Home » Strategi Bisnis » Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Kosmetik

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Kosmetik

Pebisnis perlu menyusun sebuah rencana untuk bisnisnya. Hal ini biasa disebut sebagai business plan. Dalam penyusunan rencana ini ada yang disebut rencana jangka pendek dan jangka panjang. Ada beberapa rekomendasi rencana jangka pendek dan jangka panjang yang dapat dijadikan sebagai referensi. Tentu saja informasi ini sangat bermanfaat bagi pemula yang baru saja mengembangkan bisnisnya. 

Rencana jangka pendek dan jangka panjang akan membantu pebisnis mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi. Penyusunan rencana yang jelas dan tersusun rapi akan membantu kamu lebih mudah menjalankan bisnis. Mari cari tahu seperti apa bentuk rencana jangka pendek dan jangka panjang yang cocok untuk bisnis kosmetik!

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang 

Menyusun rencana bisnis jangka pendek dan jangka panjang akan mempermudah kamu dalam menyusun skala prioritas. Jadi target bisnismu bisa lebih mudah tercapai dan hal ini tentu saja akan memberi keuntungan tersendiri. Berikut adalah beberapa contoh bentuk rencana jangka pendek dan panjang dalam pengelolaan bisnis kosmetik:

Rencana Jangka Pendek

Mulai dari rencana jangka pendek yang artinya adalah rencana untuk jangka waktu terdekat. Ini bisa berupa langkah-langkah kecil yang bisa kamu lakukan secepatnya untuk mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Mencapai angka penjualan tertentu (1000 produk misalnya). 
  • Menjalin kerja sama dengan influencer untuk endorsement produk. 
  • Menambah varian produk yang sudah dirilis. 
  • Menambah jumlah admin untuk media sosial. 
  • Menambah penjualan ke platform e-commerce lain. 
  • Membuka website bisnis untuk katalog produk dan pembelian. 
  • Menambah jumlah konten tutorial pemakain make up di media sosial. 
  • Mengikuti pameran produk di pusat perbelanjaan. 

Meskipun ini merupakan rencana jangka pendek, namun penting untuk tetap memikirkannya sebaik mungkin. Pastikan setiap rencana yang kamu tulis sesuai dengan kebutuhan dalam mencapai target. Selain itu setiap rencana harus dilengkapi dengan gambaran langkah yang harus kamu lakukan jadi kamu tidak akan merasa bingung. 

Sesuai dengan namanya, rencana ini sebaiknya bisa tercapai dalam waktu singkat. Jadi susunlah hal-hal yang lebih mudah untuk dicapai dalam waktu dekat. Umumnya rencana jangka pendek ini juga terdiri dari rencana-rencana yang sederhana.

Rencana Jangka Panjang

Jika kamu sudah merasa mantap dengan pencapaian rencana jangka pendek, maka segera fokus pada rencana jangka panjang. Ingat, keduanya harus berjalan beriringan. Kamu harus berusaha yang terbaik agar bisnis bisa mencapai rencana jangka pendek maupun panjang. Berikut beberapa contoh rencana jangka panjang untuk bisnismu:

  • Membuka produksi make up sendiri (tidak bergantung pabrik lain). 
  • Menjual produk ke konsumen luar negeri. 
  • Menjadi sponsor untuk proyek film nasional. 
  • Mengganti semua kemasan produk dengan bahan ramah lingkungan. 
  • Memiliki kantor pusat untuk pemasaran dan produksi. 

Setiap pebisnis sebenarnya bisa membuat susunan rencana jangka pendek maupun panjang yang berbeda-beda. Untuk jenis rencana jangka panjang, pebisnis bisa lebih fokus pada hal-hal yang besar. Misi-misi besar dalam pengembangan bisnis bisa dimasukkan ke dalam kategori ini. 

Sesuai dengan namanya, rencana ini tidak perlu dicapai dalam waktu dekat. Jadi kamu punya waktu lebih longgar untuk mencapai tujuan tersebut. Tentunya dibutuhkan strategi yang matang sehingga rencana-rencana besar jangka panjang ini bisa tercapai dengan baik.

Keuntungan Membuat Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Mengapa kamu membutuhkan rekomendasi rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk bisnis kosmetik ini? Penting untuk diketahui bahwa pembuatan rencana bisnis semacam ini sangatlah penting. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pebisnis:

Memperjelas Arah Tujuan Bisnis

Pertama, adanya penyusunan rencana ini akan memperjelas arah tujuan dari bisnismu. Jika kamu punya rencana yang matang baik itu rencana jangka pendek maupun panjang, maka kamu tahu dengan jelas seperti apa tujuanmu. Ini penting karena akan membantu kamu untuk lebih fokus. 

Misal untuk tujuan besar yang kamu masukkan ke rencana jangka panjang. Mungkin akan terasa berat karena memang berskala besar, namun kamu pasti bisa mencapainya karena sudah menjadi list rencana. Secara otomatis kamu akan menyusun langkah-langkah kecil yang akan membawamu ke tujuan tersebut. 

Meminimalisir Risiko Kesalahan

Susunan rencana bisnis jangka pendek dan panjang akan meminimalisir risiko kesalahanmu dalam mengelola bisnis. Bagaimanapun, seorang pebisnis pasti tidak akan lepas dari kesalahan. Apalagi jika pengalamanmu masih minim dalam dunia bisnis, tentu kamu akan menemui banyak jenis kesalahan. 

Rencana yang sudah kamu susun akan menjadi acuan bagimu dalam melangkah dan mengambil keputusan. Meskipun kamu mungkin akan melakukan kesalahan, namun hal tersebut bisa diminimalisir dan lebih terkontrol. Antisipasi ini akan membantu kamu mencapai tujuan bisnis dengan lebih mudah. 

Menarik Minat Investor

Seorang pebisnis yang memiliki rencana jangka pendek dan panjang yang matang pasti akan lebih mudah dilirik oleh investor. Apabila kamu memang berencana mengembangkan bisnis lebih besar lagi maka kamu akan butuh peran investor. Itulah mengapa kamu perlu menunjukkan rencana-rencana jangka pendek maupun panjang yang ingin dicapai. 

Rekomendasi rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk bisnis kosmetik ini bisa kamu jadikan pandangan. Namun pastikan kamu tetap menyesuaikan rencana bisnismu dengan kebutuhan. Setiap rencana yang kamu tulis harus sesuai dengan visi misi serta targetmu di masa depan.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​