Home » Strategi-bisnis » Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia di Bisnis

Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia di Bisnis

Terapkan Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia kamu

Pelanggan adalah raja. Ungkapan itu masih berlaku hingga sekarang, untuk bisnis apa pun. Tidak terkecuali bisnis desain interior rumah atau ruangan. Tanpa konsumen, jasa desain tidak akan laku. Produk yang diciptakan pun akan mati di pasaran. Maka, penting bagi kamu untuk menjaga loyalitas mereka. 

Ikuti trik agar konsumen menjadi pelanggan setia bisnis ini untuk mempertahankan keloyalitasan konsumen. 

Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia – Jadikan Prioritas Sekalipun Di Media Sosial

Menurut salah satu studi yang dilakukan oleh Microsoft, 90% konsumen di seluruh dunia menganggap customer service itu penting dalam menentukan produk atau jasa mana yang akan digunakan. 

Jika kamu ingin pelanggan setia, berikan layanan istimewa pada mereka. Tidak hanya ketika berkomunikasi secara langsung, tetapi juga dalam berinteraksi di media sosial. Pasalnya, pelanggan akan terus mengevaluasi setiap interaksi yang dilakukan dengan staf pelayanan kamu. dari sana, mereka akan memutuskan apakah layanan tersebut baik atau buruk. Hasilnya, akan mempengaruhi penjualan produk kedepannya. 

Itu berarti kamu harus memastikan semua staf dalam tim pelayanan harus bersikap ramah, membantu, dan efisien. Bahkan, mereka juga harus mampu menjawab pertanyaan konsumen secara cepat dan tepat waktu. Pasalnya, sekitar 42% customer mengharapkan tanggapan dari masalah mereka dalam waktu satu jam, dan 32% lainnya menginginkan tanggapan dalam 30 menit.  

Tunjukkan Bahwa kamu Mengenal Pelanggan

Setiap konsumen memiliki perilaku penjualan dan demografi yang berbeda-beda. Penting untuk kamu mengetahui ini. Manfaatkan tools yang dapat dipakai untuk menyimpan semua data yang berhubungan dengan perilaku pembelian pelanggan, demografi, hingga riwayat pencarian mereka. 

Dengan begitu, kamu bisa memberikan promosi tepat waktu dan merekomendasikan produk-produk yang mereka butuhkan dan inginkan. Kemungkinan penjualan berakhir sampai closing pun akan lebih tinggi. 

Jadilah Transparan

Kejujuran tetap menjadi poin penting yang harus kamu miliki. Ketika suatu hari perusahaan mengalami masalah yang merugikan konsumen, alih-alih menyangkal, berkata jujur adalah solusi terbaik. Begitu pun ketika menghadapi konsumen yang komplain, jelaskan secara transparan apa yang terjadi dan menjadi kendala. 

Dari sana, konsumen akan berusaha untuk memahami situasinya. kamu juga harus terus memberikan informasi terkait solusi penyelesaiannya dan perkembangan dari permasalahan tersebut. Ketika transparansi mulai dijalankan, kepercayaan pelanggan pun akan meningkat. 

Ciptakan Rasa Kebersamaan

Trik agar konsumen menjadi pelanggan setia untuk tetap menggunakan jasa desain interior kamu atau membeli produk pelengkapnya, ciptakan komunitas yang menjadi ruang untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Jadikan media sosial sebagai perantara. 

Dalam ruang tersebut, kamu bisa meminta tiap konsumen untuk membagikan foto ketika menggunakan produk kamu, membuat testimoni setelah menikmati layanan jasa desain interior milik kamu. Konten dari para pelanggan, bisa kamu unggah di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Pinterest, atau lainnya. 

Beri Pelanggan Sebuah Reward 

Salah satu trik terbaik agar konsumen kembali datang untuk menggunakan jasa desain interior kamu adalah dengan memberi reward atas loyalitas mereka. kamu bisa menyiapkan program khusus kesetiaan para konsumen yang sudah tergabung menjadi anggota dengan memberikan hadiah, diskon, atau penawaran eksklusif. 

Menurut penelitian Bond, sekitar 71% pelanggan yang sudah menjadi anggota dari program loyalitas, menyatakan bahwa keanggotaan adalah salah satu bagian penting untuk menjaga hubungan antara konsumen dengan perusahaan atau brand

Akan tetapi, mengapa program tersebut begitu efektif? Sebab, pelanggan merasa dihargai. Mereka berhak memilih untuk menggunakan perusahaan mana pun dalam mendesain interior rumah atau ruangan. Akan tetapi, mereka c memilih perusahaan kamu. Maka, hargai itu dengan memberi reward melalui program loyalitas tersebut. 

Minta Saran dan Dengarkan

Untuk menjaga kepercayaan konsumen, terus tingkatkan pelayanan dengan meminta saran dari mereka. Dengarkan pendapat mereka dan pilah mana yang sekiranya bisa menjadi masukan dalam pengembangan produk maupun perbaikan layanan. 

Jika ada pelanggan yang mengeluh tentang hasil penataan interior yang dilakukan salah satu begitu buruk, dengarkan poin-poin yang menurut mereka tidak sesuai dengan ekspektasi. Kemudian, lakukan perbaikan sembari terus bertanya untuk menyamakan pemikiran. Begitu selesai, minta kembali pendapat mereka tentang hasilnya. 

Begitupun ketika membaca komentar negatif di media sosial dari konsumen. Jangan tersinggung. Namun cerna dengan baik dan coba dekati untuk mendengarkan lebih lanjut apa yang menjadi keluhan mereka. Kemudian, lakukan perbaikan. Mereka akan senang ketika kamu mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan yang diutarakan. 

Kurang lebih, itulah enam poin yang bisa jadi trik agar konsumen menjadi pelanggan setia dari bisnis desain interior kamu. Pastikan kamu terus membenahi pelayanan dan meningkatkan nilai produk agar mereka loyal dalam menggunakan produk maupun jasa interior desain kamu. 

Jangan lupa pula untuk selalu mendengarkan keluhan mereka dan bersikap transparan. Sebab, jujur jauh lebih baik daripada menutup-nutupi masalah yang terjadi. Maka dengan begitu, bisnis kamu akan berkembang dengan pesat.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Trik Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia di Bisnis

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​