Home » Strategi-bisnis » 8 Cara Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Sabun Organik

8 Cara Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Sabun Organik

·
3 menit
·
8 Cara Mengembangkan Cabang dalam Bisnis Sabun Organik

Cara mengembangkan cabang menjadi salah satu informasi yang dicari pebisnis. Setiap pebisnis sudah tentu ingin bisnisnya dapat berkembang dengan baik. Saat bisnis bisa berkembang dengan baik, setiap pengusaha akan memikirkan opsi pembukaan cabang baru, termasuk dalam bisnis sabun organik. 

Tentu saja tujuannya agar jumlah konsumen semakin bertambah. Tetapi, meskipun memiliki jenis usaha yang sama, membuka cabang baru tidak semudah seperti kelihatannya. Pembukaan cabang baru dapat dilihat dari beberapa faktor. 

Mulai dari kesuksesan toko pertama yang sudah dibuka, kemudian jumlah konsumen yang banyak serta tingkat kepuasan tinggi. Permintaan konsumen yang berada di wilayah lain, hingga adanya partner bisnis yang tertarik untuk membuka cabang bersama. 

Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Sabun Organik

Tidak semua pebisnis dapat mengelola serta memantau cabang baru mereka dengan baik. Akibatnya, bisnis menjadi semrawut dan omset malah semakin turun. Tentu ini menjadi hal yang tidak kamu inginkan bukan? 

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan cabang, antara lain:

Pastikan Toko Pertama Berjalan Lancar

Sebelum membuka cabang baru, kamu harus memastikan jika toko pertama sudah berjalan dengan lancar. Bagaimana cara melihat kelancarannya? Hindari melihat lancar atau tidaknya toko dari segi penjualan produk. 

Kamu bisa merapikan manajemen yang diterapkan. Contohnya saja seperti pelayanan konsumen, kebersihan toko, pengembangan SDM hingga pengelolaan keuangan toko. 

Bila toko pertama sudah sukses dari segi pengelolaan dan penjualan, kamu bisa memikirkan untuk membuka cabang yang baru. 

Lakukan Seleksi SDM dengan Baik

Agar bisa memantapkan layanan, kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan karyawan. Untuk menyeleksi karyawan, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan standar khusus. 

Jangan lupa memilih SDM yang memang kompeten di bidang serta posisi kerja yang dimilikinya. Selain itu beri masa pelatihan karyawan hingga akhirnya berada di cabang yang ditunjuk. 

Sehingga, setelah cabang baru berjalan, setiap karyawan akan memahami dengan baik seperti apa SOP layanan konsumen, hingga produk sabun organik yang dijual. 

Pilih Orang yang Kamu Percaya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, meskipun bisnis yang kita kelola adalah bisnis tersebut, tetapi menjalankannya tidak semudah seperti kelihatannya. 

Membuka cabang tidak jarang terkendala, oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut, penunjukan kepercayaan bisa dijadikan sebagai pilihan. Tetapi, kamu harus memikirkan dengan baik siapa orang yang menjadi penanggung jawab dalam pembukaan cabang baru ini. 

Tentu saja jabatan dari penanggungjawab ada di atas manajer cabang. Ia yang akan sering melakukan komunikasi denganmu, bila kamu tidak bisa pergi ke cabang yang dibuka. 

Biasanya, pebisnis akan menunjuk orang kepercayaan yang berasal dari keluarga atau orang yang memang dekat seperti kakak, ayah atau ibunya. 

Samakan Kualitas Produk serta Layanan

Sebenarnya, cara mengembangkan cabang yang satu ini sering dilupakan oleh pebisnis. Padalah, ini merupakan tips yang penting. 

Tidak jarang, ditemukan keluhan konsumen mengenai tidak samanya kualitas produk serta layanan yang diperoleh konsumen. Oleh sebab itu, lakukan penetapan SOP yang sama, agar bisa menjaga cabang baru berjalan dengan baik.

Pilih Lokasi yang Bisa Kamu Jangkau

Apakah kamu pertama kali melakukan pembukaan cabang? Jika demikian, pastikan memilih lokasi dengan baik. Lokasi yang baik bukan hanya lokasi yang strategis, tetapi lokasi yang bisa dengan mudah kamu jangkau agar memudahkan pemantauan. 

Sayangnya, tidak sedikit pebisnis yang langsung membuka cabang hingga ke luar kota, bahkan dengan jarak yang jauh dari toko pertama. Padahal, pemilik utama harus memegang pemantauan cabang, walaupun berada di masa awal pembukaan cabang. 

Bila lokasi cabang kedua jauh dari kotamu, tentu kamu akan kesulitan untuk memantaunya. Oleh sebab itu, hindari memilih cabang yang jauh.

Agendakan Rapat Rutin

Rapat rutin dilakukan agar bisa melakukan evaluasi kinerja serta pencapaian toko. Bukan hanya membahas evaluasi, kamu juga harus menyertakan penerapan SOP, omset, dan sesi “curhat” karyawan. 

Kamu dapat membuka diskusi mengenai kendala yang dihadapi ketika bekerja, kemudian cari solusi dari masalah tersebut. Kamu juga dapat menjadikan momen ini sebagai proses menjalin hubungan antara karyawan serta pemilik usaha.  

Siapkan Strategi serta Inovasi

Strategi dan inovasi menjadi hal berikutnya yang harus kamu siapkan. Momen ketika membuka cabang baru tentu saja akan dinantikan konsumen. Kamu bisa menambah riuh semangat dengan cara melakukan strategi serta inovasi baru. Contohnya saja seperti memilih dekorasi yang berbeda. 

Selain itu kamu juga bisa meluncurkan produk baru ketika pembukaan cabang ini. Strategi serta inovasi yang dikeluarkan bisa bersamaan dengan pembukaan cabang. Hal ini dilakukan untuk memberi efek positif bila dilihat dari segi publikasi media. 

Miliki SOP dengan Jelas

Hal yang tidak boleh lupa kamu perhatikan ketika membuka cabang baru adalah menentukan SOP dengan jelas dan rinci. SOP pelayanan pelanggan ini termasuk bila terdapat keluhan yang masuk. 

Agar bisa membangun kepercayaan antara karyawan denganmu sebagai pemilik bisnis, kamu juga harus menerapkan SOP seperti pendataan produk sabun organik, kemudian bahan baku hingga pengelolaan keuangan. 

Cara mengembangkan cabang memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Ada begitu banyak persiapan yang harus dilakukan, agar nantinya cabang bisa berjalan dengan baik.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Artikel Terkait

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Berlangganan

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda menyetujui Ketentuan Penggunaan kami dan mengakui Pernyataan Privasi kami.

Simulasi pendanaan koinworks

Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​