Home » Strategi Bisnis » Apa Saja Etika dalam Menjalankan Bisnis Ayam Goreng? Cek di Sini!

Apa Saja Etika dalam Menjalankan Bisnis Ayam Goreng? Cek di Sini!

Etika dalam menjalankan bisnis

Saat memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis, maka ada beberapa hal yang perlu kamu pahami secara baik dan benar. Selain memikirkan keuntungan finansial, kamu juga wajib mengetahui dan memahami etika dalam menjalankan bisnis.

Berbisnis tentulah memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Begitu halnya saat kamu ingin membuka bisnis kuliner ayam goreng. Untuk mendapatkan banyak keuntungan, kamu perlu melakukan berbagai strategi marketing untuk menarik pelanggan.

Pada dasarnya, tak ada yang salah dengan hal tersebut. Setiap pebisnis memang perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Namun, kamu perlu pahami juga bahwa dalam menjalankan bisnis bukan berarti kamu boleh menghalalkan berbagai macam cara untuk meraih tujuan tersebut. Jangan sampai kamu harus menjatuhkan bisnis orang lain demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Apa itu Etika dalam Menjalankan Bisnis?

Etika bisnis merupakan bentuk aturan yang bersifat etis. Di dalamnya berisikan tentang tolak ukur dalam menjalankan bisnis. Jika menjalankan bisnis sesuai dengan etika bisnis, maka tentu perusahaan kamu akan mendapatkan value yang baik pula dari para stakeholder maupun konsumen.

Dalam menjalankan bisnis ayam goreng, terdapat beberapa tahapan bisnis yang akan dilalui. Beberapa tahapan tersebut di antaranya seperti proses pengolahan, mengedarkan, menjual dan membeli produk. Keseluruhan tahapan tersebut tentu membutuhkan aspek etis sebagai bentuk pedoman utama dalam menjalankan bisnis. 

Pelaksanaan aspek etis pada keseluruhan proses bisnis akan menciptakan lingkungan bisnis yang profesional. Semua aspek ini juga tentu didukung oleh banyak pihak mulai dari owner, pegawai, hingga distributor. 

Tujuan dan Manfaat Etika Bisnis

Menerapkan etika dalam bisnis memiliki pengaruh yang sangat besar bagi keberlangsungan perusahaan. Perusahaan dengan etika yang baik akan mendapatkan value yang positif dari banyak pihak. Citra yang positif ini akan mendatangkan kepercayaan dari orang-orang terutama dari konsumen. 

Tak hanya itu, etika bisnis yang baik juga akan menciptakan relasi yang baik antara perusahaan dan karyawan, perusahaan dan konsumen serta relasi antara perusahaan dan perusahaan lainnya. Etika yang baik akan mendorong munculnya image yang baik bagi bisnis yang dijalankan. 

Contoh Etika Bisnis yang Baik

Etika bisnis yang baik akan lebih menyehatkan persaingan di antara para kompetitor bisnis. Perusahaan yang memegang teguh aspek-aspek dalam etika berbisnis tentu tidak akan melakukan tindakan curang demi mendapatkan keuntungan. Lalu, apa saja contoh etika yang baik dalam menjalankan bisnis? Berikut ulasannya.

Bersikap Jujur

Amanah atau jujur adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis. Jika kamu tak jujur maka konsumen pun tentu tidak akan betah dengan produk kamu. Pasalnya, melakukan kebohongan kepada konsumen sudah termasuk ke dalam bentuk penipuan. Jika hal ini terus terjadi, secara perlahan tapi pasti, konsumen akan meninggalkan kamu. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Menyebutkan Nama

Menyebutkan nama adalah etika umum yang perlu dilakukan ketika bertemu dengan relasi bisnis. Terlihat sederhana akan tetapi hal tersebut menjadi bentuk niat baik yang dinilai oleh rekan bisnis kamu. 

Berpakaian Rapi

Berpakaian rapi juga menjadi bentuk etika dalam menjalankan bisnis yang baik. Hal ini akan menjadi gambaran kualitas diri kamu di mata banyak orang.

Penggunaan Bahasa yang Baik

Bahasa yang sopan tentu juga menjadi gambaran pribadi kamu. Saat sering melontarkan bahasa yang kasar maka tentu orang-orang akan menilai kamu sebagai pribadi yang buruk. Sebaliknya, penggunaan bahasa yang baik akan membuat orang-orang lebih senang berinteraksi dengan kamu. 

Berdiri saat Berjabat Tangan

Berjabat tangan saat berdiri juga menunjukkan sikap hormat kepada rekan bisnis maupun konsumen. Dengan begitu, rekan bisnis pun juga akan menghargai kamu. 

Membayarkan Biaya Pertemuan

Saat meminta rekan bisnis kamu untuk datang ke sebuah tempat, maka kamu wajib untuk membayar biaya pertemuan tersebut. Mengundang para rekan bisnis untuk berdiskusi soal bisnis berarti kamu mengambil waktu mereka. Untuk lebih menghargai kedatangan mereka, maka kamu harus membayar pertemuan tersebut, entah itu lewat makanan atau memberikan mereka buah tangan. 

Mengucapkan Terima Kasih

Hal yang satu ini merupakan cara yang sangat mudah dilakukan, tapi masih banyak orang yang sering melupakannya. Mengucapkan terima kasih termasuk etika yang paling dasar dalam bisnis. Saat karyawan kamu melakukan pekerjaan dengan baik, maka jangan sungkan untuk berterima kasih kepada mereka. 

Prinsip Etika Bisnis yang Saling Menguntungkan

Setiap pelaku usaha wajib menjalankan bisnis secara baik dan benar. Hal ini dilakukan agar semua pihak yang terlibat dalam bisnis tidak mendapatkan kerugian. Bisnis haruslah memiliki tujuan yang bermanfaat. Dengan begitu, tidak akan ada pihak yang dirugikan, baik itu karyawan maupun konsumen.

Karena kamu akan menjalankan bisnis ayam goreng, maka kamu perlu memperhatikan prinsip etika bisnis dalam bidang kuliner. Sebagai contoh, jangan memberikan harga yang terlalu tinggi tapi memberikan kualitas menu makanan yang tak sesuai dengan harga. Pastikan untuk menyelaraskan harga dan kualitas yang diberikan. 

Pentingnya Menerapkan Etika dalam Membuka Bisnis Ayam Goreng

Menerapkan etika dalam menjalankan bisnis ayam goreng sangatlah penting. Keberlangsungan bisnis yang kamu rintis juga ditentukan oleh etika dan sikap kamu terhadap rekan bisnis, karyawan maupun konsumen.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​