Home » Strategi-bisnis » Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Sabun Organik!

Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Sabun Organik!

Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Sabun Organik!

Cara memulai bisnis sabun organik? Apa sajakah itu? Mungkin pertanyaan tersebut kini tengah melanda pikiranmu, lantaran kamu tiba-tiba saja ingin berkecimpung dalam bisnis ini. Namun tidak perlu ragu, memulai bisnis sabun organik tidaklah hal yang sulit.

Meskipun demikian, kamu sebaiknya tidak sembarangan untuk memulainya. Pengetahuan dan persiapan akan hal-hal dasar tentang pembuatan maupun modal pun harus kamu miliki. Artikel ini akan membahas cara memulainya, maka dari itu, yuk ikuti informasi berikut!

Cara Memulai Bisnis Sabun Organik

Sabun organik merupakan item kebersihan diri maupun kecantikan yang memiliki banyak penggemar, khususnya dari kalangan pecinta lingkungan. Seperti namanya, sabun ini tentu saja terbuat dari bahan organik sehingga keluaran limbah sedikit dan aman untuk kulit.

Untuk memulai bisnis ini, kamu sebaiknya melakukan tahapan persiapan dan bisnis, langkah demi langkah. Belum tahu apa saja langkah-langkah tersebut? Di bawah ini merupakan poin dan penjelasannya:

Mempelajari Cara Memproduksi Sabun Organik

Sabun organik bisa kamu peroleh melalui maklon atau dengan membuatnya sendiri. Nah, jika kamu lebih memilih untuk membuat sabun sendiri, maka berikut adalah ringkasan caranya:

Mempersiapkan Alat Pembuatan Sabun

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat sabun adalah panci atau wadah khusus terbuat dari stainless steel. Jangan gunakan panci aluminium atau timah sebab akan memicu reaksi kimia berbahaya.

Selain itu, kamu pun memerlukan masker, sarung tangan karet, spatula karet, hand whisk atau stick blender stainless steel, timbangan digital, takaran, cetakan sabun, sampai alat pemotong sabun.

Mempersiapkan Material Utama untuk Meracik Sabun

Kamu perlu mempersiapkan material yang dibutuhkan yakni minyak (bisa minyak kelapa atau minyak zaitun), alkali, bahan organik tambahan, dan air secukupnya.

Bahan tersebut nantinya akan dicampur guna menghasilkan sabun. Namun sebelum itu pastikan takarannya pas, yakni minyak kelapa 150 gram, 200 gram minyak zaitun, 72.5 gram NaOH, dan 145 gram air. 

Membuat Sabun Padat

Gunakan pengaman atau safety gears sebelum memulai peracikan, seperti sarung tangan karet dan masker medis. Setelah terpasang dengan benar, kamu dapat menuang air pada timbangan atau wadah.

Menimbang alkali pun dapat kamu lakukan, namun secara terpisah. Setelah itu, masukkan air secara perlahan pada takaran alkali. Air mendidih pertanda eksistensi reaksi kimia. 

Aduklah larutan alkali sampai tercampur sempurna. Biarkan sejenak hingga temperaturnya lebih rendah dari 40°C. Sembari menunggunya dingin, tuang campuran minyak ke wadah berbeda serta panaskan.

Ketika temperatur larutan alkali telah pas, kamu bisa menuangkan campuran minyak padanya secara perlahan. Aduk merata sampai mencapai trace, lalu mencetaknya.

Kamu bisa menutup adonan menggunakan handuk atau kain pada bagian atas cetakan agar proses saponifikasi berlangsung. Biarkan 1 – 2 hari lalu pastikan tempat penyimpanannya bersih dan aman.

Memotong dan Mengemas Sabun Organik

Saat kamu merasa cukup, maka keluarkan sabun padat tersebut dari cetakannya, lalu potong, kemas, dan simpan sisanya pada tempat yang kering. Sebaiknya persiapkan kemasan menarik, ya!

Mengembangkan Formula Terunik

Material yang diperlukan untuk memproduksi sabun organik memang sangatlah sederhana. Maka dari itu, supaya produk sabunmu lebih unggul daripada kompetitor, sebaiknya lakukan pengembangan formula.

Kamu bisa mencoba bereksperimen menggunakan pelembab serta warna dan aroma berbeda. Misalnya saja jika kompetitor belum mengeluarkan sabun matcha, maka gunakan varian aroma tersebut sebagai formulasi unik. 

Memiliki Alat dan Perlengkapan Berkualitas

Pada langkah pertama telah dijelaskan apa saja alat untuk membuat sabun organik. Nah, pastikan kualitasnya bagus. Begitu pula dengan peralatannya seperti microwave, kompor, dan lainnya, pastikan tidak mudah rusak.

Menciptakan Brand

Dalam cara memulai bisnis sabun organik ini – ketika menciptakan sebuah brand, kamu sebaiknya memikirkan siapa saja target konsumennya. Ini penting supaya brand milikmu mudah diingat konsumen dan tentunya berbeda dari pesaing atau kompetitor.

Dalam menciptakan sebuah brand, usahakan untuk unik dan gampang diingat. Kamu bisa menggunakan desain khusus, melakukan emboss di bagian sabun menggunakan brand, membungkus dengan kertas spesial, dan membuat logo. 

Menemukan Supplier atau Pemasok

Kamu dapat menemukan supplier yang tepat lewat terus menggali informasi dan menjalin relasi. Setelah menemukannya, maka kamu bisa menjamin suplai lemak, minyak, parfum, pewarna, dan bahan kemasan dalam jangka panjang.

Konsultasi pada para Profesional

Supaya keuangan dan hukum usaha sabun organik milikmu senantiasa aman dan terkendali, maka kamu bisa menghubungi konsultan pajak, akuntan, hingga pengacara. 

Mendirikan Bisnis Sabun Organik

Setelah kamu melakukan persiapan dengan baik, kamu bisa mendirikan bisnis sabun organik secara legal. Tentu saja dalam pendirian bisnis ini, kamu bisa melakukan hal berikut:

  1. Menyediakan dan mengawasi sirkulasi modal.
  2. Menyediakan dan memastikan stok produk.
  3. Menentukan harga jual produk dan keuntungannya.
  4. Mempromosikan produk menyesuaikan target pasar.
  5. Memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk memperluas pasar.
  6. Menjual produk secara online maupun melalui toko fisik. 

Nah, itu 7 langkah yang harus kamu lakukan dalam tahapan persiapan. Bagaimana? Apakah mudah untuk kamu lakukan? Terkait mudah atau tidaknya langkah-langkah tersebut, lebih baik terus mencoba dan pantang menyerah, ya!

Ayo Mulai Bisnis Sabun Organik Sekarang!

Demikianlah informasi seputar cara memulai bisnis sabun organik. Untuk memeroleh modal, kamu bisa memanfaatkan modal dari tabungan hingga pinjaman seperti peer to peer fintech lending!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sabun organik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Sabun Organik!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​