Home » Strategi-bisnis » Anti Rugi! Ini Cara Memulai Bisnis Pisang Goreng Untung Besar

Anti Rugi! Ini Cara Memulai Bisnis Pisang Goreng Untung Besar

Cara Memulai Bisnis Pisang Goreng

Ingin memulai bisnis pisang goreng tapi tidak tahu cara memulainya? Bagi yang berencana untuk membuka usaha tersebut, di sini kami akan coba menjelaskan bagaimana cara memulai bisnis pisang goreng bagi yang baru berencana memulainya.

Bisnis kuliner ini sebenarnya tidak sulit dijalankan, terutama jika kamu pandai mengolah dan meracik menu pisang goreng.

Cara Memulai Bisnis Pisang Goreng untuk Pemula

Ada beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan saat berencana untuk terjun di bisnis kuliner yang satu ini. Berikut sudah kami rangkum beberapa cara yang harus kamu perhatikan saat memulai usaha.

Persiapan Modal

Pada dasarnya, modal usaha untuk bisnis pisang goreng bisa kamu mulai dengan kecil-kecilan saja. Meski begitu, tidak ada salahnya juga untuk yang ingin langsung membukanya dengan modal yang tergolong besar.

Modal usaha umumnya akan dialokasikan pada bahan baku, alat untuk mengolah makan, hingga sewa tempat usaha.

Memilih Bahan Baku Berkualitas

Setelah kamu mempersiapkan modalnya, selanjutnya carilah supplier bahan baku yang berkualitas. Catat terlebih dahulu apa saja kebutuhan bahan baku yang kamu perlukan.

Jangan mudah tergiur dengan bahan baku yang harganya murah. Cek terlebih dahulu kualitasnya agar produksi makanan kamu tidak hanya lezat, tapi juga diolah dari bahan-bahan terbaik.

Carilah supplier yang siap menyediakan buah pisang yang masih segar. Bahan baku seperti ini akan membuat produk kuliner kamu menjadi lebih lezat. Selain itu, perhatikan juga kualitas bahan baku yang lainnya.

Siapkan Berbagai Peralatan untuk Proses Pengolahan

Catat kebutuhan alat-alat yang biasa digunakan untuk mengolah makanan tersebut. Berikut beberapa peralatan yang umum digunakan dalam memproduksi pisang goreng:

  • Kompor gas
  • Tabung gas
  • Spatula
  • Peniris minyak
  • Talenan
  • Baskom
  • Nampan
  • Dan lain-lain

Selain itu, siapkan juga etalase untuk memajang pisang goreng yang sudah selesai diolah atau dikemas.

Survei Lokasi Usaha

Carilah tempat usaha yang cocok untuk bisnis kamu. Survei terlebih dahulu lokasi-lokasi yang sering dilalui oleh banyak orang. Dengan begitu usaha kamu akan mudah dikenal oleh setiap orang.

Beberapa lokasi yang cocok untuk bisnis pisang goreng di antaranya seperti dekat jalan raya, dekat dengan sekolahan, taman kota, dan sebagainya. Semakin ramai pengunjung di tempat tersebut, maka semakin tinggi potensi keuntungan yang bisa kamu peroleh.

Terus Melakukan Inovasi Bisnis

Perkembangan tren bisnis dari tahun ke tahun kerap mengalami perubahan. Cara memulai bisnis pisang goreng tidak hanya sebatas mengalokasikan modal pada bahan baku dan juga tempat usaha saja, selain itu juga harus terus berinovasi.

Inovasi akan membantu bisnis kamu agar bisa bertahan dan bersaing dengan kompetitor. Bahkan jika inovasi kamu berhasil, tidak menutup kemungkinan bisnis kamu bisa lebih baik dari kompetitor.

Ada banyak contoh inovasi yang bisa coba kamu implementasikan. Beberapa di antaranya seperti inovasi dalam varian rasa pisang goreng, promosi, branding, dan hal-hal lainnya.

Mempromosikan Bisnis Secara Rutin

Tanpa adanya promosi, maka bisnis kamu akan sulit dikenal oleh banyak orang. Maka dari itu, lakukan promosi secara rutin dan gencar agar semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas. 

Gunakan juga media sosial sebagai platform untuk berpromosi. Buatlah akun bisnis sendiri agar terlihat profesional. Beberapa media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berpromosi mulai dari Facebook, Instagram hingga Facebook. 

Jika punya budget lebih, kamu juga bisa menggunakan fitur iklan berbayar di media sosial. Selain itu, lakukan juga promosi konvensional seperti menyebar brosur, memasang banner hingga spanduk.

Menentukan Keunikan Produk

Selanjutnya, pastikan juga kamu memiliki produk yang unik. Kembangkan bakat kamu dalam mengolah makanan. Survei menu-menu pisang goreng yang populer di pasaran. Tujuannya agar kamu bisa membuat menu yang unik dan berbeda.

Selain keunikannya, pastikan juga kamu tetap memperhatikan kualitas bahan baku dan juga kelezatannya. Karena unik saja tidak cukup untuk mendongkrak popularitas produk kuliner yang kamu jual.

Keunikan produk akan membantu kamu agar bisa bersaing dengan kompetitor. Seperti yang kamu ketahui, kompetitor di dalam bisnis kuliner seperti pisang goreng, saat ini sudah semakin kompetitif.

Gunakan Logo yang Unik dan Menarik

Logo adalah salah satu identitas bisnis yang tak kalah penting. Keunikan logo menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah produk, khususnya produk kuliner seperti goreng pisang. Maka dari itu, buatlah logo yang unik untuk memperkuat identitas bisnis kamu.

Serahkan pembuatan logo pada ahlinya, atau para profesional yang kompeten di bidangnya. Tujuannya agar logo produk pisang goreng kamu terlihat lebih profesional dan menarik.

Gunakan juga logo pada kemasan makanan kamu dan juga pada setiap kampanye promosi yang kamu jalankan. Tujuannya agar orang menjadi lebih mengenal brand yang kamu miliki.

Yuk, Buat Rencana untuk Bisnis Pisang Goreng

Memulai bisnis pisang goreng bisa dikatakan susah-susah gampang. Kesulitannya terletak pada tantangan bisnis karena saat ini kompetitor di bidang serupa tergolong cukup banyak. Namun di sisi lain, bisnis ini bisa kamu jalankan dengan mudah karena pengolahannya mudah.

Demikian penjelasan seputar cara memulai bisnis pisang goreng untuk kamu yang berencana memulai usaha. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pisang goreng kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Anti Rugi! Ini Cara Memulai Bisnis Pisang Goreng Untung Besar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​