Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis Jahit dan Bordir, Industri Besar Potensial

Kunci Sukses Bisnis Jahit dan Bordir, Industri Besar Potensial

Kunci Sukses Bisnis Jahit dan Bordir, Industri Besar Potensial

Fashion merupakan industri besar dengan segudang potensi. Kamu dapat menjadi pebisnis sukses dengan menjalani bisnis jahit dan bordir. Untuk mewujudkannya, ketahui kunci sukses bisnis jahit dan bordir berikut ini. Bisnis jahit dan bordir akan bertahan dalam waktu yang lama karena permintaan untuk menjahit dan bordir akan selalu ada. Sebab pakaian adalah kebutuhan primer manusia. 

Jadi, ambil peluang bisnis dengan potensi besar ini dan lakukan cara-cara berikut untuk membuat kamu selangkah lebih maju dalam menjadi penjahit sukses.

Ketahui Kunci Sukses Bisnis Jahit dan Bordir

Menjalani bisnis jahit dan bordir ternyata memiliki potensi besar. Kamu bisa menjadi seorang penjahit profesional yang berhasil jika tahu enam kunci kesuksesan bisnis jahit dan bordir di bawah ini.

Sempurnakan Kemampuan Menjahit dan Bordir Kamu

Bisnis jahit dan bordir berada di dalam industri fashion yang sangat luas dengan segudang talenta. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat masuk ke dalamnya dan ikut berkembang menuju kesuksesan. Kamu sangat terbuka terhadap kesempatan baru untuk sukses di bisnis jahit dan bordir dengan terus mengasah kemampuan menjahit dan bordir kamu hingga mendekati sempurna. 

Perbanyak jam terbang dengan latihan menjahit dan mempelajari berbagai tren fashion agar kamu dapat mengikuti perkembangan pasar fashion yang selalu dinamis. Kamu juga bisa mengikuti kursus menjahit agar bisa praktik dan mendapatkan masukan langsung dari ahlinya. 

Pelajari teknik-teknik dasar menjahit dan bordir. Kuasai cara menggunakan mesin jahit, cara mengukur badan dan kain, cara membuat pola, cara membedakan kain satu dengan lainnya, serta teknik menjahit lainnya. 

Pelajari Tren Terkini

Perkaya dirimu dengan wawasan seputar tren jahit dan bordir terkini sebagai bekal agar tetap dapat berada di permukaan bersama pebisnis lainnya. Mengetahui dan memahami tren terkini merupakan cara menarik pelanggan yang potensial. Jangan sampai kamu hanya paham satu atau dua jenis desain jahit dan tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan yang ingin menjahit pakaian dengan desain yang tidak kamu kuasai. 

Tren akan berubah sesuai jaman, sehingga dengan mengikuti dan mempelajari tren di industri jahit dan bordir, kamu melatih kemampuanmu dalam menjahit untuk cepat beradaptasi pada berbagai model pakaian.

Bangun Brand dan Terapkan Spesifikasi 

Untuk menjadi yang terbaik di bidangnya, kamu butuh spesifikasi, atau niche, mengingat bisnis jahit dan bordir ini memiliki banyak variasi. Pilih spesifikasi menjahit versi kamu, apakah kamu ingin menjadi penjahit wanita, penjahit pria, penjahit baju pernikahan, penjahit baju olahraga, dan lain-lain. 

Dengan menerapkan spesifikasi, kamu dapat memilih untuk fokus pada satu sub-industri sehingga bisa mempelajari dan menguasai selera pasar lebih cepat karena spesifikasinya kamu batasi. Walau dibatasi, namun bisnis jahit dan industri tetap potensial.. Kamu tinggal mencari spesifikasi yang ingin kamu kuasai saja. Jika memilih untuk menjadi penjahit baju pengantin, bayangkan berapa banyak pasangan yang menikah dalam satu bulan. 

Jadi, kamu harus pandai melihat peluang dan memanfaatkannya.

Memanfaatkan Peluang 

Tahukah kamu bahwa dalam spesifikasi, terdapat peluang besar yang dapat mendukung kamu menuju kesuksesan? Walau spesifikasi membatasi fokus bisnis kamu pada satu sub-industri, namun tidak turut membatasi peluang yang ada.  Contohnya, ketika kamu memilih menjadi penjahit baju pernikahan, kamu tidak hanya menjahit untuk pengantin pria dan wanitanya saja. Tawarkan jasamu untuk menjahit baju pengiring pengantin, baju orang tua pasangan, sampai baju keluarga besar pasangan.

Tidak hanya itu, kamu dapat menjual aksesoris pernikahan juga untuk melengkapi jasa menjahit kamu. Kamu juga bisa menyediakan jasa sewa baju kebaya untuk melengkapi variasi bisnis jahit dan bordir. Bisnismu menjadi variatif dan mampu memenuhi permintaan atau demand pasar yang ada. Sebuah kunci sukses bisnis yang cukup mudah dapat dicapai, bukan?

Bangun Bisnis dengan Digital Marketing 

Saat ini kamu memiliki banyak cara untuk mempromosikan bisnismu. Kamu tidak perlu mengandalkan cara lama seperti mendatangi rumah satu per satu atau menelepon kerabat demi kerabat untuk memberi tahu bahwa kamu memiliki bisnis jahit dan bordir. Manfaatkan digitalisasi zaman dengan membangun bisnismu menggunakan digital marketing atau pemasaran digital, yang akan memasarkan bisnis kamu secara online sepenuhnya. 

Kamu bisa membangun sebuah website atau aplikasi yang berfungsi sebagai toko online dari bisnis jahit dan bordir kamu. Lalu, lakukan optimalisasi lewat sosial media agar bisnismu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Kamu bisa membuat akun Instagram, Tiktok, atau Facebook, kemudian unggah pakaian hasil jahitan kamu ke platform tersebut. Produksi konten secara rutin dan dapatkan followers organik yang berpotensi menjadi pelanggan kamu selanjutnya. Apabila kamu sudah memiliki online presence atau kehadiran online, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya ke lokasi bisnis untuk melakukan transaksi. 

Rekrut Penjahit Lain 

Saat bisnis jahit dan bordir kamu mulai terkenal dan memiliki banyak pelanggan, kamu tidak bisa mengelola semuanya sendiri lagi. Cari dan ajak penjahit lain untuk bekerja bersamamu. Dengan begitu, kamu dapat memproduksi lebih banyak pakaian dalam waktu yang sama saat kamu bekerja sendiri. Sebagai contoh, saat sendiri kamu hanya mampu memproduksi dua sampai tiga pakaian dalam satu minggu. 

Setelah memiliki partner kerja sesama penjahit, kamu bisa meningkatkan produksi pakaian menjadi lima hingga sepuluh pakaian dalam satu minggu. Perbedaan yang signifikan, ya. Akhirnya, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan networking atau menjalin relasi dengan sesama pebisnis. Datang dan penuhi undangan workshop, seminar, dan acara lainnya agar meningkatkan jangkauan bisnis kamu di industri bisnis dan jahit.

Demikian kunci sukses bisnis jahit dan bordir yang dapat kamu terapkan untuk mengembagkan bisnis dan menjadikannya lebih dekat pada kesuksesan. Apakah kamu siap berbisnis menjadi penjahit?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis Jahit dan Bordir, Industri Besar Potensial

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​