Home » Strategi-bisnis » Cara Mengatur Stok Barang Bisnis Jahit dan Bordir

Cara Mengatur Stok Barang Bisnis Jahit dan Bordir

Cara Mengatur Stok Barang Bisnis Jahit dan Bordir

Stok barang merupakan aspek krusial dalam operasional bisnis apapun, termasuk bisnis jahit dan bordir. Untuk memastikan bisnis kamu berjalan lancar, ketahui cara mengatur stok barang untuk bisnis jahit dan bordir berikut ini. Pengaturan stok barang yang kamu kelola dengan baik akan mendukung kesuksesan bisnis juga karena kamu dapat memenuhi permintaan jahitan pakaian dari pelanggan dengan lancar. 

Kemudian, kamu harus menghindari pengelolaan stok barang yang buruk agar tidak ada barang yang beresiko menjadi kerugian karena kualitasnya menurun akibat rusak atau cacat. Jadi, mari simak lima cara atur stok barang berikut ini. 

Lakukan Cara Mengatur Stok Barang Bisnis Jahit dan Bordir 

Apa saja cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur stok barang bagi bisnismu? Cek kelimanya di bawah ini. 

Menentukan Jumlah Minimal Stok di Gudang 

Kamu harus menentukan berapa minimal stok barang yang harus selalu tersedia di gudang tempat bisnis jahit dan bordir kamu. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kamu mengatur stok barang apabila ketersediaan di gudang jumlahnya sudah kurang dari jumlah minimum yang kamu tentukan. Tentukan berapa kain dan material lainnya yang harus kamu simpan di gudang untuk mendukung operasional harian bisnis jahit dan bordir. Apabila stok menipis, kamu bisa melakukan restock dengan cara membelinya atau memesan kain kembali. 

Jumlah minimal stok barang ditentukan dan dipengaruhi oleh kuantitas produksi pakaian bisnis jahit dan bordir kamu dalam kurun waktu tertentu. Jadi, apabila dalam satu bulan kamu memproduksi 100 pakaian, namun jumlah minimal stok hanya 80, maka hal tersebut tidak sesuai. Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara berkala agar kamu dapat menyesuaikan jumlah minimal stok gudang dengan jumlah produksi pakaiannya, ya. 

Gunakan Kode Khusus untuk Kategori Barang 

Untuk lebih terorganisir, kamu dapat menggunakan sistem kode dan kategori untuk tiap jenis stok barang. Cara ini akan membantu kamu menemukan stok yang harus digunakan dengan lebih cepat. Kode khusus yang kamu gunakan dapat berupa warna, angka, huruf, atau gabungan ketiganya. Sesuaikan dengan kenyamanan mengorganisir ala kamu agar setelah diberi kode, kamu tidak bingung melihatnya. 

Kemudian, kategorikan stok ke dalam kelompok-kelompok. Misalnya, kain kode XYZ termasuk dalam kategori kain berbahan katun, dan sejenisnya. Kamu juga dapat menggunakan kode bar atau barcode untuk mengelola stok barang melalui sistem. Tentu saja cara tersebut akan membuat proses pelacakan stok barang menjadi lebih cepat dan mudah. Kamu pun dapat hemat tenaga dan waktu. 

Jangan Gabungkan Stok Lama dan Baru 

Walau kamu bukan menjual barang yang memiliki expired date seperti makanan dan minuman, namun memisahkan stok kain lama dan baru akan mengontrol alur barang masuk dan barang keluar dengan jelas. 

Menggunakan dan menghabiskan kain lama terlebih dahulu akan menjaga kualitas dan konsistensi pakaian hasil jahitan kamu secara berkala. Ini adalah langkah preventif agar kain tetap bagus dan tidak berdebu atau kumal. 

Ketika kamu membiarkan stok kain lama terbengkalai tanpa terpakai, lama kelamaan pasti akan menurun kualitasnya. Lalu, yang mengalami kerugian adalah kamu sendiri bukan? Jadi, selalu gunakan kain lama terlebih dahulu untuk menjaga kualitas dan konsistensi pakaian produksimu, ya. 

Analisis Tingkat Penjualan Barang 

Cara mengatur stok barang selanjutnya adalah dengan menilai dan mengobservasi nilai kain serta tingkat penjualannya. Varian kain yang kamu gunakan dalam mengoperasikan bisnis jahit dan bordir pasti memiliki kualitas dan harga beli yang berbeda, bukan?

Kain dengan harga tinggi dan kualitas yang tinggi juga belum tentu menjadi produk yang paling laku dalam bisnis kamu. Jadi, kamu dapat mengelolanya dengan menerapkan analisis ABC. Adapun dalam analisis ABC terdapat tiga kategori, yaitu:

  • A → kain (produk) bernilai tinggi, namun penjualan rendah
  • B → kain (produk) bernilai menengah dengan penjualan yang menengah juga
  • C → kain (produk) bernilai rendah, namun penjualannya justru tinggi

Dari kategori di atas, kamu dapat mengetahui selera pelanggan bisnismu sehingga dapat kamu manfaatkan sebagai acuan saat menyusun strategi bisnis selanjutnya. 

Analisis ABC membantu kamu mengidentifikasi mana produk atau barang yang perlu kamu perhatikan agar meminimalisir kerugian. Dalam hal ini, kategori A adalah stok barang yang harus kamu kontrol dengan rutin karena berpotensi merugikan apabila kamu terus menambah stoknya. Sedangkan, kategori C tidak beresiko bagi finansial bisnismu dan justru menjadi sumber profit yang potensial. Perbandingan keduanya akan membantu kamu mengatur stok barang dengan lebih efisien karena tahu kategori barang mana yang harus kamu perhatikan secara berkala. 

Cek Stok Barang Secara Berkala ke Supplier 

Satu lagi yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana stok barang di supplier–atau dalam hal ini pemasok kain–langganan kamu. Mengeceknya secara berkala akan membantu kamu memastikan bahwa estimasi stok kain dan barang bisnis lainnya untuk bulan depan aman. 

Kamu perlu melakukan pengecekan ke supplier karena yang membeli material bisnis jahit dan bordir bukan hanya kamu saja. Ada pebisnis lainnya juga, mengetahui bahwa industri jahit dan bordir cukup besar dan luas. Apalagi jika kamu memesan material jahit dan bordir dari luar kota atau luar negeri. Perlu waktu beberapa minggu agar barang dapat sampai ke tangan kamu. Belum termasuk ketika terjadi error pada proses pengiriman, dan lain sebagainya. 

Jadi, pastikan bahwa alur stok barang dari supplier hingga ke gudang bisnis kamu tidak mengalami kendala dan selalu berjalan lancar, ya.

 

Itulah cara mengatur stok barang yang dapat kamu terapkan dalam bisnis jahit dan bordir. Buat operasional bisnismu nyaman dengan pengecekan stok barang secara teratur. Dari cara di atas, adakah yang sudah kamu terapkan?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengatur Stok Barang Bisnis Jahit dan Bordir

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​