Home » Strategi-bisnis » 9 Cara Memulai Bisnis Sembako agar Untung Segunung

9 Cara Memulai Bisnis Sembako agar Untung Segunung

9 Cara Memulai Bisnis Sembako agar Untung Segunung

Mungkin saat ini kamu sedang tertarik untuk membuka bisnis sembako, karena keuntungannya yang menggiurkan. Namun kamu masih belum tahu harus mulai dari mana. Padahal, cara memulai bisnis sembako kini bisa dilakukan dengan lebih mudah apalagi bagi pemula.

Berkat kecanggihan teknologi, kamu bisa menemukan supplier bahan baku dengan lebih mudah. Meskipun begitu, kamu tetap membutuhkan panduan cara yang tepat agar bisnis bisa berkembang dengan baik. Karena itu, mari simak dulu informasi berikut ini.

9 Cara Memulai Bisnis Sembako untuk Pemula

Bisnis sembako seringkali dianggap sebagai salah satu bidang bisnis yang tidak ada matinya. Pasalnya, kebutuhan pokok akan selalu dicari setiap saat oleh masyarakat. Untuk memulainya, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

Rencanakan Usaha

Bisnis sekecil apapun yang kamu kelola, tetap dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Hal ini juga berlaku pada saat kamu akan membuka bisnis sembako. Meskipun terlihat sederhana, membangun sebuah usaha tidak boleh dilakukan dengan cara yang asal.

Jangan sampai Kamu melenggang tanpa mempersiapkan sebuah rencana yang matang. Pasalnya, hal ini bisa memicu penyebab kerugian yang bisa terjadi di kemudian hari. 

Di samping itu, dengan perencanaan yang matang Kamu akan lebih siap dalam menghadapi berbagai risiko yang mungkin menghadang di depan. Karena itu, susunlah rencana usaha dengan sedetail mungkin, mulai dari modal, strategi, hingga pembukuan.

Buat Riset Pasar

Riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang kamu untuk terjun dalam bisnis ini. Dalam riset ini, kamu perlu menganalisis seberapa besar persaingan yang mungkin terjadi antara toko yang serupa atau dengan toko yang lebih modern.

Cari tahu juga siapa saja yang akan dijadikan sebagai target bisnis sembako yang akan kamu kelola. Kamu juga bisa melakukan wawancara kecil agar mengetahui bagaimana respon masyarakat dengan rencana tersebut. 

Perhatikan semua hal yang kiranya akan berpengaruh pada bisnis sembako, terutama kebutuhan bahan pokok yang paling banyak dibutuhkan. Misalnya, kamu membuka toko sembako di desa, tentunya kamu harus memikirkan kebutuhan seperti apa yang akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat setempat.  

Perhitungan Modal

Sebelum mulai belanja kebutuhan warung sembako, sebaiknya kamu membuat perhitungan modal terlebih dahulu. Dalam hal ini, tidak hanya barang dagangan saja yang harus dihitung. Akan tetapi, kamu juga perlu memperhitungkan biaya operasional yang mungkin dikeluarkan.

Mulai dari biaya sewa ruko, renovasi tempat, barang apa saja yang dibutuhkan untuk menata produk sembako, peralatan berjualan, dan sebagainya. Catat semua hal tersebut dengan teliti dan detail. 

Pilih Lokasi Strategis

Selain modal, cara memulai bisnis sembako selanjutnya juga memerlukan perhitungan lokasi toko sembako tersebut. Pasalnya, lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis kelontong yang akan kamu kelola.

Usahakan untuk memilih lokasi yang ramai dilewati banyak orang. Contohnya, seperti kawasan padat pemukiman, dekat dengan kos-kosan, dan sebagainya. Lokasi seperti ini memiliki peluang yang cukup baik untuk menjaring lebih banyak pembeli. 

Cari Supplier Terpercaya

Supplier atau pemasok bahan pokok memang bisa kita temukan dengan mudah dimana-mana. Akan tetapi, kamu harus memilih supplier dengan cermat. Mulai dari harga, pelayanan, hingga kelengkapan barang yang mereka sediakan.

Pasalnya, supplier tersebut yang nantinya akan menjadi pemasok bahan untuk toko kelontong milikmu. Untuk mendapatkan jenis barang yang lebih lengkap, kamu bisa memilih beberapa supplier dengan pasokan barang yang berbeda. 

Pilih Sembako yang Berkualitas

Beberapa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, dan gula pasir memiliki beberapa kelas yang bisa dipilih berdasarkan kualitasnya. Sebaiknya, kamu memilih sembako dengan kualitas terbaik. Biasanya, produk dengan kualitas yang lebih bagus akan lebih disukai oleh pelanggan meskipun harganya cenderung lebih mahal.

Agar bisa menjangkau berbagai kalangan, kamu juga bisa menyediakan berbagai kualitas produk sembako. Namun, kamu harus menyampaikannya dengan jujur pada pelanggan. Dengan begitu, mereka bisa memilih sembako dengan kualitas yang paling sesuai.

Buat Pembukuan 

Pembukuan merupakan hal yang penting, tapi sering dilupakan oleh para pebisnis pemula. Mengapa hal ini penting dilakukan? Karena, pembukuan akan mempermudah kamu untuk memantau cashflow bisnis sembako.

Selain itu, data ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dari strategi bisnis yang kamu gunakan dalam menjalankan usaha toko sembako tersebut. Kamu bisa melihat apakah strategi tersebut menguntungkan atau justru merugikan.

Manfaatkan Peluang Jualan Online

Seperti yang kita ketahui, hampir semua bisnis kini dipasarkan secara online. Kamu juga bisa memanfaatkan cara ini untuk memasarkan produk sembako di tokomu. Terlebih, sejak adanya pandemi banyak orang yang lebih memilih untuk belanja dengan cara online melalui aplikasi atau platform favorit mereka.

Berikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik termasuk salah satu kunci dalam memikat para pembeli agar mau berlangganan di toko sembako kamu. Bersikap ramah dan selalu menghargai setiap pelanggan yang belanja akan membuat mereka lebih puas dan tidak ragu untuk kembali datang ke tokomu.

Apakah cara memulai bisnis sembako di atas sudah cukup membuatmu yakin untuk membuka bisnis sembako? Segera susun rencana dan mulai bisnismu.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
9 Cara Memulai Bisnis Sembako agar Untung Segunung

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​