Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis Warung Kopi yang Menjanjikan

Kunci Sukses Bisnis Warung Kopi yang Menjanjikan

Kunci Sukses Bisnis Warung Kopi yang Menjanjikan

Beberapa waktu belakangan ini, usaha warung kopi memang sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat. Utamanya, warung kopi kekinian yang sangat disukai oleh anak muda. Bila tertarik mencoba bisnis ini, kamu harus menyimak kunci sukses bisnis warung kopi agar usaha ini nantinya tidak berhenti begitu saja. 

Warung kopi kekinian dapat dicoba oleh siapa saja, bahkan oleh pemula. Warung kopi atau yang sering juga disebut dengan warkop merupakan usaha yang menyajikan berbagai macam jenis kopi. Selain menyediakan kopi, umumnya warkop juga menyediakan berbagai macam menu sebagai pelengkap. 

Kunci Sukses Bisnis Warung Kopi

Agar bisnis yang akan kamu geluti ini bisa berjalan dengan lancar, berikut sejumlah kunci sukses menjalankan bisnis warung kopi, antara lain:

Tetapkan dan Sediakan Modal Bisnis

Jenis usaha apapun tentu memerlukan modal bisnis untuk memulainya, baik modal peralatan, teman dan uang. Jika tempat dan peralatan, kamu hanya perlu memikirkan besarnya modal yang akan kamu perlukan. 

Besaran modal ini juga bergantung perencanaan usaha yang akan kamu buat. Bila semakin lengkap dan semakin besar warung kopi yang akan kamu buat, akan semakin besar juga modal yang harus kamu siapkan. 

Contohnya saja, kamu ingin membuka warkop kekinian dengan menyediakan berbagai macam pilihan menu makanan, serta tempat yang nyaman. Tentu modal yang dibutuhkan akan besar, untuk membeli bahan baku hingga mendesain tempat tersebut. 

Rencanakan Target Pasar yang akan Kamu Tuju

Sebelum kamu membuka usaha, kamu harus menentukan siapa target pasar atau kalangan yang ingin kamu sasar. Dengan mengetahui siapa kalangan yang akan kamu sasar, kamu bisa lebih mudah untuk menerapkan konsep usaha. 

Contohnya saja, dengan menentukan target pasar, desain warkop dapat disesuaikan dengan selera dari target pasar yang kamu miliki. Bukan hanya itu, menetapkan target pasar juga akan membantumu menentukan berapa harga kopi nantinya. 

Jika target pasar yang kamu miliki merupakan anak muda serta mahasiswa, pastikan kamu menjual kopi dengan harga yang terjangkau. 

Cari Supplier atau Pemasok

Mencari supplier yang nantinya menyediakan kopi untuk warung, juga erat kaitannya dengan target pasar yang nantinya kamu sasar. Bila target pasar yang kamu miliki merupakan mahasiswa dan anak muda yang belum mempunyai pendapatan sendiri, kamu bisa memilih supplier yang memberikan harga murah. 

Kopi yang kamu beli dengan harga murah dari pemasok akan membantumu menjual produk tersebut dengan harga murah pada konsumen. Bila kamu membeli dari supplier dengan harga mahal, kamu bisa mengalami kerugian. 

Buat Konsep Bisnis dengan Baik

Kunci sukses bisnis warung kopi ini juga bisa dilakukan dengan cara membuat konsep bisnis. Konsep bisnis akan erat kaitannya dengan branding dari warkopmu. Sekarang ini banyak usaha sejenis, sehingga kamu harus memiliki konsep berbeda sehingga mempunyai branding tersendiri. 

Namun, salah satu hal yang harus diingat adalah, apapun konsep yang kamu buat untuk warkop tersebut, kamu harus mengutamakan kenyamanan konsumen. Bukan hanya itu, kamu juga harus mencari lokasi yang strategis

Cari lokasi sesuai dengan konsep yang sudah kamu buat. Dua hal ini akan berkaitan dan  saling mendukung. Kamu bisa membuat sejumlah alternatif tempat seperti dekat dengan sekolah, dekat dengan kantor hingga kampus. Kemudian, perhitungkan mana lokasi yang sesuai dengan konsep usahamu. 

Lakukan Kegiatan Promosi dengan Maksimal

Promosi menjadi cara yang bisa dilakukan agar orang lain mengenal dan mengetahui usaha yang kamu buat. Kamu bisa membuat promosi di media sosial seperti FB, IG dan lainnya. Selain itu kamu juga bisa menyebarkan brosur. 

Kamu bisa memulai promosi dari kenalan dan keluarga dekat. Kemudian ajak mereka untuk mampir di warkop yang kamu miliki. Kamu bisa menjadikan mereka sebagai media promosi yang menyebarkan kabar mengenai usaha barumu ini. 

Mengapa Bisnis Warung Kopi Menguntungkan untuk Dicoba? 

Warkop menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Berikut sejumlah alasannya, antara lain:

Memiliki Omset yang Tinggi

Ketika memilih bisnis apa yang nantinya akan kamu jalankan, omset tentu menjadi salah satu pertimbangan yang kamu lakukan. Warkop memiliki omset yang cukup tinggi, omsetnya bahkan dapat mencapai Rp500 ribu hingga Rp1 juta per harinya. 

Kemudian, rata-rata keuntungan bersih dapat mencapai 40%. Hal ini disebabkan karena pelanggan yang duduk di warkop sering repeat order, sehingga pendapatan akan lebih banyak. 

Kultur yang Gemar Minum Kopi

Indonesia memiliki kultur yang gemar ngopi serta gemar melakukan interaksi dengan orang lain. Sehingga, warkop menjadi sahabat untuk semua lapisan masyarakat. Bahkan, tidak jarang warkop tertentu mempunyai nama tersendiri untuk pelanggannya. 

Buka Selama 24 Jam

Beda dengan usaha lain yang memiliki jam operasional 10 atau 12 jam. warkop memiliki jam operasional hingga 24 jam. Dengan merekrut 2 atau 3 karyawan, kamu bisa membuka warkopmu full-day. 

Tentu saja, dengan adanya keuntungan ini, pendapatan yang kamu dapatkan akan menjadi semakin besar nantinya. 

Dengan kunci sukses bisnis warung kopi di atas, kamu bisa dengan mudah meraih kesuksesan bisnis. Usaha warung kopi memang menjadi usaha yang bagus serta menjanjikan, lebih-lebih bila mengingat masyarakat kita yang gemar minum kopi serta menghabiskan waktu dengan nongkrong di sana.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis Warung Kopi yang Menjanjikan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​