Home » Strategi-bisnis » Skill yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Warung Kopi

Skill yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Warung Kopi

skill yang harus dipelajari pemilik bisnis warung kopi

Ada beberapa skills yang harus dipelajari pemilik bisnis warung kopi. Semua kemampuan tersebut akan sangat membantu kamu menjalani bisnis dan menunjang operasional warung kopi setiap hari. 

Serta dapat meningkatkan pemasukan, menambah banyak pelanggan baru, dan akhirnya membuat bisnis warung kopi milikmu semakin besar. Bahkan kamu punya peluang untuk membuka cabang warung kopi baru di tempat lain. 

Sebagai seorang pengusaha, kamu tidak boleh berhenti belajar. Terus upgrade kemampuan diri dengan mempelajarinya sendiri atau ikut pelatihan. Kemudian praktikan di tempat usaha milikmu. 

Selain itu beri juga pegawai kesempatan meningkatkan kemampuan diri. Dengan mendaftarkan mereka untuk ikut juga ke pelatihan dan workshop. 

Skill yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Warung Kopi

Ketika terjun ke dunia bisnis kamu akan menemukan banyak tantangan baru yang membutuhkan keterampilan khusus untuk mengatasinya. Namun seringkali skills tersebut tidak kamu pelajari di masa sekolah dulu. 

Atau kamu belum pernah punya pengalaman yang sama sebelumnya. Sehingga kamu tidak tahu harus berbuat apa. Solusinya adalah dengan mempelajari skill baru yang memang kamu butuhkan. Berikut ini 5 skill yang harus dipelajari pemilik bisnis warung kopi:

Pengetahuan Tentang Kopi 

Sebagai seorang pengusaha warung kopi tentu kamu harus memiliki pengetahuan tentang kopi. Memahami varian biji kopi, perbedaan cita rasa, dan karakteristik dari masing-masing jenis biji kopi. Dengan begitu kamu bisa menyajikan berbagai varian kopi yang berasal dari banyak daerah di Indonesia. 

Pengetahuan yang banyak tentang kopi juga akan membantumu dalam mendapatkan kualitas biji kopi yang baik. Kamu bisa dengan mudah mengenali seperti apa biji kopi yang berkualitas. Pengetahuan ini bisa kamu dapatkan lewat buku dan pelatihan.

Teknik Menyeduh Kopi

Setelah memiliki pengetahuan yang banyak mengenai biji kopi, selanjutnya kamu tentu perlu menguasai teknik menyeduh kopi. Supaya kamu dapat menyajikan seduhan kopi dengan cita rasa yang bisa dinikmati pelanggan.

Ada banyak tahapan dan teknik dalam membuat kopi. Kamu bisa belajar mulai dari cara yang konvensional sampai yang profesional dengan menggunakan mesin espresso canggih. 

Pelajari macam-macam alat seduh kopi dan cara menggunakannya. Selain itu pelajari juga takaran yang pas untuk membuat secangkir kopi yang lezat. Sebab takaran dan alat seduh akan mempengaruhi rasa dari air seduhan kopi. 

Kemampuan Manajerial

Supaya warung kopi milikmu dapat beroperasi dengan baik, kamu juga perlu menguasai kemampuan manajerial. Kemampuan ini membantumu mengelola warung kopi  dengan baik. 

Mengatur operasional, mengkoordinasi, memimpin para pegawai, dan paham cara mengatasi masalah. Untuk memastikan kegiatan bisnis berjalan dengan baik. 

Kemampuan manajerial didapat secara praktis dari pengalaman pengusaha selama berbisnis. Namun kemampuan ini juga bisa kamu pelajari materinya di dalam seminar atau kelas. 

Kemampuan Komunikasi 

Kemampuan komunikasi juga termasuk skill dasar yang perlu dikuasai. Karena kamu akan bertemu dengan banyak pelanggan setiap hari. Dalam melayani konsumen kamu harus bersikap ramah dan responsif. 

Dengan begitu konsumen akan kembali datang dan akhirnya menjadi pelanggan tetap. Komunikasi juga penting ketika berinteraksi dengan pegawai dan mitra bisnis

Sebagai seorang pemimpin kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik. Begitu juga pada mitra bisnis agar hubungan kerjasama yang sudah dibangun bisa terjaga dengan baik. 

Membangun Relasi (Networking) 

Kesempatan untuk mengembangkan bisnis akan terbuka lebih lebar jika kamu mampu membangun relasi (networking) dengan baik. Soft skill yang satu ini dapat diasah secara rutin, lambat laun kamu akan menguasainya sendiri. 

Sebenarnya kunci dari kemampuan networking adalah komunikasi. Jadi menjaga komunikasi dengan pegawai, mitra, kolega, dan kenalan lainnya adalah cara untuk membangun relasi. 

Meskipun kemampuan yang satu ini lahir dari pengalaman, tetapi kamu tetap bisa mempelajari materi yang berkaitan dengan networking. Lewat buku atau podcast. Baca juga kisah dari pengusaha sukses untuk menyerap trik mereka dalam membangun relasi.

Macam-macam Sumber Belajar Skill Baru

Belajar skill baru sumbernya bisa dari mana saja. Tidak hanya dari bangku pendidikan formal. Kesempatan belajar lewat kelas non formal atau belajar otodidak juga sangat terbuka. Sumber belajar mudah didapatkan dan tersedia sangat banyak. Hal yang kamu perlukan adalah keinginan kuat dan konsisten dalam berlatih. Kamu bisa belajar skill yang diperlukan diantaranya dari: 

Buku

Bacalah buku-buku yang memiliki topik sesuai dengan skill yang ingin kamu kuasai. Jangan lupa untuk membaca buku tentang kiat-kiat bisnis untuk belajar tentang cara mengembangkan bisnis. 

Baca juga buku mengenai kopi untuk memperdalam wawasan kamu tentang kopi. Kamu juga bisa membaca kisah inspiratif dari para pengusaha dan pemilik kedai kopi yang berhasil. 

Kursus

Bila kamu ingin menambah kemampuan baru yang lebih teknis seperti cara meracik kopi, lebih baik ikuti kursus singkat. Sekarang ini sudah banyak kedai kopi besar atau lembaga pelatihan yang membuat kelas cara membuat kopi. 

Ikuti kelas tersebut maka kamu akan mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia kopi. Selepas kursus selesai, kamu juga akan mendapatkan sertifikat.

Video Tutorial Online 

Sumber belajar gratis bisa kamu dapatkan lewat video tutorial online. Kemampuan apapun yang ingin kamu pelajari tersedia di dalam genggaman. Tutorial, tips, dan trik bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Kamu tinggal mempraktekannya sendiri di warung kopi milikmu.

Itulah skill yang harus dipelajari pemilik bisnis Warung Kopi serta sumber belajarnya. Terus asah kemampuan diri dan jangan cepat merasa puas. Ada banyak skill yang bisa kamu pelajari untuk mengembangkan  bisnis warung kopi.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Skill yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Warung Kopi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​