Home » Strategi-bisnis » Bisnis Kue: Intip Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen

Bisnis Kue: Intip Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen

Bisnis Kue Intip Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen

Testimoni bisa disebut juga sebagai salah satu bentuk laporan kepuasaan dari pelanggan. Oleh karena itu, tiap-tiap bisnis memerlukan testimoni, tidak terkecuali bisnis kue. Bisnis di bidang kuliner ini tentu akan sangat memerlukan respon baik dari pelanggan agar dapat mengundang masyarakat lain tertarik untuk membeli.

Perihal cita rasa, nilai estetika, hingga pelayanan yang diberikan merupakan contoh dari beberapa jenis testimoni yang pelanggan biasanya berikan untuk sebuah bisnis kue. Untuk bisa mendapatkan respon positif, artikel ini akan membahas tentang strategi mendapat testimonial positif dari konsumen.

Testimoni yang diberikan oleh konsumen merupakan hal penting dalam membangun citra sebuah bisnis. Ketika testimoni dari pelanggan didominasi oleh respon positif, maka citra dari bisnis tersebut juga akan memiliki nilai positif. Begitupun sebaliknya, apabila testimoni yang diberikan oleh pelanggan didominasi dengan catatan buruk, maka citra bisnis tersebut pun akan terkesan buruk.

Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen Bisnis Kuemu

Konsumen merupakan raja. Berangkat dari fakta tersebut, maka pendapat dari konsumen terkait bisnis yang kamu jalankan memiliki pengaruh yang kuat. Dalam setiap bisnis, tidak terkecuali bisnis kue, testimoni positif dari konsumen akan lebih mengundang masyarakat lain untuk ikut membeli produk dari bisnismu.  

Banyak yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan testimoni positif. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan hal tersebut, dalam artian menerima testimonial positif, pastinya tidak mudah. Kamu perlu memikirkan segala sesuatunya dengan matang agar berkembangnya bisnismu sejalan dengan kemauan dari para konsumen.

Beberapa cara atau strategi mendapat testimonial positif dari konsumen untuk bisnis kue adalah sebagai berikut:

Membangun Interaksi dengan Konsumen di Media Sosial

Media sosial selain bisa dimanfaatkan menjadi ajang tempat untuk melakukan promosi juga bisa menjadi tempat untuk membangun interaksi dengan konsumen. Berinteraksi dengan konsumen perlu dilakukan mulai dari sekadar menyapa hingga menjawab pertanyaan dari konsumen terkait produk kue yang kamu tawarkan.

Dalam menjalankan bisnis kue, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen setiamu. Selain untuk berinteraksi, media sosial juga bisa kamu gunakan untuk memantau reaksi atau penilaian para konsumen terkait kue yang menjadi produk bisnismu. 

Kemudian, komentar dari konsumen tersebut bisa kamu jadikan sebagai masukan atau penyemangat untuk mengembangkan bisnismu menjadi lebih baik lagi. Dengan mendengarkan komentar dari konsumen niscaya mereka akan memberikan testimoni positif.

Mengajak Konsumen Untuk Terlibat ke Dalam Produk

Mengajak konsumen ke dalam proses pembuatan produk juga bisa menjadi salah satu cara yang jitu untuk mendapatkan testimoni positif dari konsumen. Hal ini dikarenakan dengan mengajak konsumen berpartisipasi, membuat mereka merasa dilibatkan dan diperhatikan kemauannya. 

Dalam bisnis kue, contoh yang bisa kamu ikuti adalah dengan melakukan voting atau pemungutan suara terkait menu favorit dalam kurun satu minggu, dan sebagainya.

Memberi Pelayanan dengan Baik

Cara ampuh lainnya untuk mendapatkan respon positif dari pelanggan adalah melalui aksi nyata, seperti misalnya dengan memberikan pelayanan dengan baik. Dalam bisnis kue, kamu bisa memberikan pelayanan dengan baik, mulai dari menerima pesanan hingga menerima komplain. Usahakan untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan dan mendengarkan keluhan dari sudut pandang konsumen terlebih dahulu.

Memberikan Solusi Tanpa Embel-Embel Promosi

Terlalu banyak melakukan promosi produk kepada pelanggan memang terkadang membuat risih. Maka dari itu, kamu perlu mencatat tips ini untuk diaplikasikan ke bisnis kuemu. Coba untuk selalu memberikan solusi terhadap masalah yang dialami oleh konsumen tanpa menawarkan promosi produk. 

Hal ini penting untuk dilakukan demi kenyamanan konsumen. Apabila konsumen merasa nyaman maka persepsi yang dia dapatkan dari bisnismu juga akan baik serta positif.

Menghargai Pendapat dari Konsumen

Mendengarkan dan menerima komentar dari konsumen akan membuat citra bisnismu baik di mata konsumen lainnya. Maka dari itu, ketika ada yang berkomentar perihal bisnis kue kamu, maka ada baiknya kamu menghargai pendapat mereka sebagai konsumen. 

Memberikan Potongan Harga

Berbeda dengan melakukan promosi yang secara terang-terangan dilakukan, kamu bisa menggunakan cara dengan memberikan potongan harga atau kode promo agar menarik minat konsumen alih-alih merasa risih.

Dalam bisnis kue, kamu juga bisa menerapkan tips ini. Tips ini bisa kamu aplikasikan seperti misalnya dengan memberikan potongan harga pada event-event tertentu layaknya perayaan ulang tahun, dan sebagainya.

Pentingnya Memiliki Testimonial Positif Bagi Bisnis Kue

Sebagai bisnis di bidang kuliner, tentunya memiliki testimoni positif akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis kue. Meskipun selera dan cita rasa milik seseorang tidak bisa dijadikan sebagai patokan, namun ketika konsumen sudah menulis testimoni buruk, maka akan membuat masyarakat yang hendak membeli pertama kali jadi memiliki keraguan terhadap bisnis kue milikmu.

Strategi mendapat penilaian positif dari konsumen bisa kamu aplikasikan ketika kamu sedang mengejar membangun branding yang baik untuk bisnis kue yang sedang kamu rintis. Testimoni positif penting untuk dimiliki agar konsumen lain memiliki kepercayaan terhadap produk bisnismu tersebut.

Dengan strategi mendapat testimonial positif dari konsumen yang telah dijelaskan di atas, diharapkan dapat membantumu dalam mendapatkan respon positif dari para konsumen di toko kuemu. Semoga bermanfaat!


 

Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kue kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bisnis Kue: Intip Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​