6 Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Hemat dan Berkesan – Tentunya bagi pertemanan di lingkungan wanita, melakukan kegiatan bridal shower adalah hal yang lumrah dilakukan.

Bridal shower adalah suatu kegiatan selebrasi yang dilakukan untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang wanita sebelum hari pernikahannya.

Biasanya teman dari wanita yang akan menikah ini akan memberikan kejutan atau hadiah kepada si calon pengantin.

Hal-hal yang perlu ada dalam pesta bridal shower ini bisa berupa makanan, minuman, dan beberapa permainan. Pokoknya, momen saat calon pengantin dapat dikelilingi oleh teman-teman tercintanya.

Namun, mungkin Anda pernah mengalami permasalahan klasik saat merencanakan sebuah acara, yaitu budget!

Baca juga: Menikah dengan Budget Minim? Bisa Kok!

Rasanya ingin sekali membuat sebuah acara yang sangat spesial untuk sahabat, namun tentu saja hal itu butuh biaya tidak sedikit.

Tidak perlu khawatir, Anda beserta sahabat bisa kok membuat bridal shower kekinian dengan melakukan alokasi dana yang tepat.

Simak tips-tips berikut ini, ya!


6 Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Hemat dan Berkesan

1Tidak Perlu Menggunakan Jasa Event Organizer 

bridal shower

Menggunakan jasa event organizer untuk membuat bridal shower memang lebih mudah dan tidak lagi merepotkan Anda. Namun, tentunya Anda dan para sahabat harus mengeluarkan anggaran yang cukup banyak.

Oleh karena itu, usahakan jika Anda dapat meluangkan waktu untuk mengatur dan merencanakan semuanya  sendiri.

Baca juga: Menikah Tanpa Bantuan Orang Tua, Siap-siap Mendapat Keuntungan Ini!

Jangan panik dulu, Anda bisa membagi-bagi pekerjaan dengan sahabat-sahabat Anda. Selain membuat perencanaan acara jadi lebih hemat, hal ini juga cocok banget nih untuk melatih kerja sama dalam pertemanan.


2Lokasi Acara 

bridal shower- lokasi

Selanjutnya, supaya acara bridal shower yang akan dilkukan bisa mengeluarkan budget yang minim, tidak harus diselenggarakan di hotel atau tempat yang mahal kok. Anda bisa mengadakan acara tersebut di tempat yang terjangkau, seperti restoran, kafe atau di rumah.

Kemudian, ketika ingin mengadakan acara di kafe atau restoran, tanyakan apakah tempat tersebut memperbolehkan dekorasi.

Apabila diperbolehkan, cari tahu juga apakah dikenakan biaya tambahan atau tidak. Ingat! untuk tetap memilih restoran atau kafe yang tidak mengenakan biaya tambahan.

Nah, jika Anda berencana untuk mengadakan bridal shower di rumah, Anda bisa menggunakan halaman rumah bisa jadi tempat pesta yang nyaman, santai, dan unik.


3Dekorasi

bridal shower- dekorasi

Sebelum Anda menjadikan lokasi bridal shower menjadi lebih indah dengan dekorasi,  tentukan temanya terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan tema yang pas, barulah Anda dan para bridesmaids bisa memilih pernak-pernik yang sesuai.

Baca juga: Cara Pintar Mengatur Keuangan untuk Pasangan Baru 

Jika Anda mengadakan bridal shower dengan budget yang hemat, dari sisi dekorasi, gunakan benda atau barang yang sudah kalian punya.

Tambahkan pernak-pernik buatan sendiri, misalnya hasil guntingan aneka kertas berbagai bentuk dan warna. Kalau ada, Anda juga bisa juga mencetak foto sang calon pengantin bersama para sahabat saat sedang bersama.


4Kudapan yang Unik

bridal shower - kudapan

Salah satu yang membuat pesta bridal shower menjadi berkesan dan juga unik karena adanya kudapan-kudapan lucu.

Oleh karena itu, sebelum waktunya tiba, ajak sahabat terdekatmu masak berasama untuk persiapan bridal shower. Jangan yang rumit, buatlah makanan dan minuman yang simple namun unik dan manis untuk difoto.

Atau, Anda juga bisa menyediakan camilan dan minuman lucu-lucu untuk menemani saat ngobrol bersama teman-teman.

Baca juga: Saat Pernikahan, Lebih Untung Masak Sendiri atau Katering? 

Pilih yang simple saja seperti oreo pop yang dibalut dengan cokelat leleh yang ditaburi sprinkle warna-warna di atasnya, atau bisa juga crepes dengan isian kesukaan, hingga finger meal seperti chips, popcorn dan manisan seperti gulali.

Untuk minumannya, Anda bisa menghidangkan berbagai jenis soda, squash hingga cocktail. Usahakan hidangkan minuman yang segar dan menggugah selera.


5Siapkan Rangkaian Acara

bridal shower -

Acara bridal shower tidak hanya diisi oleh canda tawa saja lho. Supaya lebih meriah, Anda bisa memilih beberapa kegiatan, seperti menonton bersama, lomba membuat cupcake, manicure bersama, mengadakan games dan karaoke.

Dengan begitu, acara akan menjadi seru dan tentunya Anda dan para braidmaids lainnya akan semakin akrab.


6Siapkan Dresscode 

bridal shower- dresscode

Terakhir, supaya acara bridal shower semakin terlihat menawan pada sesi foto-foto, jangan lupa untuk menggunakan dresscode yang seirama.

Baca juga: Bingung Mau Menikah di Gedung atau Rumah? Cek Ini Dulu, Yuk! 

Tidak perlu untuk membeli baju lagi kok! Anda bisa menggunakan warna kesukaan si calon pengantin wanita dan gunakan warna tersebut untuk membuat palet warna yang chic dan senada.


Berikut tadi adalah 6 tips yang bisa dicoba ketika Anda dan ingin mengadakan bridal shower untuk sang calon pengantin.

Anda pun bisa tetap mengadakan acara yang menarik meskipun budget yang dikeluarkan cukup terbatas.

Dari situ, budget yang Anda punya bisa Anda alokasikan kembali pada kegiatan yang juga bermanfaat, seperti investasi. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar lho untuk berinvestasi.

Karena, hanya dengan Rp100.000, Anda bisa mulai berinvestasi melalui Peer-to-Peer Lending(P2P) di KoinWorks. Bahkan, keuntungan yang bisa Anda dapatkan ialah 21,32% per tahun.

Nah, selamat merayakan bridal shower untuk sahabat Anda dengan anggaran yang tidak bikin kantong bolong!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.