[KoinPedia Bisnis] 21 Oktober 2022 – Waspada Potensi Krisis Ekonomi di 2023

KoinPedia edisi Bisnis kali ini akan membahas mengenai ancaman resesi global di tahun depan, dan juga ada tambahan wawasan bisnis bagi kamu yang mungkin sedang memiliki keinginan untuk merintis bisnis di bidang kuliner atau bidang kesehatan & kebugaran.

Penasaran, ‘kan?

Yuk, kita lihat satu per satu!


Ancaman Resesi di 2023: Kita Mesti Ngapain Nih?

Bulan September lalu, World Bank mengeluarkan pernyataan mengenai potensi terjadinya resesi global di tahun 2023.

Ini jelas merupakan buntut panjang dari terjadinya pandemi global COVID-19 di awal tahun 2020, dan disusul dengan perang terbuka antara Rusia & Ukraina sejak bulan Februari tahun ini. 

Bahkan, Presiden dan Menteri Keuangan kita sudah memberikan warning mengenai potensi terjadinya krisis keuangan ini beberapa minggu lalu, loh.

Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Tenang dulu, yang jelas kamu tidak perlu panik secara berlebihan. Menurut ekonom dan mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, perekonomian Indonesia saat ini masih cukup kuat untuk bertahan menghadapi kemungkinan terjadinya resesi global. 

Bahkan diperkirakan Indonesia akan lebih baik menghadapi krisis tersebut, daripada negara-negara tetangga seperti Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan. 

Sebaliknya, Indonesia diperkirakan hanya akan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, kamu juga sebaiknya tetap waspada dalam menghadapi potensi krisis ekonomi global di tahun depan.

Caranya gimana? Kamu bisa lebih rajin menabung, jangan buru-buru resign sebelum dapat pekerjaan baru, hindari utang & pinjaman terutama yang berbunga tinggi, dan hanya lakukan investasi di bidang yang memang kamu mengerti.

Mudah, ‘kan? Enggak perlu khawatir, tapi kamu tetap perlu waspada, ya.

Kalau mau tahu lebih jelas lagi mengenai dampak resesi global tahun depan terhadap Indonesia, kamu bisa simak Catatan Bisnis KoinWorks edisi “Catatan Ekonomi Indonesia 2022-2023” feat. YouTuber Ferry Irwandi di sini.

. . .

Bagi kamu yang sedang merintis sebuah bisnis dan memiliki kebutuhan pinjaman modal untuk mengembangkan bisnismu, yuk lindungi investasi & usahamu dengan menggunakan fitur KoinBisnis dari KoinWorks. 

Dengan proses pendaftarannya yang cukup mudah, serta persetujuan instan, kamu bisa mengamankan dana segar untuk bisnismu hingga total 2 miliar rupiah.

Nah, tunggu apalagi? Buruan daftar KoinWorks dan segera manfaatkan fitur KoinBisnis untuk mengembangkan bisnismu!

Download KoinWorks sekarang!


Roderick Tjandra, Cuan Banyak dari Jual Martabak 

Bisa raup cuan dari jualan martabak? Bisa banget!

Roderick Tjandra telah membuktikannya melalui sepak terjang Martabak Boss yang ia rintis dari tahun 2014. 

Dari yang awalnya hanya memiliki 1 outlet, kini bisnisnya sudah berkembang menjadi total 6 outlet yang tersebar di beberapa sudut kota Jakarta.

Nah, menurut Roderick, ada beberapa hal penting nih yang menjadi kunci kesuksesan Martabak Boss miliknya.

Pertama, jangan mudah tergiur growth. Banyak pemilik bisnis yang tergoda terhadap hasil pertumbuhan bisnis yang cepat, tetapi kurang memperhatikan pondasi awal dari bisnis itu sendiri. 

Pada akhirnya, banyak pemilik bisnis yang terjebak pada skema bisnis franchise, namun sulit untuk berkembang & bersaing, hingga berujung merugi.

Kedua, pahami target konsumen sepenuhnya. Kenalilah para konsumen yang menjadi target bisnismu. Ketahui apa kesukaan & kebutuhan mereka; dan jadikan bisnismu sebagai jembatan antara dua hal tersebut. 

Apakah produkmu sesuai dengan kelompok remaja & dewasa muda? Atau malah lebih cocok untuk kelompok anak-anak?

Ketiga, buat konsep produk yang matang. Produk yang kamu jual mungkin memang konsumen butuhkan, namun apakah kamu memiliki keterampilan untuk membuatnya? 

Ketika kamu ingin berjualan martabak, maka kamu sudah seharusnya banyak melakukan riset dan eksperimen terhadap menu martabak yang sudah ada.

Jika produkmu memang lezat, berkualitas, dan mudah membuat konsumen jatuh hati, maka kamu sudah memiliki produk yang tepat. If it really works, then it will speak for itself. Kamu tidak perlu bersusah payah menawarkannya kepada para konsumen.

Kamu bisa simak penjelasan yang lebih lengkap dari Roderick dan Martabak Boss-nya yang terkenal, di sini.

. . .

Punya ide bisnis kuliner tapi masih bingung bagaimana cari modal yang cepat dan enggak bikin repot?

Say no more. Kamu bisa gunakan fitur KoinBisnis dari KoinWorks. 

Enggak hanya kasih kamu kesempatan untuk dapat pinjaman modal hinggal 2 miliar rupiah, KoinBisnis juga terjamin keamanan dan diawasi oleh OJK.

Jadi, jangan bingung lagi, ya. Langsung aja unduh aplikasinya, ke smartphone kamu.

