Home » Strategi-bisnis » Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil untuk Bisnis Petshop

Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil untuk Bisnis Petshop

Cara mencatat pengeluaran di kas kecil untuk bisnis petshop

Cara mencatat pengeluaran di kas kecil untuk bisnis petshop merupakan hal yang wajib kamu ketahui. Kas kecil merupakan dana yang disimpan dan digunakan untuk membiayai sejumlah keperluan dalam jumlah yang kecil

Dalam sebuah perusahaan, kas kecil menjadi sebuah unsur finansial yang sangat penting. Dengan memperhatikan sejumlah unsur ini, perusahaan akan mencapai manajemen keuangan yang maksimal. 

Bahkan, meskipun bisnis petshop yang sekarang ini kamu lakoni masih berskala kecil, pencatatan pengeluaran ini tetap harus dilakukan dengan baik. 

Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil

Berikut langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencatat pengeluaran kas kecil dalam bisnis petshopmu, antara lain:

Imprest Fund System atau Metode Tetap

Cara mencatat pengeluaran kas kecil yang pertama adalah menggunakan metode tetap. Metode ini dilakukan dengan membuat pembukuan kas kecil, menggunakan jumlah rekening sama atau tetap. 

Ciri dari metode tetap adalah pemegang kas kecil merupakan orang yang mengumpulkan bukti penggunaan dana kas kecil. Selain itu, pengisian dana kas kecil juga dilakukan dari penarikan cek sehingga cek tersebut mempunyai jumlah yang sama dengan dana yang sudah digunakan, sehingga jumlahnya kembali pada perhitungan semula. 

Untuk menggunakan metode tetap, berikut langkah yang bisa digunakan:

  • Pemegang kas kecil akan diberi uang yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam kurun waktu tertentu.
  • Sesudah dana kas kecil habis, nantinya kasir akan kembali mengisi sesuai jumlah nominal pengeluaran. 

Fluctuating Fund System atau Metode Berubah-ubah

Metode berikutnya ialah metode berubah-ubah. Metode ini dilakukan dengan mengisi dan mengendalikan kas secara berubah-ubah. Ciri dari metode berubah-ubah adalah:

  • Pembentukan serta pengisian kembali dana dicatat di debit dalam kas kecil
  • Besar dana yang disediakan sesuai kegiatan dari divisi yang menggunakan dana
  • Bukti dari pengeluaran kas kecil yang dicatat adalah transaksi penggunaan kredit akun kas kecil. 

Fungsi Pencatatan Kas Kecil

Selain mengetahui cara mencatat pengeluaran di kas kecil, hal lain yang harus kamu ketahui adalah fungsi serta tujuan kas kecil. Berikut berbagai fungsinya, antara lain:

Menghindari Kesalahan Alokasi Pembayaran

Salah satu fungsi utama yang dimiliki kas kecil adalah menghindari kesalahan alokasi pembayaran. Bisnis petshopmu tentu tidak mungkin mengeluarkan biaya besar di transaksi kecil maupun sebaliknya, karena semua transaksi dipetakan dalam buku berbeda-beda.

Sehingga, jika transaksi tersebut adalah transaksi kecil, nantinya akan masuk di dalam buku kas kecil, tetapi jika transaksi besar, akan masuk di pembukuan berbeda.

Mempercepat Kebijakan Incidental

Berkaitan dengan pengambilan keputusan di bisnis petshop, ketika menjalankan bisnis petshop ini, pasti kamu akan menghadapi persoalan yang memerlukan penyelesaian dengan cepat, sehingga kamu harus mengeluarkan sebuah kebijakan incidental

Dengan membagi buku kas kecil serta buku kas besar, analisis kebijakan incidental serta kebijakan mendadak akan menjadi semakin mudah. 

Pekerjaan Karyawan Menjadi Semakin Ringan

Fungsi lain dari pencatatan kas kecil ialah meringankan pekerjaan karyawan. Dengan adanya pencatatan kas kecil, pemetaan dana yang dikeluarkan akan menjadi semakin jelas, sehingga, analisis yang digunakan untuk bahan laporan akan menjadi lebih mudah. 

Tentu saja hal ini juga meringankan pekerjaan karyawan. Bukan hanya itu, pelaporan kas kecil juga mempermudah berbagai transaksi pada relasi bisnis. 

Solusi untuk Masalah Perlengkapan Perusahaan

Fungsi lain dari pencatatan pengeluaran kas kecil ialah untuk menangani masalah pembiayaan perlengkapan yang berada di perusahaan. Umumnya, biaya perlengkapan perusahaan lebih kecil bila dibandingkan dengan biaya lain. 

Karena nominal pembiayaannya kecil, sudah tentu buku yang digunakan untuk melakukan pencatatan transaksi juga merupakan buku kas kecil. 

Komponen Kas Kecil

Meskipun memiliki jumlah yang kecil, pencatatan kas kecil tetap harus dilakukan dengan tepat, dan memasukkan sejumlah komponen berikut, seperti:

Cek

Salah satu dokumen yang digunakan untuk melakukan pembayaran dari pencairan dana bank pada orang atau badan adalah cek

Bukti Kas Keluar

Selain cek, komponen yang harus dimasukkan adalah bukti kas keluar. Komponen ini digunakan untuk mempermudah pencantuman pengeluaran kas ke catatan keuangan. 

Bukti Pengeluaran Kas

Berbagai dokumen bukti pengeluaran kas kecil menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban pemakaian dana kas kecil. Ketika pembukuan kas, bukti-bukti ini harus dilampirkan. 

Permintaan Pengeluaran

Komponen lainnya adalah permintaan pengeluaran kas kecil. Pada dasarnya, dokumen yang satu ini merupakan dokumen permohonan pencairan dana pada pemegang kas, sedangkan pada pemegang kas, dokumen ini akan digunakan sebagai bukti pengeluaran. 

Permintaan Pengisian Kas Kecil Kembali

Permintaan pengisian kembali merupakan dokumen yang dibuat pemegang kas kecil pada bagian utang sehingga menyediakan bukti kas keluar. 

Cara Mengelola Kas Kecil

Untuk mengelola kas kecil, kamu bisa menetapkan batas saldo. Kamu dapat menggunakan metode di atas. Kemudian, kamu juga harus menentukan orang yang akan bertanggungjawab dalam pendistribusian kas kecil ini. 

Jika batas saldo yang ditetapkan sudah terlewati, kasir harus mengajukan permohonan pengisian kembali kas kecil. 

Itulah cara mencatat pengeluaran di kas kecil bisnis petshop beserta dengan fungsi yang dimilikinya. Bila ingin menciptakan sebuah manajemen keuangan bisnis yang baik, pastikan memperhatikan segala unsur yang dimilikinya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil untuk Bisnis Petshop

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​