Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Warung Kopi

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Warung Kopi

faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis warung kopi

Lokasi mempunyai pengaruh cukup besar pada keberhasilan bisnis, termasuk untuk usaha warung kopi. Kamu perlu mempertimbangkan faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis warung kopi. Faktor seperti akses jalan, luas lahan, keamanan, dan ada tidaknya kompetitor. Supaya mendapatkan lokasi tempat usaha yang strategis. 

Ketika kamu memutuskan untuk menambah cabang warung kopi, mencari lokasi yang tepat bisa memakan waktu yang cukup banyak. Pasalnya menemukan tempat baru yang sesuai tidak selalu mudah. 

Walaupun warung kopi milikmu sudah cukup dikenal atau memiliki brand awareness yang baik, lokasi tetap mempengaruhi keberhasilan bisnis. Kamu pasti pernah melihat bagaimana kedai cabang brand lain tutup karena sepi pembeli

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis

Pastikan kamu cermat saat mencari lokasi untuk cabang warung kopi yang baru. Perhatikan beberapa faktor sebelum menentukan pilihan. Berikut ini faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis warung kopi:

Akses dari Jalan Raya

Faktor pertama yang sering jadi penentu adalah akses ke jalan raya. Idealnya tempat usaha berada di sisi jalan raya atau dekat ke jalan yang tinggi mobilitasnya. Namun  lokasi seperti ini terbatas dan harga tanah atau biaya sewa pasti lebih tinggi. Hal ini cukup wajar karena semua pemilik usaha pasti menginginkan lokasi yang dekat ke jalan raya. 

Namun aspek penting lain dari segi aksesibilitas yang tidak boleh dilewatkan adalah transportasi umum. Apakah lokasi yang baru dapat dijangkau oleh transportasi umum? 

Lokasi yang mudah diakses dengan transportasi akan meningkatkan kunjungan konsumen. Jadi walaupun kamu tidak mendapatkan tempat yang dekat dengan jalan raya, setidaknya pastikan lokasi yang baru bisa diakses menggunakan kendaraan umum.

Luas Lahan 

Kamu juga perlu mempertimbangkan luas lahan untuk warung kopi baru. Tidak harus besar tetapi jangan terlalu kecil juga. Tempat yang terlalu sempit akan membuat konsumen kurang nyaman. Sedangkan jika terlalu besar akan menyulitkanmu untuk membersihkannya dan kemungkinan ada banyak sudut ruangan yang tidak terpakai.

Kamu juga pasti ingin membuat fasilitas tambahan seperti toilet dan musholla, untuk kenyamanan pengunjung. Sediakan juga tempat parkir yang cukup bagi pelanggan yang membawa kendaraan.

Setelah mengetahui fasilitas apa saja yang akan disediakan di warung kopi, akan lebih mudah bagi kamu untuk menghitung luas lahan yang diperlukan. 

Keamanan Lingkungan Sekitar

Faktor selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah keamanan. Periksa bagaimana situasi di lingkungan sekitar warung kopi baru. Apakah tingkat kriminalitasnya tinggi atau tidak. Kalaupun kamu menemukan lokasi yang terbilang cukup aman, sebaiknya tetap pasang CCTV untuk berjaga-jaga. 

Penduduk Sekitar 

Kamu juga perlu memperhatikan warga sekitar warung kopi. Apakah termasuk target konsumen dari bisnis atau bukan. Sebaiknya pilih lokasi yang dekat dengan target konsumen  yang sudah kamu tentukan. 

Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan riset terhadap penduduk di sekitar warung kopi. Mulai dari pekerjaan, pendapatan, dan kesukaan. Hal ini  akan membantu kamu menentukan harga kopi dan makanan yang dijual. 

Kamu perlu memastikan produk dari warung kopimu terjangkau oleh warga sekitar yang akan menjadi pelanggan paling banyak.  

Jumlah dan Lokasi Bisnis Kompetitor

Selanjutnya cari tahu jumlah warung kopi atau kedai kopi di lingkungan tersebut. Serta seberapa jauh jarak bisnis kompetitor dengan warung kopi milikmu. Apabila tempat usaha kamu berdekatan dengan kedai kopi lain sebenarnya terdapat kelebihan dan kekurangan.

 Akan menguntungkan bila warung kopi milikmu menawarkan produk atau pelayanan yang berbeda. Sebaliknya akan merugikan jika kamu menjual produk yang sama dengan pilihan menu yang tidak jauh berbeda.

Risiko Terkena Bencana Alam

Poin yang satu ini kemungkinan besar sering luput dari perhatian. Padahal mencari lokasi yang aman dan minim risiko terkena bencana alam juga sangat penting. Misalnya memastikan lokasi warung kopi yang baru tidak berada di wilayah yang rawan banjir. Atau tempat yang aman dari risiko bencana longsor. 

Bencana alam seperti banjir dan longsor bisa diprediksi dengan melihat kondisi lingkungan sekitar. Bila kamu menghiraukan faktor ini, bisnis kamu akan mengalami kerugian. Karena barang yang rusak dan pemasukan menurun karena tidak adanya konsumen.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Ingin Memperluas Bisnis Warung Kopi

Ketika berencana memperluas bisnis warung kopi, di samping mencari lokasi, persiapkan juga kebutuhan lain. Sebab menemukan lokasi strategis saja tidak cukup untuk meningkatkan penjualan di cabang warung kopi yang baru. Setidaknya persiapkan tiga hal di bawah ini:

Menyusun Tujuan Bisnis yang Jelas

Susun tujuan bisnis yang jelas untuk cabang warung kopi yang baru. Kamu tentu  mempunyai tujuan ketika melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru. 

Bisa karena ingin memenuhi permintaan konsumen akibat warung kopi pertama sudah tidak cukup untuk menampung konsumen. Atau bisa juga karena ingin masuk ke pasar yang baru. Maka dari itu tentukanlah apa yang jadi tujuan bisnis. 

Pegawai yang Kompeten

Rekrut pegawai baru untuk bertugas di warung kopi cabang. Tunjuk pegawai lama yang sudah berpengalaman dan bisa dipercaya untuk memegang warung kopi cabang.

Sedangkan untuk pegawai baru, beri mereka pelatihan seperti cara menyeduh kopi, memasak dan menyajikan makanan. Serta bagaimana cara melayani pelanggan.

Modal yang Cukup

Pertimbangan lain yang juga sangat penting adalah kesiapan modal untuk membuka cabang baru. Memperluas bisnis membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sambil mencari lokasi baru untuk warung kopi kamu, persiapkan juga dana yang cukup. 

Serta pastikan kamu sudah tahu apa saja sumber dana yang akan dipakai untuk modal awal membangun warung kopi cabang. 

Menemukan lokasi strategis untuk bisnis warung kopi memang membutuhkan waktu. Namun kehati-hatian dalam memilih tempat usaha akan membuahkan keuntungan untuk kelancaran bisnis. 

Pastikan kamu memperhatikan faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis di atas. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut proses mencari lokasi bisnis yang baru akan lebih cepat.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Warung Kopi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​