Download KoinWorks sekarang!


Dhara Studio: Bisnis Yoga Bisa Bawa Cuan

Yuk, awali Q3 2022 kamu dengan semakin aktif berolahraga!

Terutama bagi kamu yang kebetulan tinggal di daerah Bekasi, atau lebih tepatnya di sekitar Summarecon Mall, kamu bisa segera daftar & ikut program kebugaran dari Dhara Studio.

Ada beberapa kegiatan olahraga yang bisa kamu ikuti, seperti Yoga dan Pound Fit. Tetapi, saat ini program kesehatan dan olahraga dari Dhara Studio baru hanya diikuti oleh perempuan saja, ya.

Dhara Studio sendiri didirikan oleh Roro & teman-temannya pada tahun 2018, dan di bulan Juni kemarin, mereka baru saja memenangkan kompetisi KoinWorks NEO Inspire untuk kategori “Womenpreneur”.

Konsep bisnis ini benar-benar didesain untuk mengakomodir kebutuhan kesehatan perempuan, loh. Pasalnya, kamu tidak hanya bisa berolahraga, tetapi juga berkonsultasi soal kesehatan reproduksi & kehamilan.

Nantinya, Dhara Studio juga akan melebarkan sayap bisnisnya dengan menyediakan layanan kesehatan untuk para perempuan yang jauh lebih lengkap.

Nah, untuk memperlancar operasional bisnis sehari-hari, Roro bercerita bahwa bisnisnya sangat terbantu oleh layanan Payment Link dari KoinWorks NEO.

Dengan menggunakan Payment Link, Dhara Studio tidak perlu repot lagi dalam mengurus dan membantu klien mereka ketika akan melakukan pembayaran.

Di studio mereka pun, sudah tersedia layanan QRIS yang bisa mempercepat semua proses pembayaran. No cash needed anymore!

Simak wawancara lebih lengkap dengan Dhara Studio di sini.

. . .

Kalau kamu ingin bisnismu juga bisa lebih mudah mengurus semua proses transaksi pembayaran seperti Dhara Studio, kamu juga bisa loh menggunakan Payment Link dari KoinWorks NEO.

Yuk, langsung daftarkan bisnismu sekarang!

Daftar sekarang!


Jualan di TikTok Lebih Cuan?

Sejak pertengahan tahun 2021, TikTok sudah mulai melebarkan sayapnya dengan merambah area e-commerce dengan merilis layanan TikTok Shop.

Layanan ini serupa dengan fitur “Shop” di Instagram, dan “Marketplace” di Facebook, yang sama-sama hadir untuk memudahkan pengguna dalam berbelanja beragam produk & kebutuhan lainnya, langsung melalui media sosial.

Kemampuan platform TikTok yang pada dasarnya memiliki fokus utama video dengan format storyteller, membuat fitur e-commerce ini menjadi jauh lebih menarik, daripada fitur serupa di media sosial lain yang menjadi kompetitornya.

Nggak cuma soal jualan produk saja, kamu pun bisa membuat profil bisnis TikTok-mu menjadi dikenal banyak penggunanya dengan cara mengunggah berbagai konten yang up to date dengan tren TikTok saat ini.

. . .

Mau mulai berpromosi & beriklan dengan TikTok Ads, tapi bingung bagaimana bayarnya?

Tenang, kamu bisa pakai NEO Card dari KoinWorks. Kartu virtual ini bisa kamu gunakan untuk bertransaksi setiap saat, di dalam & di luar negeri, layaknya sebuah kartu kredit.

Yuk, segera daftarkan bisnis & dirimu ke KoinWorks NEO!

Daftar sekarang!


Strategi Menjalankan Bisnis Pakaian dari KoinWorks

Bagi kamu yang kebetulan sedang menjalankan sebuah bisnis fashion seperti bisnis pakaian, berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu coba terapkan untuk mengembangkan bisnismu.

Yuk, disimak!


10 Langkah Memulai Bisnis Pakaian, Cocok untuk Pemula!

Bagaimana langkah yang tepat dalam memulai bisnis pakaian bagi seorang pemula?

Nah, berikut adalah beberapa cara dan langkah mudah yang bisa kamu gunakan saat kamu mulai merintis bisnis pakaian sendiri. 

Mulai dari mencari tahu kebutuhan pasar, membuat rencana bisnis yang pakem, melakukan segmentasi pasar, hingga memilih lokasi bisnis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di sini.

Baca selengkapnya di sini

Faktor Penting Memilih Lokasi untuk Memperluas Bisnis Pakaian

Apa saja faktor penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih lokasi untuk memperluas bisnis pakaian milikmu?

Salah satunya adalah akses dan visibility dari lokasi tersebut. Jika lokasi yang kamu pilih agak tersembunyi dan agak jauh dari rute kendaraan umum atau jalan raya, tentu bisnismu akan sulit konsumen temukan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di sini.

Baca selengkapnya di sini

Ini Dia Perlengkapan untuk Bisnis Pakaian Kamu, beserta Harganya

Bingung memilih perlengkapan apa saja yang akan kamu butuhkan saat memulai bisnis pakaian?

Say no more. Pada dasarnya, kamu memerlukan lokasi untuk bisnis beroperasi, mesin-mesin produksi (jika kamu membuat sendiri produk pakaianmu), etalase, mesin kasir, dan masih banyak lagi. Nah, untuk ulasan lebih lengkapnya, kamu bisa baca di sini.

Baca selengkapnya di sini

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.