sedangkan KFC target pasarnya yaitu setiap orang yang ingin makan dan mengkonsumsi ayam.

Unsur Kebermanfaatan

Pastikan tagline yang kamu ciptakan mengandung unsur kebermanfaatan. Olympic mengandung manfaat seolah-olah menjanjikan bahwa produk furniture mereka bagus untuk para keluarga di Indonesia. Sedangkan KFC, menunjukkan seakan-akan jika ingin makan ayam cukup ke KFC, tak perlu bingung dan lelah mencari tempat lain untuk bisa menikmati ayam. KFC ingin menunjukkan kalau ia tak ingin konsumennya lelah mencari lokasi untuk makan ayam, maka langsung saja menuju KFC bukan tempat lain.

Menunjukkan Komitmen

Kedua brand tersebut, menunjukkan komitmennya dalam menjalankan bisnis. Olympic  fokus dengan komitmennya kepada produk furniture untuk para keluarga di Indonesia dan KFC fokus dengan komitmennya untuk menyediakan menu makan berupa ayam.

Selain itu berdasarkan inspirasi tagline dari brand besar tadi, ada pelajaran lain yang bisa kamu terapkan, yaitu tagline tidak mengandung unsur negatif dan tagline harus benar-benar mengunggulkan brand masing-masing.

Cara Agar Bisnis Parcel Makin Terkenal

Jika kamu telah menentukan tagline untuk bisnis parcel kamu, maka lakukan strategi pemasaran dengan cara:

Promosikan Produk Melalui Konten 

Zaman digital seperti saat ini produksi konten dapat membantu dalam kemajuan berbisnis. Maka, kamu bisa memanfaatkan instagram, tiktok, atau aneka media sosial lainnya untuk mengenalkan produk atau brand bisnis kepada masyarakat yang lebih luas.

Endorsement

Tak kalah penting, endorsement dari selebgram yang telah memiliki banyak followers tentu bisa membantu brand bisnis agar semakin terkenal.

Penjualan Melalui Marketplace

Saat ini, hampir setiap lini bisnis pasti terjun ke marketplace. Pasalnya, semua target audiens akan memilih untuk mencari barang dan belanja melalui marketplace lantaran sistem keamanannya. Maka, kamu pun harus memanfaatkan semua platform marketplace untuk menjangkau semakin banyak konsumen. 

Iklan

Untuk memasang iklan, tak hanya dengan menyewa billboard di jalanan. Agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas di luar daerah, kamu bisa menggunakan iklan melalui sosial media. Buatlah iklan berupa foto atau video singkat yang cukup mewakili brand serta produk yang kamu tawarkan. Agar hasil iklan optimal, kamu bisa melakukan riset kompetitor terlebih dahulu.

Itulah tips-tips inspirasi tagline dari brand besar yang bisa kamu terapkan dalam bisnis parcel, serta tips-tips agar brand bisnis parcel semakin terkenal. Jadi, sudah siapkah kamu menjalankan bisnis parcel?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Inspirasi Tagline dari Brand Besar untuk Bisnis Parcel

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​