Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Petshop

Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Petshop

Cara Menentukan Budget Promosi Dalam Bisnis Petshop

Suksesnya perusahaan tentu saja didukung dengan pemasaran produk yang tepat, serta anggaran yang efisien. Begitu pula dengan bisnis pet shop. Lantas, bagaimana cara menentukan budget promosi, khususnya dalam bisnis pet shop? 

Sebelum memulai promosi, mengatur anggaran menjadi salah satu hal yang penting, agar nantinya anggaran promosi tersebut tepat sesuai dengan tujuan, serta tidak melebihi batasan anggaran yang ditetapkan. 

Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Pet Shop 

Lantas, bagaimana cara menentukan anggaran untuk promosi bisnis pet shop atau toko hewan peliharaan? Berikut selengkapnya, antara lain:

Ketahui Prioritas Bisnis

Sebelum mengatur anggaran marketing, kamu harus mengetahui semua detail pengeluaran yang diperlukan oleh perusahaan. Kemudian, cari tahu besarnya biaya yang diperlukan untuk biaya personel, operasional, peralatan dan yang lainnya. 

Jika sudah mengetahui anggaran yang diperlukan perusahaan, kamu dapat memperkirakan besarnya anggaran yang diberikan untuk proses marketing. Biasanya, bisnis kecil serta menengah akan menyisihkan kurang lebih 5 hingga 10 persen dari pendapatan untuk anggaran promosi. 

Pahami Tujuan Mengatur Budget Promosi

Setiap bisnis pada dasarnya mempunyai tujuan pemasaran yang berbeda antara satu dengan yang lain. Sehingga pengaturan anggaran marketing juga berbeda. Dengan pengaturan yang tepat, proses pemasaran akan berjalan dengan sukses dan lancar. 

Kamu harus mengetahui berbagai hal yang diperlukan oleh perusahaan, kemudian ketahui apa yang ingin dicapai bisnis pet shop yang kamu bangun ketika melakukan proses marketing. 

Untuk bisnis pet shop yang baru saja buka, sudah pasti memiliki tujuan pemasaran berbeda dengan perusahaan yang dari dulu berdiri. Biasanya, bisnis yang baru dirilis membutuhkan banyak uang untuk pemasaran. 

Tujuan dari pemasaran ini, agar bisnis pet shop yang ditawarkan lebih dikenal. Umumnya, mereka juga tidak memiliki tujuan agar hewan yang dijual laris, tetapi proses marketing hanya digunakan untuk branding agar toko tersebut dikenal oleh masyarakat terlebih dulu. 

Ketahui Target Market yang Kamu Miliki

Cara menentukan budget promosi yang lainnya adalah mengetahui target marketing bisnis. Sebelum menentukan budget, kamu juga harus mengetahui siapa saja target yang ingin kamu jangkau. 

Bila target pasar yang ingin dijangkau adalah milenial, tentu saja cara pemasaran yang akan kamu gunakan tidak sama dengan target pasar orang tua. Anak muda suka mengakses media sosial, sehingga media sosial menjadi cara promosi yang paling tepat dilakukan. 

Sedangkan, orang yang sudah tua jarang menggunakan media sosial, sehingga cara promosi yang kamu gunakan juga harus berbeda. Dari perbedaan ini, tentu budget marketing yang akan digunakan juga berbeda. 

Rinci Estimasi dengan Baik

Bila kamu sudah mengetahui seperti apa strategi marketing yang akan digunakan, kamu tentu sudah mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Kamu dapat merinci estimasi biaya sesuai dengan strategi marketing yang telah direncanakan.

Contoh Pengelolaan Budget Marketing

Bila masih bingung mengelola biaya promosi dengan baik, berikut contoh yang bisa kamu ikuti, yaitu:

Budget Konten Marketing

Di era digital seperti sekarang ini, konten menjadi sebuah hal penting dan dapat digunakan menjadi cara efektif untuk melakukan pemasaran. Konten marketing ini juga memiliki banyak macam seperti video, blog dan lainnya. 

Jika kamu memiliki anggaran Rp 50 juta khusus untuk pemasaran, kamu bisa menggunakan Rp 1 hingga Rp 2 juta untuk konten marketing. 

Email Marketing

Bukan hanya konten marketing, promosi lain yang harus kamu lakukan adalah email marketing. Di era digital seperti sekarang, email marketing menjadi hal yang dibutuhkan.

Kamu bisa memberi penawaran khusus dari bisnis pet shop kamu dengan menggunakan email marketing. Kamu dapat menganggarkan anggaran untuk email marketing ini sebesar Rp 1 jutaan. 

PPC Serta Iklan Media Sosial

Mempromosikan bisnis pet shop dari media sosial juga sangat efektif. Kamu dapat menggunakan layanan seperti digital marketing agency, atau agency khusus yang mengurus pemasaran media sosial. Budget yang bisa kamu alokasikan sebesar Rp 5 juta untuk pemasaran ini. 

Influencer

Bila kamu ingin bisnis pet shop yang dimiliki lebih cepat dikenal masyarakat. Biaya event di media juga harus dianggarkan. Besarnya biaya ini bergantung dari jasa influencer yang ingin kamu gunakan. 

Kamu bisa memilih akun-akun media sosial yang sudah memiliki banyak pengikut di kotamu terlebih dahulu. Kemudian jika bisnis pet shop sudah mulai ramai, kamu bisa menggunakan influencer lain dengan pengikut lebih besar. 

Mengapa lebih diutamakan influencer yang satu kota dengan bisnis pet shop kamu? Karena konsumen bisnis pet shop ini nantinya akan lebih banyak berasal dari dalam kota. Oleh sebab itu, prioritaskan influencer yang tinggal di kotamu terlebih dulu. 

Website

Website dapat dikatakan sebagai toko digitalmu. Oleh sebab itu kamu harus menjaga website agar tetap update serta mempunyai tampilan menarik. Besarnya anggaran bisa mencapai Rp 2 juta per bulan untuk update artikel. 

Promosi Secara Offline

Selain menggencarkan promosi secara online, kamu juga harus menggencarkan promosi bisnis pet shop secara offline. Anggaran promosi offline ini seperti mengadakan event atau yang lainnya. 

Demikian sejumlah tips yang bisa kamu ikuti. Cara menentukan budget promosi memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Tetapi, jika sudah menemukan formula yang tepat, pemasaran yang kamu lakukan bisa menjadi lebih mudah.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Petshop

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​