5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor – Sudah saatnya manusia di bumi ini menerapkan gaya hidup eco green di setiap aktivitas. Dengan begitu, bumi yang sudah mulai tua ini bisa terjaga dengan baik dan mampu bertahan lebih lama lagi.

Anda bisa memulainya dari lingkungan sekitar yang dekat dengan Anda, mulai dari rumah Anda sendiri dan juga kantor yang Anda sekarang Anda singgahi. Karena dimanapun dan kapanpun, gaya hidup ramah lingkungan ini harus senantiasa dibiasakan.

Berikut ini ada beberapa aktivitas eco green yang bisa Anda terapkan di lingkungan kantor tempat Anda bekerja. Simak yuk!


5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor

1Mengurangi Penggunaan Kertas

5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor
Photo by Helloquence on Unsplash

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membatasi pemakaian kertas untuk keperluan pekerjaan. Gunakan kertas untuk kondisi-kondisi tertentu saja, seperti surat kontrak kerja yang tentu membutuhkan tanda tangan dan juga materai.

Kabar baiknya, di zaman sekarang ini sudah ada teknologi cloud yang digunakan sebagai media penyimpanan data, bahkan bisa dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menggunakan kertas, kecuali dalam situasi genting dan penting.


2Cabut Kabel Listrik Saat Tidak Digunakan

5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor
Photo by Clint Patterson on Unsplash

Aktivitas menghemat energi ini terbilang cukup sederhana. Setelah Anda selesai bekerja, jangan hanya mematikan perangkat komputer atau laptop Anda. Alangkah lebih baiknya, Anda mencabut juga adapter dari stop kontak untuk memutus aliran listrik.

Sebab, jika Anda tidak mencabutnya, listrik akan tetap mengalir dan memakan biaya walaupun perangkat komputer Anda dalam keadaan mati.


3Membeli Sesuatu Dalam Jumlah Besar

5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor
Photo by Helen Shi on Unsplash

Usahakan untuk membeli kebutuhan kantor dalam jumlah besar sekaligus. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, sampah yang dihasilkan juga menjadi lebih sedikit.

Kebutuhan kantor yang dimaksud seperti kopi, gula, teh, dan sebagainya yang mampu menghasilkan banyak sampah plastik yang akhirnya menumpuk dan tidak dapat terurai.


4Menggunakan Peralatan Makan dan Minum

5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor
Photo by S’well on Unsplash

Gunakan peralatan makan dan minum sendiri, atau yang biasanya disediakan di pantry kantor. Cara ini tentu bisa mengurangi limbah/sampah plastik yang dihasilkan dari bungkus makan siang atau cemilan yang Anda beli di luar.

Baca juga: Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?

Mudahnya, Anda harus mulai membiasakan diri untuk membawa bekal ke kantor. Selain hemat, Anda juga bisa mengurangi potensi penggunaan wadah plastik (seperti sterofoam) dan sendok plastik yang tidak ramah lingkungan.


5Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik

5 Aktivitas Eco Green yang Bisa Anda Terapkan di Lingkungan Kantor
Photo by Paweł Czerwiński on Unsplash

Buang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Akan lebih bagus lagi, Anda memisahkan sampah-sampah yang Anda buang itu sesuai kategorinya agar mudah dalam pembuangannya nanti.

Dibutuhkan kerja sama antar karyawan untuk mewujudkan langkah ini supaya berjalan dengan baik dan tepat, hingga akhirnya tercipta lingkungan kantor yang ramah lingkungan.


#PengaruhBaik bisa Anda ciptakan dari berbagai aktivitas eco green di atas. #PengaruhBaik ini pun pasti sangat terasa bagi diri Anda sendiri dan juga orang-orang di sekitar Anda.

Namun, untuk menciptakan #PengaruhBaik bagi orang lain, Anda juga bisa melakukannya dengan bergabung sebagai pendana di KoinWorks.

KoinWorks merupakan perusahaan fintech dengan sistem P2P Lending, di mana Anda berkesempatan untuk mendanai berbagai UMKM di Indonesia.

Sebagai pendana, Anda bisa mulai dengan nominal Rp100.000 dan Anda juga berhak mendapatkan imbal hasil sebesar 18% sampai 21.32% per tahunnya.

Untuk keamanannya, KoinWorks telah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan investasi bodong yang sedang marak terjadi belakangan ini.

Oleh karena itu, mari membawa #PengaruhBaik bagi sesama dengan mendanai di KoinWorks!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.