Home » Strategi-bisnis » Pahami Cara Agar Brand Semakin Banyak Dikenal Pada Usaha Kue

Pahami Cara Agar Brand Semakin Banyak Dikenal Pada Usaha Kue

Pahami Cara Agar Brand Semakin Banyak Dikenal Pada Usaha Kue

Salah satu bisnis yang bisa kamu coba dalam ranah kuliner adalah bisnis kue. Terdapat banyak macam peluang yang bisa kamu lakukan apabila hendak membuka bisnis kue, mulai dari kue tradisional, kue kering, hingga kue untuk keperluan perayaan, dan masih banyak jenis lainnya. Dengan banyaknya jenis tersebut, kamu harus bisa membangun produk agar brand semakin banyak dikenal. 

Artikel ini akan membahas tentang cara agar brand semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas, terutama untuk bisnis kuliner. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan pada bagian selanjutnya.

Cara Agar Brand Semakin Banyak Dikenal pada Bisnis Kue

Sebuah bisnis yang telah memiliki brand terkenal maka berarti bisnis tersebut telah sukses memperkenalkan brand identity-nya kepada masyarakat. Agar supaya brand bisnismu semakin dikenal, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan identitas merek bisnis kuemu ke masyarakat luas adalah sebagai berikut.

Menentukan Pasar

Supaya bisnis kuemu banyak diminati, maka yang pertama harus kamu lakukan adalah untuk mencari pasar yang tepat. Pasar yang tepat bisa kamu temukan mulai dari kalangan usia hingga kalangan kelas dari masyarakat yang menjadi pelanggan. 

Ketika nantinya kamu sudah menentukan pasar mana yang menjadi tujuan bisnismu, dengan pasar yang sesuai tersebut, maka akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui brand dari kuemu itu.

Menentukan Misi dari Brand

Selain menentukan pasar yang dituju, kamu juga harus menetapkan misi dari merek dagangmu tersebut. Dengan memiliki misi atau tujuan yang jelas, maka kamu bisa menentukan akan dibawa ke mana brand bisnis kuemu di masa mendatang. 

Memiliki rencana bisnis untuk masa depan berarti kamu juga sudah mempersiapkan segala cara untuk membuat brand kue milikmu dikenal lebih banyak orang lagi.

Kenali Brand Kue Lainnya sebagai Pesaing

Melakukan riset terhadap brand lain yang berada dalam satu industri yang sama perlu untuk dilakukan agar bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa lebih mengenal brand pesaing tersebut.

Mengenal lebih dalam akan brand lain yang sudah ada sebelumnya bukan untuk tujuan yang buruk, seperti misalnya meniru produk. Melainkan, mengenal produk lewat melakukan riset bisa kamu lakukan untuk tujuan seperti mengetahui macam-macam keberhasilan dan kegagalan dari brand kue lainnya. 

Dengan mengetahui faktor keberhasilan serta kegagalan dari brand pesaing tersebut, maka kamu bisa menghindari mengambil langkah sama. Karena hal ini bisa mengakibatkan kegagalan, namun bisa mengikuti langkah yang membuat brand tersebut berhasil sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas. 

Adapun dari hasil riset tersebut bisa membuatmu menemukan inspirasi baru untuk keberlangsungan bisnis kue yang kamu jalani

Buat Keunikan Brand Kuemu Sendiri

Cara agar brand semakin banyak dikenal untuk bisnis kue milikmu yang berikutnya, yaitu kamu perlu untuk membuat atau menonjolkan ciri khas dari produk kuemu tersebut. Ciri khas pada sebuah produk bisa kamu tunjukkan dengan tujuan untuk membuat kuemu unik dan berbeda dari yang lain. Dengan produk yang unik, maka brand kuemu bisa lebih banyak dilirik oleh masyarakat awam.

Buat Desain Logo yang Memikat

Cara lain untuk membuat brandmu mencapai audiens yang lebih besar adalah dengan mendesain logo dari brandmu semenarik mungkin. Logo memiliki peran andil yang sama dengan nama brand, yaitu untuk menarik perhatian para konsumen. Ketika brandmu memiliki logo yang menarik dan memiliki sisi unik, maka brand bisnis kue milikmu akan diingat.

Buat Slogan Brand yang Menarik Perhatian

Selain logo dan nama brand, yang penting untuk diperhatikan juga adalah slogan dari brand kuemu. Usahakan untuk membuat jargon atau slogan dengan kata-kata trendy agar memiliki daya pikat yang lebih tinggi.

Memaksimalkan Promosi

Promosi adalah hal utama yang perlu diperhatikan demi brandmu sukses dan mencapai pasar yang lebih besar. Beberapa langkah promosi yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut: 

Membuat Iklan

Memasang iklan di berbagai platform harus dilakukan jika kamu mau bisnis yang kamu rintis menjangkau pasar yang lebih luas. 

Manfaatkan Sosial Media

Kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai salah satu cara untuk menggencarkan promosi bisnis kuemu. Bangun akun media sosial mulai dari Instagram, Facebook, hingga Tiktok dengan tujuan untuk memperkenalkan produk serta sebagai perantara antara konsumen dengan penjual.

Mengikuti Acara, Pameran, dsb

Mengikuti banyak agenda yang berhubungan dengan bisnis mulai dari acara hingga pameran bisa menjadi langkah promosi yang tepat agar brand kuemu mendapat kesempatan lebih banyak untuk dilirik oleh orang baru.

Bekerja Sama dengan Beberapa Perusahaan Lain

Bekerja sama dengan pihak lain yang saling menguntungkan akan mendapatkan benefit, salah satunya adalah memperkenalkan produk ke masing-masing pasar atau pelanggan. Dalam bisnis kue, kamu bisa menggaet content creator di bidang kuliner untuk bekerja sama.

Bagi kamu yang sedang merintis bisnis di bidang kuliner terutama dengan jenis kue, maka diharapkan beberapa tips atau cara agar brand semakin banyak dikenal di atas dapat membantumu mengembangkan bisnis lebih luas lagi.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Pahami Cara Agar Brand Semakin Banyak Dikenal Pada Usaha Kue

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​