Home » Strategi-bisnis » Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Rice Box Terbaik

Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Rice Box Terbaik

Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Rice Box Terjitu

Bisnis rice box merupakan bisnis yang kini menjadi tren di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, tingkat persaingan bisnis ini pun semakin tinggi. Namun, kamu masih bisa mengembangkan bisnis dan omset kamu di tengah ketatnya kompetisi antar pelaku bisnis rice box ini. Caranya adalah dengan menggunakan strategi melipatgandakan omset terbaik di bawah ini.

Strategi Melipatgandakan Omset Terbaik

Omset merupakan pendapatan keseluruhan dari bisnis kamu sebelum adanya pengurangan biaya produksi dan biaya lainnya. Omset sangatlah penting agar kamu selalu mempunyai biaya untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis kamu. Maka dari itu, simaklah cara menggandakan omset di bawah ini agar bisnis kamu semakin berkembang:

Meningkatkan Kualitas Makanan

Makanan memang hal wajib untuk dikonsumsi manusia. Namun, bila kualitas produk makanan rice box kamu tidak terlalu baik, maka pelanggan pun malas untuk membeli produk kamu lagi. 

Bahkan, pelanggan bisa memberi tahu orang-orang terdekatnya agar tidak membeli produk kamu. Bila dibiarkan, hal ini dapat berpengaruh terhadap omset bisnis kamu.

Maka dari itu, teruslah meningkatkan kualitas rice box kamu, seperti rasa dan penampilan. Bila kamu tidak tahu apa yang harus ditingkatkan, kamu bisa mencari ide lain dari internet atau meminta tanggapan pelanggan setelah mencicipi produk kamu.

Bila produk kamu memiliki kualitas yang tinggi, para pelanggan bisa rela membayar dengan harga tinggi untuk membeli produk kamu dan bahkan memberi tips.

Meningkatkan Pelayanan

Tidak hanya kualitas produk yang perlu ditingkatkan, namun juga pelayanan dari bisnis kamu. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dan memilih untuk terus kembali ke kedai rice box kamu.

Dalam meningkatkan pelayanan, kamu sebaiknya juga memberikan pelatihan kepada karyawan kamu. Pelatihan ini bisa berupa hospitality, manner, dan lain sebagainya. Memang kamu akan mengeluarkan biaya untuk ini. Namun, usaha kamu untuk meningkatkan omset dengan cara ini tidaklah sia-sia.

Di samping itu, kamu juga bisa menerapkan sistem reward and punishment bagi karyawan yang berprestasi dalam pelayanan dan karyawan yang melakukan kesalahan. 

Meningkatkan Kualitas Tempat

Tempat juga dapat mempengaruhi kenyamanan pelanggan, apalagi bila kamu membuat kedai yang memungkinkan pelanggan untuk makan rice box kamu di tempat.

Cara meningkatkan kualitas tempat di antaranya adalah dengan menambahkan fasilitas yang memadai, seperti AC, tempat duduk yang nyaman, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kebersihan tempat.

Di samping itu, kamu juga harus memperhatikan kemudahan akses. Bila tempat kamu saat ini memiliki akses yang sulit untuk dijangkau, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah ke tempat yang lebih terjangkau.

Membuat Hal yang Unik

Masyarakat cenderung tertarik akan suatu hal yang unik. Oleh sebab itu, dalam meningkatkan omset, kamu perlu membuat sesuatu yang unik sehingga pelanggan tertarik untuk mencoba produk milikmu.

Hal-hal unik yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu adalah nama menu dari rice box kamu, komposisi dari rice box itu sendiri, hingga tempat yang berbeda dari yang lainnya. 

Khusus untuk tempat bisnis kamu, mungkin kamu bisa menambahkan spot-spot foto yang menarik karena di masa ini, masyarakat sangat senang mengambil foto di tempat yang bagus dan unik.

Menjaga Pelanggan

Bila kamu telah mempunyai pelanggan yang setia, maka kamu patut bersyukur. Namun, kamu juga perlu menjaga pelanggan kamu agar tetap kembali lagi.

Cara menjaga pelanggan ini kurang lebih memiliki konsep yang sama dengan poin meningkatkan pelayanan. Di samping itu, kamu juga bisa memberi perlakuan khusus terhadap pelanggan kamu. Perlakuan khusus tersebut seperti pemberian diskon dan promo bagi pelanggan setia.

Kamu juga bisa mencoba untuk menghubungi pelanggan kamu bila mereka sudah lama tidak mengunjungi kedai kamu. Cara ini sudah biasa dilakukan oleh brand-brand populer di Indonesia. 

Namun kamu juga harus menjaga kesopanan ketika menghubungi pelanggan kamu, seperti jangan mengirim pesan yang bersifat spam.

Promosikan Bisnis kamu

Langkah strategi melipatgandakan omset ini termasuk langkah yang penting dalam menarik pelanggan dan melipatgandakan omset kamu. Ada dua cara yang bisa kamu tempuh, yakni konvensional maupun digital.

Cara promosi konvensional adalah dengan memasang iklan di media massa. Gunakan kata atau kalimat yang menarik serta bersifat persuasif agar pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu. 

Kamu juga bisa mengiklankan produk kamu di jalan raya dengan baliho atau poster. Namun perhatikan penempatan baliho dan poster tersebut agar tidak mengganggu keindahan dan ketertiban.

Cara promosi digital adalah dengan menggunakan internet. Kamu bisa membuat beragam akun media sosial dan website. Setelah itu, buatlah konten yang menarik dan persuasif, sama seperti ketika kamu membuat iklan secara konvensional. 

Kamu juga bisa mengiklankan media sosial beserta website kamu. Di samping itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk melakukan endorsment.

Melakukan Evaluasi

Evaluasi adalah hal yang penting untuk dilakukan dalam meningkatkan omset kamu. Gunakanlah teknik SWOT untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Dalam melakukan evaluasi, sebaiknya kamu juga melibatkan pihak lain seperti karyawan atau investor bila ada dengan mengadakan diskusi. Kamu juga bisa melibatkan pelanggan kedai kamu dengan menggunakan kuesioner dan lain sebagainya.

Itulah strategi melipatgandakan omset bisnis rice box kamu terbaik. Bagaimana, siapkah kamu menerapkan cara-cara di atas?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Rice Box Terbaik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​